Sepele, Karpet Mobil Bisa Memicu Kecelakaan Dan Cara Mencegahnya

pedal gas tersangkut penyab mobil kecelakaan

lksotomotif.com - Karpet adalah komponen yang tidak terlalu penting pada mobil. Karena memang sesungguhnya karpet tidak berpengaruh penting terhadap kinerja mesin. Fungsinya yang hanya sebagai pelapis bagian bawah kabin sering diabaikan oleh pemilik mobil. 

Ternyata ada sebuah fakta mengejutkan bahwa karpet mobil bisa menjadi pemicuh kecelakaan yang fatal. Ini pernah penulis temukan di sebuah postingan sebuah kecelakaan mobil MPV yang diakibatkan karena karpet yang tersangkut pada pedal gas.

Akibatnya, mobil terus melaju dengan kencang karena pedal gas tertekan kebawah oleh karpet yang tersangkut. Pada kondisi ini pengemudi tidak akan menyadari bahwa penyebab utama yang mengakibatkan mobil melaju kencang adalah karpet yang ia pasang sendiri. 

karpet mobil penyebab kecelakaan

Pada gambar diatas terlihat jelas bahwa pedal gas tidak dapat terangkat ke atas dengan bebas karena tersangkut pada karpet. Pada kondisi ini jelas berbahaya, karena mobil akan terus berputar lebih kencang. Dan ini sangat susah untuk diketahui oleh pengemudi karena waktu yang ralatif singkat.

Dari kejadian tersebut, maka kita mengambil kesimpulan bahwa karpet yang awalnya adalah barang pelengkap harus tetap diperhatikan oleh pemilik mobil. Salah satunya adalah pemilihan karpet yang memang sesuai dengan dimensi lantai bagian pengemudi. 

Pabrikan biasanya sudah mendesain karpet custome yang bisa Anda beli di bengkel resmi untuk hasil yang maksimal dan tentunya tidak membahayakan. Selain itu yang patut diperhatikan adalah cara pemasangan karpet.

Pasanglah karpet sesuai dengan petunjuk pada buku pedoman. Tidak membutuhkan waktu lama untuk memasang karpet, karena memang pemasangannnya begitu mudah.

Gunakan hanya karpet lantai yang dirancang secara khusus untuk kendaraan dengan model dan tahun pembuatan yang sama dengan kendaraan Anda. Letakkan dengan aman di tempatnya di atas karpet.

karpet mobil penyebab kecelakaan

Masukkan kait penahan (klip) kedalam mata ikan karpet lantai.

memasang karpet mobil yang benar

Putar knob atas pada setiap kait penahan (kilp) untuk mengamankan karpet lantai di tempatnya.
*: Selalu menyesuaikan tanda . Bentuk kait penahan (klip) mungkin berbeda dari yang ditunjukkan di dalam gambar

0 Response to "Sepele, Karpet Mobil Bisa Memicu Kecelakaan Dan Cara Mencegahnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel