Teknik Mengemudi Eco Driving Wuling Cortez Berdasarkan Pengalaman

lksotomotif.com - Mengemudikan mobil memang perkara yang mudah, namun demikian ada faktor penting yang harus diperhatikan saat mengemudi. Salah satunya adalah teknik Eco Driving yaitu teknik berkendara yang dapat menghemat efisiensi penggunaan bahan bakar.

Teknik mengemudi Eco Driving memang tidak begitu saja bisa diterapkan  oleh semua pengemudi. Ada proses yang harus dipelajari. Nah pada artikel ini kami akan berbagi tips teknik mengemudi Eco Driving Wuling Cortez yang dibagikan salah satu pemilik yaitu  bapak Hartono Andi Chandara.

Salah satu capaian tertinggi yang pernah beliau sampaikan yaitu pada angka average 1:17 dalam kota. Ini artinya, 1 liter bahan bakar dapat menempuh jarak 17 Km, sangat luar bisa. 

Langsung saja kita simak tips yang beliau berikan :

Pagi cortezian 🙏 

Biar rame nih.. cuma mau berbagi tips eco driving wuling cortez bagi member yang mungkin  baru dapat unit nya dan kaget fuel consumption nya "berbeda" degan mobil jepang lamanya.

Pertama kali menggunakan Cortez, saya mendapatkan average 6,4 Km dengan bahan bakar pertamax, ini adalah hasil yang buruk dan membuat saya shock. Hasil ini diperoleh dengan perjalanan murni dalam kota dengan kecepatan maksimal  60 Km/jam.

Unit yang saya miliki Wuling Cortez 1,8 L dengan yang sudah dilengkapi dengan matic mode. Gaya injak pedal gas yang saya lakukan pun layaknya mobil jepang, dan ternyata ini salah besar.

Berawal dari belajar di grup telegram Cortez, saya pun mengerti tentang fungsi INST di MID dan keuntungan menggunakan mode driving manual karena bisa berganti gigi di RPM yang lebih rendah.

Setelah hampir 5 bulan, saya memperhatikan karakteristik mesin Wuling Cortez, salah satunya yaitu hindari penggunaan gigi 1 dan 2 penggunaan dalam kota. Hasilnya sangat buruk, sekitar 3 - 6 Km/liter meskipun dengan kecepatan 30 - 40 Km. 

Nah pertnyaan selanjutnya adalah mengapa average Cortez saya bisa diangka 1:14, 1:16 dan bahkan menyentuh angka 1:17 ? karena Wuling Cortez digunakan pada perjlanan jalan tol atau dalam kota dengan kondisi sepi dan lancar.

tips berkendara eco driving

tips berkendara eco driving mobil wuling

Wuling Cortez sangat irit digunakan pada gigi 4 di RPM 3000, coba perhatikan INST nya pada kecepatan 80 Km/jam pun bisa mendapatkan angka average 16-20 Km/liter. Ini adalah hal aneh bagi saya yang sebelumnya sebagai pengguna mobil Jepang. 

Jadi jika sudah masuk tol 2 kali dalam sebulan saja, itu tidak ada masalah, average Cortez hasilnya sangat baik. 

Pada intinya yaitu : 

1. Hindari penggunaan gigi 1 - 2

2. Segera gunakan gigi 3-4 dalam kota, meski hanya pada kecepatan 40 Km/jam. Ini tidak masalah asal Anda mengetahui cara menginjak gas dan kuasai medan yang ramai dijalan.

Mungkin bisa saja ketika akan naik ke gigi 3 atau 4 dan begitu injak gas belum tercapai karena mobil berhenti dikarenan jalanan macet. Dengan demikian, ini dibutuhkan teknik untuk mencari cara bagaimana cara mengangkat RPM bawah agar gas diinjak sedikit RPM sudah naik dan segera pindahkan ke gigi 3 atau 4 dalam kota. Jelas ini butuh proses belajar dan pengalaman ya, 

INST yang bagus = AVG yg bagus

Ini hanya sekedar berbagi pengalaman, tujuan utamanya bukan bermasud mengehmat bahan bakar melainkan lebih membantu bagaimana cara menjinakkan karaktek mesin Wuling Cortez pada perjlanan dalam kota. 

0 Response to "Teknik Mengemudi Eco Driving Wuling Cortez Berdasarkan Pengalaman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel