10 Tanda Kaki - Kaki Mobil Anda Mengalami Masalah

tanda kaki - kaki mobil Anda bermasalah


lksotomotif.com - Mobil adalah kendaraan yang berjalan mengandalkan tumpuan roda ( ban ). Sedangkan roda adalah komponen yang bertumpu pada bagian frame ( rangka ). Untuk menopang kinerja ban, banyak komponen yang bekerja. Komponen - komponen tersebut seperti ball join, pegas, arm dan lain - lain. Namun masyarakat umum lebih mengenalnya dengan istilah kaki - kaki mobil. 

Dikutip dari web auto2000, bahwa kaki-kaki mobil adalah bagian paling rentan rusak dari sebuah kendaraan. Bagian ini memiliki fungsi  menstabilkan pengendalian kendaraan saat melaju. Dengan demikian kaki - kaki mobil akan terus bergerak selama kendaraan melaju dan kaki - kaki mobil juga akan menahan beban walaupun mobil dalam keaadan diam.

Seperti yang telah kami jelaskan, bahwa kaki - kaki mobil menjadi bagian pada mobil  yang rentan akan masalah kerukan, sehingga jika Anda mengalami keanehan tentang kestabilan kendaan maka segera lakukan pemeriksaan. Ini bertujuan agar kerusakan yang terjadi tidak merambat pada komponen - komponen yang lain yang tentu akan memperarah kondisi mobil. 

10 Tanda Kaki - Kaki Mobil Mengalami Masalah 

1. Arah Roda Tidak Stabil

Salah satu cara paling mudah untuk mengetahui kaki - kaki mobil mengalami masalah adalah dengan melihat arah gerak roda saat mobil melaju. Jika saat berkendara Anda merasakan ada keanehan dari gerak mobil seperti bergerak ke kiri dan kekanan serta diikuti gerakan melayang itu bertanda bahwa fungsi tie rod yang menahan pergerakan roda mengalami kerusakan. 

Perlu Anda ketahui bahwa pada mobil terdapat sistem steering yang mengandalkan komponen rack dan pinion, bagian pada sistem ini yang paling rentan rusak adalah tie rod end dan long tie rod

​​​​​​2. Tapak Ban Terkikis Sebagian ( tidak rata )

Semua beban mobil tertumpu pada ban dan untuk mengetahui apakah ban bermasalah caranya pun mudah. Anda bisa dengan cara visual melihat kondisi tapak ban apakah terkikis secara merata atau hanya sebagian. Jika kondisi tapak ban terkikis secara merata maka itu normal dan kaki - kaki mobil Anda tidak mengalami masalah.

Namun sebaliknya jika tapak ban mengalami pengikisan sebagian ( tidak merata ), maka itu tanda bahwa kaki - kaki mobil Anda mengalami masalah.  Seringnya, permukaan tapak ban terkikis tidak merata seperti bentuk bergelombang searah dengan putaran roda. Jika ini terjadi maka itu disebabkan oleh  rusaknya shockbreaker ( peredam ). Selain berpengaruh pada fungsi ban, kerusakan shockbreaker juga menyebabkan rembesan oli menetes ke luar dari komponen tersebut. 

Cara palingm mudah mengetahui kerusakan  shockbreaker adalah dengan menggenjot ( menekan ) ujung kap mesin atau bagasi mobil beberapa kali menggunakan tangan. Jika  mobil hanya berayun sekali setelah tekanan tangan dilepaskan dari kap, itu tandanya shockbreaker Anda baik. Namun jika  mobil  berayun beberapa kali, maka sudah dipastikan pasti shockbreaker mengalami kerusakan. 

3. Timbul Bunyi Aneh  Dan Roda Bergoyang 

Jika Anda pernah merasakan roda mobil kurang stabil dan bergoyang saat melintasi jalan bergelombang dan berlubang, maka  itu adalah tanda bahwa  kaki-kaki mobil bermasalah. Komponen yang mengalami kerusakan yaitu pada bagian ball joint

Ketika ball joint sudah afkir, maka gejala awal yang terdeteksi adalah kaki kaki mobil bunyi kletek kletek dan roda bergoyang saat di jalanan tak rata. Getaran pada roda ini juga bisa merambat  ke bagian roda kemudi yang ikut tidak stabil. 

4. Muncul Suara Mendengung 

Cara mengetahui kaki-kaki mobil yang mengalami kerusakan yang berikutnya adalah dengan mendengarkan kemunculan bunyi medengung yang abrnormal. Berbeda dari kerusakan lain yang menyebabkan suara keras dan mengganggu, bunyi dengung ini disebabkan karena terjadi kerusakan pada bearing roda. Kondisi yang sama juga bisa berupa bunyi mirip logam bergesekan saat Anda melaju pada kecepatan rendah. 

Untuk memastikan kerusakan bearing  caranya pun cukup muda, coba  belokkan roda ketika mobil. berjalan. Kalau saat mobil dibelokkan ke kiri, suara dengung hilang, itu tandanya bearing sisi kiri yang rusak. Sebaliknya, bila mobil digerakkan ke kanan dan suara dengung hilang, tandanya bearing sisi kanan yang rusak. 

5. Mobil Limbung Saat Melibas Tikungan 

Apabila mobil terasa limbung saat berada di tikungan, itu artinya ada komponen pendukung kaki-kaki mobil yang rusak. Komponen pendukung yang dimaksud adalah bushing, seperti stabilizer dan swing arm yang gunanya untuk menstabilkan gerakan kendaraan saat di tikungan. Jika  bushing ini rusak, maka akan muncul suara kletek-kletek, mobil terasa melayang, dan limbung ketika harus berbelok.

6. Per ( Pegas )  Bermasalah 

Per mobil sebenarnya termasuk komponen yang jarang sekali mengalami masalah. Akan tetapi, tetap tidak menutup kemungkinan adanya kerusakan pada komponen ini. Sebaiknya Anda tidak menyepelekan bagian per yang jarang mengalami kerusakan. 

Kerusakan pada per sulit untuk dideteksi hingga tiba - tiba per mengalami kerusakan yang fatal seperti per daun dan keong yang patah. 

Jika per patah akibatnya bisa sangat berbahaya karena per berfungsi menopang beban kendaraan ke bagian as roda. Cara mengetahui kaki-kaki mobil bermasalah di bagian per adalah suara berderit dan efek bunyi seperti menggerus. Biasanya, gejala ini bakal muncul pada per daun. Sedangkan, apabila masalahnya di per keong, maka tidak ada tanda-tanda yang ditimbulkan hingga tiba-tiba per tersebut patah. 

7. Ban Mengalami Keausan Cepat

Kondisi ban aus sebenarnya berhubungan dengan rusaknya bagian kaki-kaki mobil. Namun, hal tersebut jarang dipahami oleh pemilik kendaraan karena mengira penyebabnya adalah salah memposisikan ban. 

Jika Anda menemukan ban kendaraan aus yang tidak normal, dengan ciri ausnya tidak merata dan terjadi hingga ke telapak bagian dalam, segera atasi masalah tersebut dengan mengganti ban. Jika  sudah diganti, pastikan untuk menjaga tekanan angin sesuai yang direkomendasikan untuk tiap bannya. ​​​​​​

8. Spooring Berubah 

Spooring mobil adalah setelan sudut keselarasan roda dengan permukaan jalan. Setiap mobil biasanya akan menjalani servis spooring rutin untuk menyelaraskan semua roda dengan jalanan. Akan tetapi, bila arah sudut keselarasan roda terlihat berubah saat servis spooring meski sudah beberapa kali dilakukan penyelarasan, itu tandanya kaki-kaki mobil Anda bermasalah.

Cara mengetahui kaki-kaki bermasalah melalui spooring adalah dengan menempatkan setir pada kondisi lurus. Kemudian, coba jalankan mobil pada kecepatan sedang yaitu  40-60 km/jam. Jika  saat melaju terdeteksi arah mobil melenceng atau condong ke sisi kiri atau  kanan, maka Anda bisa melakukan spooring ulang. Tetapi jika Anda  sudah melakukan  spooring dan mobil tetap condong berat ke salah satu arah (  ke kanan atau kiri ), maka bisa dipastikan kaki-kaki mobil bermasalah. 

9. Velg Peyok Atau Retak 

Cara mengetahui kaki-kaki mobil yang sedang mengalami  kerusakan yaitu Anda  bisa mengecek dengan melihat kondisi velg kendaraan. Lihat pada bagian  luar velg, apakah  kondisi fisiknya mengalami kerusakan, seperti ada tanda-tanda retak dan  penyok. Jika velg mobil Anda mengalami hal tersebut,  maka sudah pasti terjadi masalah. 

Anda sebagai pemilik mobil harus bertindak cepat dengan melakukan penggantian velg baru atau  memperbaikinya di bengkel yang khusus  melayani repair velg. Bila tidak diperbaiki dalam jangka waktu lama velg penyok akan membuat kendali mobil tidak stabil dan membahayakan pengemudi di dalamnya. 

10. Kerja Rem Terasa Tidak Maksimal

Untuk mengetahui kaki-kaki mobil yang rusak  adalah mengetahjui kinerja rem. Jika rem terasa kurang nyaman ketika diinjak, maka itu bertanda ada masalah. Anda bisa mencoba dua cara ampuh mengetes kondisi kaki-kaki mobil melalui fungsi rem. Pertama, tekan secara teratur pedal rem saat mobil dalam kondisi berhenti. Jika terasa agak membal, maka itu tandanya ada sedikit udara dalam salurannya.

Cara kedua, jalankan mobil dalam kecepatan sedang antara 40-60 km/jam, kemudian injak rem. Jika itu membutuhkan   tenaga lebih banyak untuk menginjak pedal rem demi menghentikan mobil, maka kemungkinan booster rem rusak. Namun, bisa juga penyebabnya adalah minyak rem kurang dengan tanda injakan pedal rem kedua lebih berat daripada yang pertama. 

Itulah 10 tanda bahwa kaki - kaki mobil Anda mengalami masalah yang patut Anda perhatikan. Pada umumnya, jika terjadi kerusakan pada salah satu komponen dan secara terus menerus tidak diperbaiki maka kerusakan tersebut akan menimbulkan kerusakan pada komponen yang lain. Jelas ini akan menambah rasa ketidaknyamaan saat mobil melaju dan juga akan menambah biaya perawatan. 

0 Response to "10 Tanda Kaki - Kaki Mobil Anda Mengalami Masalah "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel