Ini Alasan Mengapa Wiper Dibuat Vertikal Pada Mobil Koenigsegg Regera

lksotomotif.com - Seperti pada umunya bahwa wiper ( penyapu kaca )  pada mobil ditempatkan secara horizontal ( posisi tertidur ). Ini buat agar tampilan mobil menjadi lebih dinamis dan mengikuti bentuk bagian depan. Selain itu wiper ditempatkan secara horizontal juga tidak akan menutupi kaca bagian depan.

Namun hal aneh telah dilakukan oleh pabrikan Koeniseeg, yang mana mereka telah mendesain wiper dengan desain yang out of the box, diluar kebiasaan dari mobil - mobil yang lain. Mereka menempatkan wiper mobil Koenigsegg Regera   secara vertikal. 

Kita lihat perbedaan keduanya pada gambar dibawah ini. 

wiper mobil koenigsegg regera
Wiper ditempatkan secara vertical pada Koenigsegg Regera 


wiper mobil pada umumnya
Wiper ditempatkan secara horizontal pada mobil umumnya

Usut punya usut ternyata hal ini bukan hanya asal dibuat atau hanya untuk ajang pembeda tampilan. Lebih dari itu, pemindahan penempatan wiper secara horizontal dapat berpengaruh besar terhadap aerodimanis ( aliran udara ) saat mobil tersebut melaju pada kecepatan tinggi. 

Ide penempatan ini meniru dari penempatan wiper pada pesawat terbang terbaru, dimana pada posisi ini ternyata dapat menghemat penggunaan bahan bakar. Mengapa demikian ? simak penjelasan dibawah.

wiper pesawat udara

Ketika wiper ditempatkan secara horizontal, ada area antara wiper dan kaca depan di mana aliran udara bercampur sehingga menghasilkan aliran turbelensi, menghasilkan hambatan interferensi. Hal ini meningkatkan penggunaan bahan bakar yang membuat penerbangan tidak efisien. Selain itu hal ini juga menimbulkan suara yang menyebabkan kebisingan pada ruang pilot. 

Hal ini bisa dilihat pada gambar di bawah, kaca depan KC-135 dengan wiper yang ditempatkan secara horizontal dan vertikal. Seperti yang Anda lihat, ketika wiper dipasang vertikal, hambatan berkurang (semakin merah areanya, semakin banyak hambatan).

efek penempatan wiper

Ini terlihat sangat sepele, namun memiliki dampak yang luar biasa terhadap pesawat tersebut, sehingga pada akhirnya  teknik ini pun  diterapkan di industri otomotif. Salah satinya pada mobil super car  seperti Koenigsegg Regera di mana wiper beristirahat secara vertikal yang sangat mengurangi hambatan dan meningkatkan kinerja.

0 Response to "Ini Alasan Mengapa Wiper Dibuat Vertikal Pada Mobil Koenigsegg Regera "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel