Kelebihan Pedal Organ Dibanding Pedal Gantung Pada Mobil

lksotomotif.com - Pedal adalah komponen yang secara terus menerus bersentuhan dengan pengemudi ketika berkendara. Pedal pada mobil biasanya ada tiga yaitu pedal gas, rem dan kopling. Namun pada mobil bertransmisi automatic hanya memiliki dua pedal yaitu pedal gas dan pedal rem.

Diantara semua pedal yang ada pada mobil, maka pedal gas ( akselerasi ) yang lebih sering diinjak dan dilepas dibanding pedal yang lain. Karena bekerjanya dengan cara diinjak, maka terkadang kaki pengemudi mudah kelelahan karena konstruksi pedal gas yang tidak ergonomi.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, pabrikan - pabrikan otomotif telah lama mengembangkan konstruksi pedal model lama yaitu pedal model gantung ( suspend type accelerator pedal ) ke pedal jenis organ ( organ type accelerator pedal ).

Bagi yang belum mengetahui perbedaan kedua konstruksi jenis pedal tersebut, berikut kami lampirkan gambar dibawah.

kelebihan pedal gas model organ di mobil

Pengendara pemula pasti akan bertanya, apa kelebihan pedal gas ( akselerasi ) model organ dibanding pedal gas model gantung ? para petrolhead sepakat bahwa pedal model akselerasi sangat nyaman sehingga mudah dioperasikan dan tidak menyebabkan kaki menjadi cepat lelah.

Mengapa Pedal Akselerasi Model Organ Lebih Baik ?

cara kerja pedal gas model organ

Pedal gas model organ didesain dengan mencocokkan karakteristik unit pengoperasian pedal dengan karakteristik gerakan kaki manusia. Dengan demikian, pedal gas model organ lebih mudah diperasikan karena sesuai dengan postur gerakan kaki manusia.

Prinsip kerja pedal gas model organ adalah dengan menempelkan tumit kaki ke lantai. Kemudian gerakan pergelangan kaki tinggal menggerakkan pedal dari atas kebawah dengan posisi tumit kaki sebagai titik tumpuh.

Pedal gas model organ ini dapat dioperasikan dengan lebih halus, dan secara natural lebih cocok dengan gerakan pergelangan kaki dan pedal.

otot yang menggerakkan pedal gas organ

Pedal akselerator model organ ternyata memiliki efek terhadap kaki manusia, apalagi jika  pengemudian jarak jauh. Pada teorinya,  ada dua otot utama di bawah lutut. Otot tulang kering depan ( muscles of the shim ) digunakan untuk menarik kaki dan otot punggung kaki betis ( muscle of the calf ) digunakan untuk mendorong kaki. 

Pedal model organ pada dasarnya bergerak ke arah dorongan. Jadi, jika Anda meletakkan tumit di lantai dan mendukung gaya reaksi pedal dengan berat kaki Anda, Anda dapat mengoperasikan pedal hanya dengan otot tulang kering dengan rileks. Posisi duduk yang rileks dipadu dengan ergonomik yang baik akan menghasilkan kualitas berkendara yang baik, sehingga pengemudi tidak mudah kelelahan.

Selain pedal gas yang menggunakan model organ, pedal kopling juga sudah menggunakan model organ. Saat ini jenis pedal model organ banyak digunakan mobil - mobil Eropa.

0 Response to "Kelebihan Pedal Organ Dibanding Pedal Gantung Pada Mobil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel