Mengenal Teknologi Active Road Noise Cancellation Dan Cara Kerjanya Pada Mobil

lksotomotif.com - Kebisingan menjadi masalah tersendiri ketika kita berkendara sepanjang jalan. Dan ini menjadi pekerjaan rumah bagi pabrikan - pabrikan otomotif untuk memikirkan bagaimana agar kebisingan yang ada diluar mobil tidak masuk kedalam kabin. 

Kondisi kabin yang senyap dan bebas dari semua bunyi - bunyi suara dari luar jelas akan menambah pengalaman yang rileks dan menenangkan saat mengemudi. Inilah yang dilakukan oleh teknolgi Active Road Noise Cancellation. Ia akan secara aktif menghilangkan suara yang ditimbulkan oleh ban agar jangan sampai masuk kedalam ruang kabin. 


Active Road Noise Cancellation


Bayangkan, ketika Anda berkendara di jalur tol hingga beberapa jam dan pasti Anda akan banyak mendengar suara ban yang masuk kedalam ruang kabin. Suara seperti ini untuk waktu yang lama sangat mengganggu dan jelas mengurangi rasa kenyamanan. Dengan adanya teknologi Active Road Noise Cancellation akan membantu dalam mengatasi hal ini. 

Teknologi ini memberikan pengalaman yang lebih halus dan lebih tenang bagi pengemudi dan penumpang. Sistem ini telah didesain dapat mengurangi suara yang mengganggu hingga 10 dB ( desible ). Suara dengan intensitas 30–50 dB adalah suara yang aman untuk didengar oleh telinga manusia, contohnya seperti suara orang yang sedang berbicara.

Bukan hanya itu saja, pengurangan kebisingan yang siginifikan dengan frekuensi rendah hingga 300Hz mengurangi kelelahan pengemui secara keseluruhan dalam perjalanan yang panjang yang melelahkan. Perjalanan yang panjang sering kali disertai dengan kelelahan berkendara. Kelelahan ini berdampak pada pengurangan kemampuan untuk menghadapi kejadian yang tidak terduga dijalan atau menyebabkan kecelakaan.

Menurut penelitian, waktu reaksi pengemudi yang lelah meningkat 16,72% jika dibandingkan dengan pengemudi biasa. Pasalnya, tubuh manusia menjadi lelah karena perlu berjaga-jaga lebih lama, khususnya dalam perjalanan jauh. Data  ini  menunjukkan bahwa kelelahan dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Jadi, teknologi ini secara tidak langsung dapat meningkatkan  kesehatan pengemudi sekaligus mengurangi kecelakaan.


Cara Kerja  Active Road Noise Cancellation

cara kerja active noise cancelled

Pertama-tama, teknologi ini diaktifkan oleh seperangkat sensor. Teknologi ini menggunakan sensor yang memantau getaran dari permukaan jalan. Pada saat yang sama, ia juga menghitung gelombang suara fase berlawanan yang diperlukan untuk membatalkan suara yang didengar oleh penumpang.

Selain itu, sensor ini memantau kedua hal tersebut secara real-time. Karenanya, mereka menghilangkan suara dari lubang dan permukaan jalan yang kasar. Sistem akan mengisolasi dan menghilangkan suara secara real-time juga. 

Selanjutnya, suara pembatalan dimainkan oleh sistem suara. Sistem suara menggunakan pemantau kendaraan di kabin untuk meningkatkan kinerja peredam bising jalan aktif bagi penumpang. Karenanya, teknologi ini menawarkan penyempurnaan dan pengalaman berkendara yang berkesan. Selain itu, teknologinya juga menyeimbangkan bobot kendaraan, kehalusan, dan dinamika berkendara secara keseluruhan. 

Jadi, sistem akan meredam suara agar tidak masuk kekabin yang ditimbulkan dari gesekam jalan, mesin dan plug ini hybrid. Dengan demikian, pengemudi akan menjadi rileks  dan siap berekasi pada kondisi berbahaya. 

Kesimpulannya Teknologi  Active Road Noise Cancellation  adalah langkah selanjutnya menuju pengalaman berkendara yang berkesan  dengan menetapkan standar industri baru.


0 Response to "Mengenal Teknologi Active Road Noise Cancellation Dan Cara Kerjanya Pada Mobil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel