Tesla Bekerjasama Dengan Samsung Menciptakan Chip 5 nm Untuk Teknologi Full Self-Driving

chip self driving tesla


lksotomotif.com - Dalam sebuah laporan yang datang dari Korea , Teslah telah menjalin kerjasama dengan salah satu raksasa pabrikan smartphone terbesar didunia yaitu Samsung. Diam - diam, mereka telah   membuat chip super kecil dengan ukuran 5 nm ( nanometer ) guna menunjang teknologi self driving mobil Tesla. 

Tesla Memulai Membuat Chip Sendiri

Kembali pada tahun 2016, Tesla mulai membangun tim arsitek chip yang dipimpin oleh desainer chip legendaris yaitu Jim Keller untuk mengembangkan silicon nya sendiri. Tujuannya adalah untuk merancang chip yang super kuat dan efisien saat mengaktifkan teknologi self driving.

Selang 3 tahun kemudian atau tepatnya pada 2019, Tesla akhirnya meluncurkan chip tersebut sebagai bagian dari komputer self-driving Hardware 3.0 (HW 3.0).

Mereka mengklaim ada faktor peningkatan 21 dalam pemrosesan frame per detik dibandingkan perangkat keras Tesla Autopilot generasi sebelumnya. Dimana pada perangkat sebelumnmya Tesla mengandalkan perangkat keras Nvidia, dan ternyata itu hanya  sedikit meningkatkan konsumsi daya.

Saat meluncurkan chip baru tersebut, CEO Elon Musk mengumumkan bahwa Tesla sudah mengerjakan generasi chip berikutnya sebagai pengganti HW 3.0. Rancangan chip berikutnya, diharapakan memiliki kwalitas 3 kali lebih baik dibanding chip yang baru ini dan kira-kira akan diproduksi 2 tahun kemudian. 

Chip Self-Driving Tesla Generasi Berikutnya

Beberapa bulan yang lalu, ada laporan bahwa Tesla merencanakan chip self-driving generasi berikutnya menggunakan proses 7-nanometer oleh TSMC, sebuah perusahaan semikonduktor Taiwan.

Sekarang sebuah laporan baru dari Korea menyatakan bahwa Tesla bekerjasama  dengan Samsung pada pembuatan  chip 5-nanometer untuk Self Driving mereka.

Dalam sebuah surat kabar berbahasa Korea :  

Menurut industri terkait pada tanggal 25, Divisi Pengecoran Elektronik Samsung saat ini sedang melakukan penelitian dan pengembangan (R&D) pada semikonduktor sistem kelas 5 nm untuk dipasang pada kendaraan otonom Tesla. Semikonduktor 5nm yang diterapkan dengan proses ultraviolet ekstrem (EUV) adalah produk berteknologi tinggi yang hanya dapat diproduksi oleh sejumlah kecil perusahaan seperti Samsung Electronics dan TSMC di seluruh dunia.

Samsung sudah menjadi mitra Tesla untuk produksi chip self-driving saat ini di komputer hardware 3.0-nya. Namun, chip tersebut didasarkan pada teknologi 14 nm. 

Chip 5-nm adalah teknologi yang lebih baru yang baru mulai menjadi produk komersial tahun lalu. Mereka ditemukan di beberapa smartphone terbaru, seperti Apple iPhone 12. Laporan terbaru tentang chip baru Tesla menyatakan bahwa produksi massal direncanakan pada kuartal 4  tahun 2021.

0 Response to "Tesla Bekerjasama Dengan Samsung Menciptakan Chip 5 nm Untuk Teknologi Full Self-Driving"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel