Perbedaan Temperatur Dan Blower Pada Sistem Pendingin AC Mobil

lksotomotif.com - Untuk meningkatkan  kenyamanan bagi para penumpang maka setiap mobil penumpang ( passanger ) dilengkapi dengan sistem pendingin udara. Sistem pendingin udara ini sering juga disebut AC ( air conditioner ) yang memang tidak asing bagi kita di Indonesia.

Padahal sistem pengaturan udara pada mobil bukan hanya yang bersuhu dingin, melainkan juga ada yang dilengkapi dengan  bersuhu hangat. Mobil yang dilengkapi dengan bersuhu  hangat adalah mobil - mobil yang dijual dinegara dengan musim dingin ( benua  Eropa, Amerika, Australia ).

Sedangkan di Indonesia sendiri yang beriklim tropis dengan hanya dua musim, maka mobil - mobil yang ada di Indonesia lebih banyak didominasi dengan sistem pendingin saja, tidak ada sistem sirkulasi udara hangat.

Pada pengoperasian sistem pendingin AC mobil ada dua hal penting yang harus diperhatikan oleh pengemudi. Dan bagi para pengemudi yang masih baru, ini sering diabaikan yaitu mengenai temperatur dan blower pada AC mobil.

Jika sebagian orang hanya berfikir bahwa AC mobil hanya terkait dengan suhu udara itu memang benar, namun pada pengoperasiannya juga ada blower yang harus disesuaikan. Lantas apa berbedaan antara temperatur dan blower pada AC Mobil ?

A. Temperatur AC Mobil

Temperatur pada AC mobil memiliki fungsi mengatur tinggi rendahnya temperatur yang dihasilkan oleh AC mobil. Untuk menyetelnya, pengemudi bisa mengatur tombol ( knob ) khusus temperatur AC mobil dengan cara diputar yang ada di dasbord mobil.

tombol temperatur ac mobil

Diatas adalah bentuk tombol temperatur AC mobil yang umum digunakan pada mobil - mobil yang ada di Indonesia. Pada posisi putaran paling kiri terdapat tulisan min cool ( minimum coolling ) atau temperatur dinginnya sangat sedikit. Sedangkan pada posisi putaran paling kanan terdapat tulisan max cool ( maximum coolling ) atau maksimal dinginnya.

Dengan keterangan diatas, Anda bisa mengatur seberapa dingin AC mobil yang Anda inginkan untuk memperoleh kenyamanan yang tepat saat berkendara. 

Baca juga : Cara Mengoperasikan AC Mobil Tombol Manual

B. Blower AC Mobil

Blower adalah kipas pada AC mobil yang berfungsi menghembuskan udara dingin yang dihasilkan oleh AC mobil. Mungkin Anda akan bingung memahami perbedaan keduanya dan untuk membantu penjelasn tersebut, lihat gambar dibawah ini. 

cara kerja blower AC

Seperti yang terlihat pada gambar diatas bahwa blower ( kipas blower ) AC berfungsi membantu mengalirkan udara dingin yang dihasilkan oleh evavorator ke kabin mobil. Kecepatan aliran udara dingin AC bisa disesuaikan dengan cara menyetel tombol kecepatan blower.

switch blower ac mobil

Diatas adalah switch tombol kipas blower AC yang bekerja dengan cara diputar, jenis ini umum yang ada pada mobil di Indonesia. Pada putaran yang paling kiri adalah 0 ( nol ) atau OFF, artinya jika knob berada pada posisi ini berarti AC mobil mati. Sedangkan pada putaran yang paling kanan (4) adalah tinggi ( putaran maksimal kipas blower).

Nah untuk mengatur kecepatan blower, Anda bisa memilihnya pada rentang angka 1 sampai 4 dengan cara memutar knob sesuai dengan kecepatan aliran AC mobil yang diinginkan.


C. Mengatur Arah Hembusan AC Mobil

Setelah Anda mengetahui perbedaan temperatur dan blower pada AC mobil, maka selanjutnya adalah mengetahui cara mengatur arah hembusan AC mobil. Pada mobil - mobil kelas premium, ada teknologi tersendiri yang bisa mengatur arah hembusan AC yang disesuaikan dengan suhu disekitar antara bangku baris denpan dengan belakang.

Namun pada mobil umumnya, Anda harus menyetel sendiri arah hembusan AC mobil sesuai dengan kebutuhan pada setiap penumpang.

outlet AC mobil
Outlet AC mobil Depan

Untuk mengatur  arah hembusan AC mobil bagi penumpang depan ( kursi baris pertama ), Anda bisa membuka oulet AC yang ada pada bagian ujung dasbord kanan dan kiri. Setelah terbuka, Anda bisa mengatur arah aliran kekanan, kekiri, keatas dan kebawah.

outlet port ac mobil belakang
Sedangkan untuk mengatur hembusa AC bagi penumpang dibelakang, Anda bisa menyetel outlet port yang terdapat pada bagian atap cabin. Cara pengoperasian oulet portnya juga sama seperti pada bagian belakang. Namun ada tambahan tombol pengaturan kecepatan aliran yang bisa Anda gunakan untuk menyetelnya.

0 Response to "Perbedaan Temperatur Dan Blower Pada Sistem Pendingin AC Mobil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel