Tidak Menguntungkan, 5 Aksesoris Mobil Ini Malah Membahayakan Keselamatan

5 Aksesoris Mobil Ini Malah  Membahayakan Keselamatan


lksotomotif.com - Memiliki mobil dengan tampilan berbeda atau mencolok dari yang lain adalah sesuatu yang membanggakan bagi sebagian pemilik kendaraan. Seperti rasa puas diri atau terlihat berbeda sehingga ini menjadi pusat perhatian dijalanan. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memasang perangkat aksesoris pada mobil. Namun sayangnya tidak semua aksesoris mobil yang dijual saat ini memiliki manfaat, malah sebaliknya bisa membahayakan para penggunanya. Selain itu, terkadang pemilik mobil juga kurang memahami fungsi sebenarnya aksesoris tersebut yang seharusnya memiliki manfaat malah salah dalam penggunaan dan mengganggu pengendara lain. 

Karena itu penting bagi pemilik kendaraan untuk mengetahui fungsi sebenarnya dari aksesoris yang dibeli dan  digunakan sesuai dengan fungsinya, bukan hanya sekedar untuk bergaya yang malah menimbulkan masalah lain saat berkendara. 

Sebelum memutuskan untuk membeli aksesoris mobil dan memasangnya, penting bagi Anda untuk mengetahui fungsi dan manfaat dari aksesoris tersebut. 

6 Aksesoris Mobil Yang Dapat Membahayakan Keselamatan 

1. Lapu Rem Warna - Warni

Lampu rem bawaan pabrikan adalah warna kuning. Pemilihan warna kuning pada lampu rem bukan tanpa alasan, sebab warna kuning memiliki warna yang cerah namun tidak menyilaukan pengendara dibelakang. 

Akhir - akhir ini banyak dijual aksesoris lampu rem yang dapat diseting menjadi beragam warna. Dan sayangnya, warna- warna yang ditimbulkan malah menyilaukan dan sangat membahayakan. Parahnya, selain itu lampu tersebut juga menyala dengan mode berkedip. 

bahaya lampu rem berkedip


Jika berbicara faktor keselamatan pada mobil belakang, yang pada umumnya orang hanya mengetahui lampu rem berwarna kuning dan tiba-tiba pada mobil depan lampu rem warnanya berbeda maka ini sangat membingungkan. Dengan metode pengereman 3 detik mungkin dapat menghindari kecelakaan, namun tentu ini sangat sulit untuk sebagian orang sebagai repson pertama jika kendaraan depan melakukan pengereman dengan lampu yang berbeda. 


2. Lampu Rotator 

lampu rotator


Pada umumnya lampu rotator adalah kelengkapan untuk mobil - mobil yang memiliki fungsi emergency seperti mobil polisi, ambulan dan lain-lain. Namun sayangnya saat ini mobil - mobil pribadi juga terkadang dipasang rotator tanpa tujuan yang jelas. 

Selain itu terkadang mereka juga menyalakan lampu tersebut pada kondisi yang tidak sesuai sehingga ini menimbulkan masalah. Selain menimbulkan warna  yang menyilaukan, lampu rotator juga diikuti dengan usara sirine yang membisingkan dan mengganggu konsentrasi pengendara lain. 

3. Boneka Per

bahaya  boneka per mobil


Boneka per memang sangat unik dan menarik untuk dilihat karena gerakan yang ditimbulkan. Boneka ini banyak dibeli karena tidak mengandalkan sumber listrik dalam pengoperasiannya. Biasanya boneka ini dipasang pada bagian dasbord depan sebalah kiri. 

Namun perlu Anda ketahui bahwa gerakan boneka per dapat mengganggu konsetrasi pengemudi dan ini sangat berbahaya. Bukan hanya saat berkendara dengan kecepatan tinggi, pada saat mobil berhenti dilampu merah, boneka ini pun terkadang bergerak sendiri tanpa sebab dan secara reflek pengemudi akan memperhatikannya. Ini sangat menguras tenaga, refleks dan emosi. 


4. Safety Belt Buckle Alarm Stop

Safety Belt Buckle Alarm Stop


Mobil - mobil keluaran terbaru telah dilengkapi dengan SBR ( Seat Belt Reminder ) atau pengingat  seat belt. Cara kerja teknologi ini pun sangat sederhana yaitu akan mengeluarkan bunyi jika seat belt tidak digunakan oleh pengemudi saat mobil melakukan perjalanan. 

Namun sayangnya teknologi ini terasa sangat mengganggu bagi mereka yang membenci menggunakan seat belt. Dan salah satu caranya untuk menghentikan bunyi yang ditimbulkan adalah dengan cara memasang aksesoris buckle safety belt. 

Dan pertanyaannya adalah jika terjadi kecelakaan, apakah pengemudi akan aman ? jawabannya tidak. Pengemudi sama saja dengan tidak menggunakan seat belt dan bisa dipastikan airbag juga tidak akan mengembang. Ini sangat membahayakan.

5. Lampu Lumen

Lampu Lumen


Lampu lumen adalah lampu yang memiliki pencahayaan yang sangat terang. Mobil - mobil yang menggunakan lampu lumen biasanya digunakan pada mobil untuk menjelajah pedalaman dan hutan yang gelap. 

Jika kita menggunakan lampu lumen yang diunakan diperkotaan maka ini kesalahan besar. Sebab kondisi jalanan yang terang, penggunaan lampu lumen sangat mubazir dan mengganggu pengendara yang lain. 

0 Response to "Tidak Menguntungkan, 5 Aksesoris Mobil Ini Malah Membahayakan Keselamatan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel