Nama - Nama Komponen Di Ruang Mesin Toyota Avanza ( Kode Mesin EJ-VE Dan K3-VE )

lksotomotif.com - Ruang mesin adalah tempat diletakkannya mesin pada setiap kendaraan dan ini menjadi bagian pada kendaraan yang vital. Mengingat hapir semua komponen penting terletak pada ruang ini. Utamanya yaitu komponen - komponen yang berkaitan dengan managemen mesin.

Orang yang awam tentang mesin pasti bingung mengenali setiap komponen yang ada pada ruang mesin. Karena memang dimensi ruang yang kecil serta banyaknya komponen - komponen yang menempel pada setiap sisi bagian.

Termasuk salah satunya yaitu mobil Toyota Avaza yang memiliki ruang mesin pada bagian depan ( bonet ). Menjadi salah satu mobil terlaris di Indonesia, Avanza sangat mudah ditemukan dipelosok - pelosok daerah. 

Sebagai pemilik mobil Avanza, akan lebih baik jika Anda mengenali komponen - komponen yang ada para ruang mesin kendaraan Anda. Ini sangat berguna ketika mobil Anda mengalami masalah pada salah satu komponen atau bagaimana cara memerika kondisi ruang mesin yang baik.

Dengan demikian, ini sangat bermanfaat bagi Anda dalam merawat kendaraan yang Anda miliki agar dapat digunakan dalam waktu yang lama. 

Berikut nama - nama komponen di ruang mesin  Toyota Avanza dengan kode mesin EJ-VE dan K3-VE.

A. Avanza Kode Mesin EJ-VE

Avanza kode mesin EJ-VE

B. Avanza Kode Mesin K3-VE

avanza kode mesin K3-VE


C. Fungsi Komponen - Komponen Pada Ruang Mesin Toyota Avanza

1. Fusible Link berfungsi sebagai fuse atau sekering utama. Tegangan positif dari baterai sebelum dialirkan keseluruh komponen kelistrikan harus melalui fusible link.

2. Booster Rem berfungsi melipatgandakan gaya tekan saat rem diinjak oleh pengemudi. Tekanan bantuan ini diperoleh dari tekanan vakum yang ada pada intake manifold yang disambungkan dengan slang karet ke booster.

3. Tangki Cadangan Minyak Rem berfungsi sebagai wadah tempat pengisian minyak rem. Pada tangki ini terdapat garis level yang bisa digunakan untuk mengetahui kondisi terbaik minyak rem apakah harus ditambah atau malah mengalami kelebihan.

4. Tutup Pengisian Oli Mesin berfungsi sebagai penutup lubang untuk memasukkan oli baru ke mesin. Tutup oli mesin terbuat dari material plastik dan proses membukanya pun mudah, cukup putar dengan tangan.

5. Busi ( sparkplug ) berfungsi mengubah tegangan tinggi menjadi percikan bunga api. Pada Avanza, setiap satu busi dilengkapi dengan satu coil.

6. Dipstik oli transmisi berfungsi sebagai tongkat untuk mengetahui level oli pada transmisi. Secara bentuk mirip dengan dipstik oli mesin.

7. Tangki Air Pencuci Kaca berfungsi sebagai wadah penampung air yang digunakan sebagai pembersih kaca. Pada tangki ini terdapat motor kecil yang berfungsi untuk menyemprotkan air ke kaca. Umumnya air pada tangki ini dicampur dengan cairan khusus untuk menghilangkan noda membandel pada kaca.

8. Tangki Cadangan Pendingin Mesin berfungsi sebagai wadah air pendingin yang langsung terhubung ke radiator. Tangki ini penting agar  diperhatikan oleh pemilik mobil untuk mengetahui kuantitas air pendingin. Seperti kita ketahui bahwa sistem pendingin berfungsi sangat vital dan jika ini bermasalah maka akan mengakibatkan mesin mengalami masalah yang serius.

9. Saringan Oli Mesin berfungsi menyaring oli pada sirkulasi sitem pelumasan. Saringan oli  melakukan penggantian saat oli mesin diganti. 

10. Radiator berfungsi mendinginkan air pendingin yang berasal dari ruang silinder ( water jacket ). Metode yang digunakan oleh radiator untuk membantu mendinginkan air pendingin yaitu dengan cara mensirkulasikan air tersebut pada jaringan pipa yang sudah dilengkapi dengan kisi - kisi serta dibantu dengan hembusan udara dari arah depan kendaraan.

11. Tutup Radiator berfungsi menutup lubang pengisian air radiator. Lebih dari itu, tutup radiator berfungsi mengatur sirkulasi air dari dan ke tangki cadangan air pendingin berdasarkan suhu tertentu.

12. Dipstick oli mesin berfungsi sebagai tongkat untuk mengecek level oli mesin. Ini juga penting diperhatikan oleh pemilik mobil agar rutin melakukan pengecekan kondisi oli mesin sebelum melakukan perjalanan jauh.

13. Baterai berfungsi sebagai sumber tegangan listrik dan menyimpan listrik pada sistem pengisian.

0 Response to "Nama - Nama Komponen Di Ruang Mesin Toyota Avanza ( Kode Mesin EJ-VE Dan K3-VE )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel