Perbandingan Busi Denso VS NGK, Mana Yang Lebih Baik ?

perbandingan busi Denso VS NGK

lksotomotif.com - Busi memiliki fungsi penting pada mobil berbahan bakar bensin. Seperti kita ketahui bahwa pada mobil bensin, untuk membakar campuran udara dan bahan bakar pada ruang bakar membutuhkan igniter, dimana itu berbeda dengan mobil diesel yang memang memiliki prinsip self ignition.

Dengan demikian maka busi sangat menentukan hasil  pembakaran yang sempurna. Mobil membutuhkan busi yang berkwalitas baik agar mesin bekerja sempurna. Dipasaran ada sangat banyak merek busi, namun dari sekian banyak hanya ada dua merek busi yang terkenal yaitu Denso dan NGK.

Kedua merek busi tersebut terkenal memiliki kwalitas baik dan bisa dipakai disemua jenis kendaraan. Namun mana yang akan memiliki keunggulan dalam perbandingan busi Densi VS NGK ?

Busi Iridum Denso vs NGK

Sebelum membahas lebih detai mengenai perbandingan busi Denso vs NGK, tentunya Anda harus mengetahui jenis dan fitur kedua busi tersebut yang mana yang cocok sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dalam hal ini kita akan coba membandingkan kedua merek busi tersebut dengan jenis yang sama yaitu Iridium. Logam iridum memiliki daya hantar yang sedikit lebih lemah dibanding dengan tembaga. Dibalik kelemahan tersebut, iridium memilki kelebihan yaitu lebih tahan lama dan dapat bekerja dengan baik pada suhu rendah. Soal harga, iridium lebih mahal 4-5 kali dibanding platinum.

Secara kwalitas, busi iridium memang bukan yang terbaik, namun tidak ada yang bisa mengalahkan kekuatan umur pakainya yang lebih lama. Sebagai contoh busi tembaga hanya bisa dipakai maksimal 35.000 Km, sedangkan busi iridium bisa dipakai lebih lama yaitu sekitar 50.000 - 100.000 Km. 

Disisi lain, busi iridium merupakan pilihan terbaik jika dibandingkan dengan busi platinum dalam hal kwalitas kerja dan umur pemakaian. Busi iridium lebih stabil dan tidak menimbulkan celah yang lebih lebar seiring dengan waktu pemakaian. Bukan hanya itu saja, busi iridium tidak membutuhkan perawatan yang ekstra seperti pemeriksaan celah busi yang bisa dilakukan setiap 3 hingga 6 bulan sekali sudah cukup.

Secara singkat, busi iridium bisa dipakai dalam waktu yang lebih lama dan memiliki kinerja lebih baik dibanding busi platinum. Lantas mana busi iridium yang lebih baik, Denso atau NGK ? 

Busi  Denso vs NGK,  Mana yang Lebih Baik?

Memang agak sulit untuk menentukan mana yang lebih baik antara busi Denso VS NGK, ini karena keduanya menawarkan kinerja dan kwalitas yang hampir sama. 

Busi Denso banyak digunakan sebagai part  OEM mobil rakitan Jepang. Kwalitas iridium yang digunakan memiliki  kekerasan yang superiot. Diameter elektroda pada busi Denso lebih kecil dibanding busi NGK. Dalam hal perbandingan ini, Denso tidak dapat digunakan lebih lama dibanding dengan busi NGK.  Namun dalam hal menghasilkan percikan api, busi Denso lebih kuat.

Disisi lain, busi NGK iridium adalah pengganti busi platinum mereka. Hasilnya, mereka tidak membutuhkan perawatan yang ekstra dan memberikan kinerja yang lebih stabil dan konsisten dibanding busi Denso.

Kesimpulan

Seiring dengan berjalannya waktu, busi telah mendapat sentuhan pengembangan yang menitik beratkan pada kinerja yang lebih berat. Busi Denso dan NGK bekerja dengan baik pada semua merek kendaraan, mulai dari mobil - mobil kecil hingga mobil - mobil besar.

Dalam hal pemilihan busi Denso  atau NGK, ada dua pertimbangan utama yaitu tenaga dan endurance. Jika Anda adalah pengemudi yang selalu peduli dengan semburan tenaga mesin maka pilihlah busi Denso.

Sebaliknya jika Anda menginginkan tenaga yang stabil dan tahan lama dengan biaya yang lebih rendah, maka memilih busi NGK adalah lebih baik.

0 Response to "Perbandingan Busi Denso VS NGK, Mana Yang Lebih Baik ? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 1 ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 2 ( hapus sementara )

Iklan Bawah Artikel ( hapus sementara )