4 Jenis Sasis ( Chasis ) Mobil Yang Perlu Anda ketahui

lksotomotif.com - Pabrikan akan merancang rangka ( sasis ) dengan jenis mobil yang dibuat. Ada beberapa jenis rangka  yang mungkin tidak Anda sadari. Tahukah Anda bahawa ada perbedaan mendasar mengenai sasis mobil SUV dengan Convertible.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang jenis sasis secara mendetail, kami akan menjelaskan secara garis besarnya kepada Anda. 

Apa Itu Sasis Mobil?

Sasis ( chasis )  mobil adalah rangka pada kendaraan. Sasis dirancang sebagai tempat dudukan dan tempat menempelnya mesin, motor listrik, transmisi, suspensi, dan sebagian besar komponen struktural. Kerangka baja adalah material utama yang digunakan, yang itu juga sebagai tempat bodi mobil dipasang . Bodi  kendaraan akan dirakit  pada sasis setelah dirakit.

Para insinyur otomotif menggunakan sasis sebagai platform utama, yang mana setiap sasis yang dibangun bisa digunakan untuk merek  mobil yang berbeda dengan masih satu tipe.

Fungsi Chassis Mobil

Sasis merupakan salah satu bagian terpenting deri sebuah mobil. Dengan fungsinya yang penting, sasis akan menopang komponen - komponen yang pada mobil. Sasis biasanya terbuat dari material logam yang kuat atau bahan komposit. Metode penyambungannya ada yang dilas dan ada yang menggunakan metode lain. 

Sasis juga berfungsi sebagai dudukan sistem rem dan sistem kemudi. Selain itu, mesin dan transmisi juga menempel pada sasis. Semua berat mobil tertumpu pada empat roda yang terpada pada bagian bawah sasis.

Secara mekanikal, sasis berperan penuh menahan beban mobil, penumpang dan semua barang yang diangkut. Selain itu, sasis hatus tahan terhadap segala tekanan ketika mobil melewati jalan berlubang, berakselerasi, deselerasi dan ketika mobil mengalami tabrakan.

Jenis Chassis Mobil Secara Detail

Semua kendaraan seperti mobil, truk dan traktor membutuhkan berbagai jenis sasis. Berikut ini beberapa jenis sasis yang biasanya digunakan pada kendaraan di sekitar Anda.

1. Body-on-frame Chassis

sasis on body frame


Sasis body-on-frame adalah jenis sasis mobil yang memiliki bodi dan rangka terpisah. Bodi yang sudah terbentuk akan  dipasang di atas rangka atau sasis yang lebih kuat dan kokoh. Rangka inilah yang berfungsi sebagai penopang utama untuk mesin, roda, sistem kemudi, suspensi, rem, dan komponen mekanis lainnya. 

Setelah bodi terpasang pada sasis, maka ini akan  menjadi satu kesatuan, memberikan kekuatan lebih pada mobil. Bagian yang terpisah  akan dilas untuk membuat satu struktur yang kaku. Desain ini kurang cocok untuk penghematan bahan bakar karena bobot kendaraan pasti akan lebih berat, namun ini  memberikan lebih banyak kuat  dan stabil. Inilah sebabnya mengapa sasis jenis body on frame banya digunakan,  terutama pada kendaraan berat atau  kendaraan untuk segala medan seperti SUV atau truk pick-up.

Sasis body-on-frame memiliki berbagai jenis, including ladder, platform, x-frame, perimeter, dan backbone tube frames.  Semua kerangka ini mengikuti prinsip utama sasis body-on-frame tetapi sedikit berbeda dalam desain.


2. Unibodi Chasis

sasis on body

Unibody sering juga disebut sebagai sasis monoque, yang mana sasis ini adalah yang paling populer dari semua jenis sasis mobil dan kebanyakan mobil saat ini menggunakan sasis jenis ini. Sasis kendaraan ini bisa didesain lebih rendah dibanding chasis jenis on frame chasis. Unbodi chasis adalah gabungan antara rangka dan bodi.  Sasis mobil unibody adalah ketika kedua fitur ini digabungkan menjadi satu bagian, sehingga menghilangkan kebutuhan akan rangka yang terpisah.

Jenis sasis unibodi terdiri dari rakitan lembaran baja yang dilas bersama untuk membentuk unit bantalan beban tunggal. kerangka jenis ini telah meningkat popularitasnya beberapa dekade terakhir, ini karena fungsinya yang dapat meningkatkan perlindungan saat terjadi kecelakaan. Selain itu, desain rangka ini memungkinkan bobot mobil yang lebih ringan.

3. Space Frame Chassis

space frame chasis


Sasis space frame  adalah jenis arsitektur mobil yang menggunakan struktur kisi baja terbuka yang terbuat dari rangka tabung kerangka 3D. Direkayasa untuk daya tahan ekstrem, sasis space frame adalah solusi yang lebih hemat biaya bagi mereka yang ingin menghindari biaya pembuatan monocoque. Sasisnya ringan dan kaku, dengan struktur yang terdiri dari tabung baja panjang yang disatukan oleh lebih banyak tabung baja atau pelat datar.

Sasis space frame pertama kali digunakan pada mobil sport balap Jaguar C-Type pada tahun 1951 dan telah digunakan pada mobil seperti Audi A8, Ferrari 360, Pontiac Fiero, dan lainnya.

4. Partial Frame Chassis

Dibanding dengan ketiga sasis diatas, jenis sasis partial frame kurang dikenal dan jarang digunakan. Sebenarnya, sasis partial frame fungsinya utamanya adalah untuk memperkuat bagian tertentu pada dari struktur mobil yang menggunakan sasis unibodi.

Ia juga bekerja dalam menyebarkan gaya dari mesin, drive-train, dan komponen  bergerak lainnya secara merata di seluruh rangka. Sasis ini pernah menjadi bagian dari model mobil penumpang, termasuk kendaraan GM berbasis platform F dan X, Chevrolet Astro, AMC Pacer, dan banyak lagi.

0 Response to "4 Jenis Sasis ( Chasis ) Mobil Yang Perlu Anda ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 1 ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 2 ( hapus sementara )

Iklan Bawah Artikel ( hapus sementara )