Ini Dia Penemu Mobil Listrik Pertama Dan Sejarah Perkembangannya

lksotomtif.com - Berbicara mobil listrik saat ini seakan menjadi sesuatu yang biasa, ini karena memang perkembangan mobil listrik di era saat ini adalah era keemasan mobil listrik. Produsen - produsen otomotif dunia berlomba - lomba dan berinovasi menciptakan mobil listrik dengan beragam kelebihannya. 

Namun jika kita menilik kebelakang, bahwa perkembangan mobil listrik mengalami pasang surut karena memang pada awal perkembangannya, mobil jelas memiliki kelemahan dibanding dengan mobil - mobil konvensioanl berbahan bakar bensin dan solar.

Seiring dengan perkembangan dunia sains dan tenologi, mobil listrik banyak mendapat sentuhan dan perbaikan pada segala bidang. Jadi wajar jika saat ini mobil listrik sudah siap didepan mata pelan - pelan menggantikan mobil - mobil yang masih menggunakan mesin konvensional. 

Ini semua tidak terlepas dari penemu dan sejarah perkembangan mobil listrik dari masa kemasa yang dilakukan oleh para insinyur - insinyur otomotif dunia. 

Penemu Mobil Listrik Dan Sejarah Perkembangannya

Karl Benz adalah pembuat mobil modern pertama pada tahun 1885. Namun sebenarnya, jauh sebelum tahun tersebut konsep mengenai mobil - mobil listrik juga sudah dimulai. 

Pada tahun 1700 an saja sudah banyak ilmuan dari Eropa dan Amerika yang sudah mulai merancang konsep kendaraan listrik yang mengandalkan sumber tenaga baterai. Merke mulai menciptakan mobil - mobil listrik dengan skala yang kecil. 


Robert Anderson

penemu mobil listrik pertama


Robert Anderson adalah pria berkebangsaan Skotlandia yang mengembangkan mobil listrik bertenaga baterai pada tahun 1832 dan 1839.  Namun sayangnya pada saat itu, baterai yang ia gunakan tidak dapat diisi ulang. Karena memang saat itu baterai asam sulfat belum ditemukan. Faktor inilah yang membuat mobil listrik temuannya tidak berdampak banyak terhadap perkembangan sejarah mobil. 

Meskipun begitu, pada buku - buku sejarah otomotif mengatakan bahwa Robert Anderson adalah penemu mobil listrik pertama. 


Robert Davidson

penemu kendaraan listrik


Orang Skotlandia lainnya yang mengembangkan awal - awal kendaraan listrik yaitu  Robert Davidson dari Aberdeen. Ia membuat   sebuah prototipe lokomotif listrik pada tahun 1837. Selama empat tahun kemudian pada tahun 1841, ia membuat mesin listrik penggerak lokomotif dengan versi yang lebih besar dengan tenaga yang lebih baik. 

Dengan mesin listrik versi terbaru, lokomotif dapat menempuh jarak 24 Km dengan kecepatan 6,5 Km / jam yang dapat menarik beban enam ton. Performa yang mengesankan ini menimbulkan ternyata  masalah baru bagi dia. 

Para pekerja kereta api pada saat itu melihatnya sebagai ancaman terhadap kelangsuangan pekerjaan mereka sebagai perawat mesin uap. Sehingga mereka para pekerja ini dengan sengaja menghancurkan mesin buatan Davidson tersebut yang dia berinama Galvani. 

 William Morrison

mobil listrik pertama


Akhir abad ke 18 di Amerika, mobil listrik buatan William Morrison yang dikenal sebagai ahli kimia sukses memulai debutnya pada tahun 1890. Mobil listrik  buatannya mampu menampung hingga enam orang penumpang dan melaju dengan kecepatan 22 km/jam.

Beberapa tahun berikutnya, model kendaraan yang menggunakan listrik sudah mulai bermunculan di kota New York. Bahkan saat itu jumlahnya mencapai hingga 60 taksi listrik. Memasuki abad ke 19, Mobil listrik berada pada masa jayanya. Selama 10 tahun ke depan mulai penunjukan peningkatan penjualan yang bagus.

Pada abad 19, kuda masih  menjadi transportasi utama. Namun seiring dengan tumbuhnya perekonomian Amerika, orang-orang sudah mulai beralih menggunakan kendaraan misalnya motor ataupun mobil yang baru ditemukan Henry Ford. Kendaraan baru ini menggunakan tenaga uap,  bensin maupun listrik sebagai bahan bakarnya.

Ferdinand Porsche



Pada tahun 1898, Ferdinand Porsche menciptakan mobil listrik dengan nama P1. Di waktu yang bersamaan juga, ia menciptakan mobil hybrid pertama di dunia yang yang dapat digerakkan dengan menggunakan listrik dan bensin.

Mobil prototipe pertamanya menggunakan penggerak dua roda, kendaraan listrik bertenaga baterai dengan dua motor yang dipasang di hub roda depan. Versi selanjutnya adalah hibrida seri menggunakan motor listrik yang dipasang di hub di setiap roda, ditenagai oleh baterai dan generator mesin bensin.

Ayah Ferdinand Porsche adalah seorang ahli perbaikan bodi kendaraan.Sejak usia muda, Ferdinand menunjukkan minat yang besar pada teknologi, dan sangat tertarik dengan listrik. Dia menghadiri kelas di Imperial Polytechnical College di Reichenberg di malam hari, sambil tetap membantu ayahnya di bengkel mekaniknya di siang hari.


Salah satu penemu terkenal saat itu yakni Thomas Alva Edison yang percaya bahwa mobil listrik kelak menjadi sebuah kendaraan di masa depan mulai menciptakan baterai yang dapat bertahan lama dan dipakai di mobil komersial.


Thomas  Alva Edison dan Henry Ford

mobil listrik thomas alva edison


Thomas Alva Edison yang percaya bahwa mobil listrik kelak menjadi sebuah kendaraan di masa depan.  Atas dasar inilah, ia menjalin kerjsama dengan Henry Ford untuk mengembangkan mobil listrik dengan harga murah pada tahun 1914.

Diwaktu yang bersamaan,  mobil model T buatan Henry T membuat mobil listrik saat itu  kurang dilirik. Mobil Model T yang berbahan bakar bensin tersebut banyak diproduksi dan memiliki harga yang terjangkau dibanding mobil listrik. 

Pada tahun 1912, harga mobil berbahan bakar bensin sebesar 650 dollar sementara mobil listrik di jual sekitar 1.750 dollar.  Ini membuat pesatnya peningkatan mobil yang berbahan bensin yang didukung oleh  pembangunan jalan raya yang menghubungkan berbagai negara bagian di Amerika dan ditemukannya minyak mentah di Texas membuat Kendaraan Listrik akhirnya berhenti dikembangkan pada tahun 1935.

Mobil listrkik mulai dilirik lagi ketika tahun 1973. Seiring dengan produsen mobil yang mulai mengembangkan kendaraan berbahan bakar alternatif seperti mobil listrik. 

American Motor Company kemudian memproduksi mobil jip listrik yang digunakan oleh kantor pos Amerika serikat pada tahun 1975. NASA sendiri mengembangkan kendaraan listrik yang mereka gunakan untuk melaju di bulan pada tahun 1971.

Beberapa tahun kemudian tepatnya pada tahun 1988, General Motors yang dipimpin oleh Roger Smith mulai membangun mobil listrik bekerja sama dengan AeroVironment California. Hasilnya mobil listrik bernama EV1 namun produksinya baru dimulai tahun 1996 hingga 1999.

Toyota Prius 

toyota prius mobil listrik


Di tahun 1997, Produsen mobil asal Jepang yaitu Toyota memperkenalkan Toyota Prius yang disebut sebagai mobil hybrid yang diproduksi secara massal dan berhasil terjual hingga 18.000 unit kendaraan. Di tahun itu juga banyak produsen mobil besar mengeluarkan mobil listrik namun tidak dilepas ke pasar.

Era Saat Ini

Pada abad ke 21, perkembangan mobil listrik sangat luar biasa banyak. Selain banyaknya bermunculan pabrik - pabrik mobil listrik yang baru, para produsen otomotif terbesar juga ikut meramaikan segmen mobil listrik.

Mobil listrik Tesla dinobatkan sebagai mobil listrik terbaik saat ini yang berasal dari Amerika serikat. Secara usia perusahaan, Tesla jauh lebih muda dibanding perusahaan otomotif dunia lainnya. Selain itu gempuran mobil - mobil listrik asal Tiongkok juga sangat masive yang masuk ke banyak belahan dunia. 

Bahkan China dinobatkan sebagai negara dengan pabrik mobil listrik terbanyak didunia dengan khwalitas yang baik.

0 Response to "Ini Dia Penemu Mobil Listrik Pertama Dan Sejarah Perkembangannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel