Begini Cara Benar Mengatur Kaca Spion Mobil Sesuai Anjuran Pabrikan

lksotomotif.com - Kaca spion memang sering dikesampingkan fungsinya oleh para pengendara mobil. Ini biasanya hanya mereka yang baru pemula dan kurang mengerti keselamatan berkendara yang baik. Pabrikan melengkapi mobil buatannya dengan kaca spion bukan tanpa alasan.

Kaca spion pada mobil berfungsi membantu pengemudi untuk mengetahui kondisi disekitar mobil saat kendaraan melaju. Pada mobil dilengkapi dengan dua kaca spion yaitu kaca spion luar dan kaca spion dalam yang terdapat pada ruang kabin.

Dalam pemakaiannya, kaca spion bisa distel sesuai dengan keinginan para pengemudi. Dan ingat, setiap pengemudi memiliki titik pandang yang berbeda - beda, ini dipengaruhi oleh tinggi pengemedi. Sehingga pada praktenya, jika Anda ingin memulai perjalanan maka pastikan pengaturan kaca spion sudah sesuai dengan titik pandang maksimal yang bisa Anda lihat.

Untuk mengatur kaca spion luar, Anda sebelumnya harus mengetahui jenis pengaturan pada kaca spion tersebut. Pengoperasian kaca spion terbagi menjadi dua jenis yaitu pengaturan manual dan pengaturan elektrik.

Kaca spion pengaturan manual adalah kaca spion yang proses penyetelannya mengandalkan penekanan kaca tersebut menggunakan tangan. Kaca spion jenis ini digunakan pada mobil - mobil tipe rendah atau mobil pengangkut barang.

Sedangkan mobil - mobil bertype  tinggi, mereka sudah dilengkapi dengan pengaturan kaca spion elektrik. Ini sangat mudah pengoperasiianya karena sudah dilengkapi dengan tomobol pengaturan yang ada pada dasbord pengemudi.

Sedangkan khusus untuk pengaturan kaca spion bagian dalam, hingga saat ini mobil - mobil masih mengandalkan jenis pengaturan manual menggunakan tangan.

Yang perlu diperhatikan sebelum menyetel kaca spion pada mobil yaitu sebelum melakukan perjalanan, pastikan spion luar pada posisi terbuka. Selain itu jangan pernah melakukan pengaturan kaca spion saat mobil sedang melaju, ini sangat membahayakan.

Cara Mengatur Kaca Spion Mobil

1. Kaca Spion Luar

a. Kaca Spion Jenis Manual ( konvensional )

cara mengatur kaca spion luar mobil
Atur kaca spion menggunakan tangan sehingga Anda dapat melihat bagian samping kendaraan dan jalan disamping kendaraan dari dalam. 


b. Kaca Spion Elektrik ( Remote Kontrol )



Remote kontrol switch kaca spion bekerja dengan switch pengapian pada posisi "ACC" atau "ON".

1. Pilih switch master ke kiri atau kanan sesuai keinginan Anda.

2. Tekan switch kontrol sehingga Anda dapat melihat bagian samping kendaraan dan jalan disamping kendaraan dari dalam.

3. Kembalikan posisi switch master ke posisi netral (off) jika tidak digunakan.


2. Kaca Spion Dalam 

mengatur kaca spion dalam mobil

Posisikan kaca spion dalam menggunakan tangan sampai Anda dapat melihat apa yang ada di belakang kendaraan dengan jelas. 

Melipat Kaca Spion

Saat mobil berhenti dalam waktu lama, maka akan lebih aman apabila kaca spion dalam posisi dilipat. Ini bertujuan untuk mencegah terjadi kerusakan akibat benturan / tabrakan dengan kendaraan lain.

cara melipat kaca spion

Untuk melipat kaca spion luar, tekan kaca spion tersebut menggunakan tangan ke arah belakang. Tekan perlahan tanpa ragu hingga benar-benar terlipat. Sebaliknya, untuk membukanya kembali, Anda harus menariknya dengan tangan. 

Namun ini berbeda perlakukan jika kaca spion tersebut sudah dilengkapi dengan sistem lipatan elektronik. Saat mobil posisi terkunci dan ditinggal,maka secara otomatis kaca spion akan tertutup dan kembali terbuka ketika remote kontrol membuka pintu mobil. 

0 Response to "Begini Cara Benar Mengatur Kaca Spion Mobil Sesuai Anjuran Pabrikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel