Cara Memasang Dan Melepas Sabuk Pengaman Untuk Penumpang

lksotomotif.com - Untuk menjamin keselamatan penumpang, setiap mobil sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman ( safety belt). Sabuk pengaman berperan penting saat kendaraan mengalami benturan ( kecelakaan ), yang mana penumpang akan ditahan agar tidak membentur.

Sayangnya masih banyak penumpang yang tidak perduli dan faham funsi safety belt sehingga jarang digunakan saat sedang berkendara. Inilah yang menjadi faktor banyaknya korban jiwa saat mobil mengalami kecelakaan.

Untuk mengetahui lebih detail mengapa kita harus menggunakan sabuk pengaman, kami sudah membahasnya disini.

Disisi lain, bagi para pengguna yang masih baru bahwa menggunakan sabuk pengamanan itu sangat mudah. Jika anda belum mengetahui bagaimana caranya, pada artikel ini kami akan berbagi pengetahuan tentang cara menggunakan sabuk pengaman untuk penumpang.

Sabuk pengaman pada mobil terbagi menjadi 2 jenis yaitu, sabuk pengamanan 3 titik dan sabuk pengaman 2 titik.

Menggunakan Sabuk Pengaman 3 Titik

A. Memasang Sabuk Pengaman 3 Titik

menggunakan sabuk pengaman 3 titik

Tarik sabuk pengaman dari retractor dan masukan ujung plat ke buckle sampai terdengar bunyi klik. Jika belum mengeluarkan bunyi klik, itu bisa saja sabuk pengaman belum terkunci dan ini harus menjadi perhatian saat akan memasangnya.

B. Memeriksa Sabuk Pengaman  3 Titik


menyetel sabuk pengaman 3 titik

Posisikan sabuk serendah mungkin pada pinggang Anda, jangan pada pinggul. Tarik sabuk bagian bahu kedepan untuk menghilangkan kekendoran ( mengencangkan ).

Perlu dilakukan penyetelan sepanjang sabuk pengaman, karena sabuk pengaman di desain sedemikian rupa sehingga akan memanjang atau memendek berdasarkan pergerakan tubuh dan akan terkunci jika dalam keadaan berbahaya (pengereman mendadak, tabrakan, dan lain - lain.). 

3. Melepas Sabuk Pengaman  3 Titik


melepas sabuk pengaman 3 titik

Tekan tombol pembebas pada buckle. Biarkan retractor menggulung sabuk sampai selesai. Pastikan bahwa sabuk pengaman tidak terpuntir. 

Untuk perlindungan yang maksimal, pastikan sabuk pengaman terpasang kencang dan tidak terpuntir. 

Menggunakan Sabuk Pengaman 2 Titik

1. Memasang Sabuk Pengaman 2 Titik

memasang sabuk pengaman 2 titik

Sama seperti sabuk pengaman 3 titik, sabuk pengaman 2 titik cara memasangnya yaitu masukan ujung plat ke dalam buckle sampai terdengar bunyi klik. 

2. Menyetel Sabuk Pengaman 2 Titik

menyetel sabuk pengaman 2 titik

Posisikan sabuk serendah mungkin pada pinggang Anda, jangan pada pinggul. Tahan ujung plat di sebelah kanan kemudian tarik sabuk untuk memanjangkan atau memendekkan. 

3. Melepas Sabuk Pengaman 2 Titik

melepas sabuk pengaman 2 titik

Tekan tombol pembebas pada buckle. Pasang ujung plat ke dalam buckle jika tidak digunakan. 

Ketika menggunakan sabuk tipe 2- point, pastikan tempat duduk tengah pada posisi tegak. Jika salah satu dari tempat duduk tengah sebelah kanan atau kiri dalam kondisi terlipat, sabuk pengaman tipe 2-point tidak dapat digunakan, sehingga tempat duduk tidak dapat digunakan. 


Untuk mencegah kerusakan pada sabuk pengaman, pastikan sabuk pengaman tidak terjepit pintu atau
sandaran tempat duduk. 


0 Response to "Cara Memasang Dan Melepas Sabuk Pengaman Untuk Penumpang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel