Mengenal Nama-Nama Bagian Mobil Toyota Rush Dan Daihatsu Terios ( Eksterior Dan Interior )

lksotomotif.com - Toyota Rush dan Daihatsu Terios merupakan salah satu mobil medium SUV ( Sport Utility Vehicle ) yang ada di Indonesia. Secara garis desain, Rush sangat mirip dengan  Daihatsu Terios. Jika dilihat dari arah samping, bagi orang awam akan sangat kesulitan membedakan kedua merek tersebut.

Toyota Rush  dan Daihatsu Terios didesain sesuai dengan selera masyarakat Indonesia dengan konsep kabin yang lapang, yang mana biasanya ini dimanfaatkan untuk mengangkut barang. Selain itu,  mobil ini juga siap untuk diajak ke medan ringan perkotaan dan medan berat jalanan terjal. Dengan strategi ini,  penjulan keduanya  mendominasi  segmen mobil medium SUV di Indonesia.

Bagi Anda yang membutuhkan mobil dengan cabin yang lapang dan dapat diajak kesegala medan, memilih Toyota Rush dan Daihatsu Terios  adalah pilihan yang tepat. Sebelum memutuskan untuk meminang, alangkah baiknya Anda mengenali komponen - komponen yang ada pada mobil tersebut.

Mengenali nama - nama bagian mobil Toyota Rush dan Daihatsu Terios adalah hal penting yang dianggap sepele. Dengan mengenali nama komponen, Anda akan lebih mudah mencari sparepat dan melakukan penggantian. 

Nama-Nama Bagian Mobil Toyota Rush Dan Daihatsu Terios

Bagian Ekterior 

nama komponen eksterior toyota rush


1. Pintu - pintu samping berfungsi sebagai penutup pintu samping, pada Toyota Rush jumlah pintu samping sebanyak 4 buah. 2 didepan dan 2 dibelakang.

2. Pintu Bagasi berfungsi menutup pintu bagasi. Pada generasi pertama Toyota Rush, mekanisme pembukaan pintunya kesamping, ini karena posisi ban serep menempel pada pintu bagasi. Sedangkan pada generasi setelahnya, mekanisme pembukaan pintu bagasi keatas dan posisi ban serep dipindah kebagian lantai.

3. Kaca spion luar berfungsi melihat kondisi diluar mobil yang digunakan oleh pengemudi untuk mengontrol kendaraannya saat berkendara.

4. Wifer berfungsi menyapu kaca yang digunakan pada saat kondisi hujan atau bisa juga digunakan untuk membersihkan kaca dengan bantuan air terlebih dahulu. 

5. Pintu pengisi bahan bakar berfungsi sebagai penutup tutup tangki. Bentuk pintu pengisi bahan bakar mengikuti bentuk lekukan bodi.

6. Ban berfungsi sebagai komponen mobil yang langsung bersentuhan dengan tanah ( jalan ).

7. Kap mesin berfungsi sebagai penutup bagian mesin.

8. Sensor Mundur berfungsi mendeteksi benda yang ada dibagian belakang mobil saat mobil berjalan mundur. Jika sensor mendeteksi ada benda yang besar dalam jarak yang dekat, maka sensor akan mengeluarkan alarm yang terdapat dibagian dalam kabin.

9. Lampu besar / lampu posisi depan / lampu tanda belok berfungsi sebagai sistem penerangan pada bagian depan mobil. Adapun jenis - jenis lampu depan yaitu lampu kepala ( head lamp ) dan  lampu belok ( hazard ). 

10. Lampu kabut depan berfungsi sebagai lampu dengan tingkat pencahayaan yang lebih rendah, lampu kabut digunakan pada kondisi cuaca yang berkabut atau biasanya sore hari. 

11. Lampu mundur berfungsi sebagai tanda bahwa mobil berjalan mundur dan ini juga sebagai informasi bagi pengendara yang ada dibelakang mobil. Warna lampu mundur pada semua mobil bewarna putih.

12. Lampu Tanda Belok berfungsi sebagai tanda bahwa mobil akan berbelok. Jika pengemudi akan berbelok kanan, maka harus menghidupkan lampu belok  yang kanan. Sebaliknya, jika pengemudi akan berbelok ke kiri, maka harus menghidupkan lampu belok kiri. Selain itu, lampu belok juga dapat digunakan sebagai lampu hazard ( kedua lampu belok hidup ) yang digunakan pada kondisi emergency.

13. Lampu Belakang adalah beberapa lampu yang ada dibagian belakang mobil, diantarnya lampu rem, lampu mundur dan lampu belok.

14. Lampu plat nomor polisi berfungsi menerangi plat kendaraan. 


Bagian Interior

nama bagian interior toyota rush dan daihatsu terios


1. SRS Airbag berfungsi melindungi penumpang, khusunya pada nomor 1 yaitu pengemudi. Airbag adalah balon udara yang akan mengembang ketika mobil mengalami benturan ( kecelakaan ).

2. Karpet lantai berfungsi melindungi bagian lantai kabin agar kotora yang dibawa penumpang mudah dibersihkan. Khusus pada karpet bagian pengemudi harus dipasang dengan baik dan dengan ukuran yang sesuai, karena banyak kejadian kecelakaan yang diakibatkan oleh karpet yang menekan pedal gas. 

3. Tempat duduk depan digunakan oleh pengemudi dan penumpang bagian sebelah kiri depan. 

4. Tempat duduk kedua digunakan oleh penumpang.

5. Tempat duduk baris ketiga digunakan apabila kapasitas penumpang banyak, selain itu kursi baris ketiga juga dapat dilipat untuk mendapatkan kapasitas bagasi yang luas.

6. Sandaran kepala atau hear rest digunakan sebagai sandaran kepala dan dapat diseting naik turun sesuai dengan ketinggian kepala penumpang.

7. Sabuk Keselamatan berfungsi mengikat penumpang saat mobil mengalami benturan.

8. Knob pengunci sisi dalam berfungsi sebagai pembuka pintu bagi penumpang didalam yang akan keluar. Knob pengunci ada pada semua pintu samping, kecuali pintu belakang.


0 Response to "Mengenal Nama-Nama Bagian Mobil Toyota Rush Dan Daihatsu Terios ( Eksterior Dan Interior )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel