7 Alat Ukur Yang Digunakan Untuk Mengetahui Karakteristik Mobil

lksotomotif.com - Untuk mengetahui lebih dalam karakteristik pada mobil, maka dibutuhkan pengetesan. Pengetesan yang dilakukan bukan hanya sekedar mengandalkan insting ( perasaan ), melainkan dengan menggunakan alat ukur bantu.

Dengan menggunakan alat ukur bantu, maka kita dapat mengetahui data lebih detail mengenai karakteristik pada mobil yang akan dites. Dengan menggunakan alat ukur, kita bisa mendapatkan data yang terukur dan valid.

Saat ini sudah banyak alat ukur untuk mengetes beberapa karakteristik mobil yang dijual terpisah. Para reviewer mobil biasanya mengandalkan alat bantu ini untuk mendapatkan data yang benar dan nantinya disajikan kepada kita.

Mungkin bukan saja reviewer, tetapi para pabrikan juga pasti mengandalkan alat ukur untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan produk kompetitor. 

Alat ukur yang digunakan untuk mengetahui karakteristik memiliki harga yang variatif, mulai dari yang murah hingga yang mahal. Untuk Anda yang tertarik bisa membeli alat yang terjangkau dan dapat mengukur salah satu karakteristik pada kendaraan Anda.

Apa sajakah alat ukur tersebut ? berikut ulasan kami.

7  Alat Ukur Yang Digunakan Untuk Mengetahui Karakteristik  Mobil

1. Racelogic

fungsi racelogic

Alat ukur pertama yang digunakan untuk mengetahui karakteristik kendaraan yaitu Racelogic. Racelogic adalah alat ukur yang berfungsi untuk mengetahui kecepatan akselerasi pada kendaraan. Alat ini bisa digunakan untuk mengukur akselerasi  mobil dan motor.

Selain mengukur akselerasi awal, racelogic juga bisa mengukur kecepatan tengah, misalkan dari kecepatan 100 km/jam ke 150 km/jam. Selain itu alat ini juga dapat mengukur kecepatan deselerasi pada kendaraan.

Racelogic masih jarang di jual di Indonesia, jika Anda tertartik Anda bisa membelinya di beberap Commerce luar Negeri. Harga Racelogic dibandrol mulai dari 7 juta hingga 8 jutaan. Agak mahal memang, namun Anda akan puas dengan pengukuran yang berkaitan dengan kecepatan pada kendaraan Anda.

2. Average Fuel Meter / Ecometer Fuel Consumption Gauge

fungsi alat average fuel meter


Average fuel meter atau ecometer fuel consumption gauge adalah alat yang digunakan untuk mengukur pemakaian bahan bakar rata-rata. Dengan menggandalkan alat ukur ini, Anda bisa mengukur seberapa irit kendaraan Anda atau seberapa hebat teknik mengemudi yang bisa Anda lakukan untuk mencapai keiritan penggunaan bahan bakar. 

Pada beberapa jenis mobil, telah dilengkapi dengan fitur Average fuel meter yang sudah terinclude pada MID ( multi information display ).

Seperti yang disebutkan bahwa fitu ini hanya ada di beberapa jenis mobil, sehingga untuk mengukur pemakaian bahan bakar rata-rata pada mobil yang belum dilengkapi dengan fitur ini maka bisa membeli secara terpisah. 

Average fuel meter juga masih jarang dijual di Indonesia, soal harga dijual pada kisaran 1,5 jutaan. Pemasangan alat ini pun tergolong sangat mudah, cukup sambungkan alat ini OBD ( on board diagnosis ) pada kendaraan. 

Oh ya, average fuel meter berbeda dengan level fuel meter ya. Average fuel meter digunakan untuk mengukur pemakaian bahan bakar dalam satuan jarak, sedangkan level fuel meter adalah untuk mengukur jumlah bahan bakar yang masih tersisa di tangki. 

3.  Sound Noise Level meter

fungsi noise sound level


Sound noise level meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur suara. Alat ini umum digunakan untuk berbagai keperluan dan salah satunya bisa digunakan untuk mengukur kekedapan suara pada kabin mobil. 

Kebocoran suara pada kabin mobil sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara. Dan untuk mengukurnya Anda bisa mengandalkan alat ini. Sound noise level meter banyak dijual dengan harga yang murah pada kisaran 200 ribuan. 

4. GPS ( Global Positioning  System ) 

fungsi GPS mobil


Kami yakin Anda sudah mengetahui fungsi  alat ini. GPS ( global positioning system )memang sudah sangat umum bagi masyarakat karena memang hampir sehari - hari selalu berkaitan dengan alat ini. GPS sudah lama tertanam pada smartphone dan saat ini banyak digunakan sebagai guide untuk mengetahui arah jalan.

Nah pada mobil,  GPS juga penting untuk mengetahui data  jarak tempuh yang sudah dicapai dalam berkendara. Kan sudah ada odometer, mengapa harus menggunakan GPS ? GPS berfungsi sebagai backup atau referensi data dari odometer. Seperti kita ketahui bahwa GPS bekerja mengandalkan satelit dan data ini bisa disandingkan degan data pada odometer.

5. Tyre Pressure Gauge

fungsi tyre pressure gauge untuk mobil


Tyre pressure gauge adalah alat untuk mengukur tekanan ban. Sebelum dilakukan pengukuran karakteristik tes jalan pada mobil maka pastikan tekanan ban kendaraan ada pada tekanan yang dianjurkan oleh parbikan.

Tyre pressure gauge bisa digunakan untuk mengukur tekanan ban mobil dan tekanan ban motor. Dijual dalam bentuk dua  jenis yaitu jenis analog dan digital. Harga tyre pressure gauge juga sangat murah dan Anda bisa membelinya untuk memerika tekanan ban kendaraan Anda. 

6. Dynotest

fungsi dynotest untuk mobil


Dynotest digunakan untuk mengukur tenaga pada kendaraan ( mobil dan motor ). Dengan menggunakan alat ini, kita dapat mengetahui tenaga puncak yang dihasilkan oleh kendaraan di RPM ( round per meter ) tertentu. 

Tenaga yang diukur mencakup momen ( Nm ) terbesar dan tenaga kuda ( HP ) pada kendaraan yang nantinya ini bisa digunakan sebagai data pembanding antara kendaraan yang satu dengan yang lainnya.

Alat ini dijual dengan harga yang mahal dan tidak mudah untuk digunakan bagi setiap orang. Namun jika Anda kerkeinginan untuk mengetahui puncak tenaga pada mobil Anda, bisa dibawa ke bengkel yang mempunyai alat ini.

7. Aerodinamic Tunel

Aerodinamic tunel adalah alat yang digunakan untuk mengukur coefisien drag ( hambatan angin ) pada setiap benda, termasuk salah satunya adalah mobil. Mobil yang memiliki hambatan angin sangat kecil adalah sangat baik. Ini karena akan berdampak terhadap laju kendaraan dan efisiensi pemakaian bahan bakar.

Untuk mengatur besar kecilnya aerodinamic pada mobil maka para desainer harus benar - benar membuat bentuk bodi mobil yang baik. Saat ini mobil yang memiliki coefisien drag paling kecil didunia dimiliki oleh Tesla ( perusahaan mobil listrik ). 


0 Response to "7 Alat Ukur Yang Digunakan Untuk Mengetahui Karakteristik Mobil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel