Cara Mudah Mengatasi AC Mobil Wuling Mendadak Tidak Dingin

Cara Mudah Mengatasi AC Mobil Wuling Mendadak Tidak Dingin

lksotomotif.com - AC atau air conditioner menjadi perangkat yang sering dinyalakan  ketika berkendara. Mengingat Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis dengan suhu udara yang panas. Dengan menghidupkan AC pada mobil maka suhu ruangan kabin akan menjadi lebih sejuk. 

Udara sejuk pada kabin akan sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan dalam setiap berkendara. Karena fungsinya yang penting maka AC menjadi komponen pada mobil yang harus bisa bekerja ekstra keras setiap saat.

Tak jarang kerusakan AC pada mobil menjadi masalah besar bagi pengemudi, hal ini patut menjadi perhatian penting. Gejala awal kerusakan pada AC mobil biasanya ditandai dengan tidak dinginnya AC saat dinyalakan. 

Namun demikian ternyata penyebab ini bukan berasal dari kerusakan komponen yang mahal, seperti yang terjadi pada mobil Wuling Confero baru - baru ini yang mana ada beberapa keluhan dari pemilik bahwa AC mobil Wuling nya mendadak tidak dingin.

cara mengatasi ac wuling mendadak tidak dingin


Dari keterangan pemilik bahwa AC mobil mendadak tidak dingin ketika di Tol dengan kecepatan kurang lebih 100 - 120 Km/jam dalam kondisi cuaca hujan. Atas kejadian tersebut, pemilik menghubungi mekanik Wuling dan menyarankan untuk melepas soket yang ada di bagian selang filter udara ( saringan udara ) dan menghubungkan kembali. Hasilnya AC berhasil dingin kembali normal.

ac wuling tidak dingin pada kecepatan 120 km/jam

Senada dengan masalah pertama, ada juga pemilik yang mengeluhkan bahwa pada kecepatan diatas 120 Km/jam AC tidak dingin dan hanya anginnya saja yang berhembus. Namun dibawah kecepatan 120 Km/jam AC nya dingin kembali. 

Bagi yang paham akan komponen - komponen yang ada di mobil, mencabut soket pada selang saringan udara tidak menjadi masalah. Namun bagi orang awam mungkin akan menjadi masalah. Lantas soket mana yang harus dilepas, apakah ada solusi lain selain melepas soket tersebut ? 

Cara Mudah Mengatasi AC Mobil Wuling Mendadak Tidak Dingin

1. Mencabut Soket Sensor IATS Dan Memasangnya Kembali

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh pengemudi yaitu melepas soket IATS ( Intake Air Temperatur Sensor ). Sensor ini terletak tepat dibagian leher selang saringan udara. Fungsi sensor IATS adalah mengukur suhu udara yang masuk kedalam saringan udara. 



Untuk melakukan hal tersebut, lakukanlah pada lokasi yang aman dan tidak mengganggu pengendara lain. Jika Anda mengalami AC mendadak tidak dingin, hal utama yang harus Anda lakukan adalah pilihlah rest area untuk mengerjakan masalah tersebut. 

Sebelum Anda mencabut soket tersebut, pastikan mesin dalam kondisi mati dan cabut secara pelan - pelan soketnya. Ingat ya, soketnya bukan sensornya karena sensornya juga mudah terlepas dari bagian selang air filer, namun demikian itu juga mudah dipasang kembali. 

2.  Mengganti Relay AC

ganti relay ac untuk mengatasi ac wuling tidak dingin

Dari pengalaman pelanggan untuk mengatasi AC Wuling yang mendadak tidak dingin yaitu dengan cara mengganti Relay AC. Seperti penuturan diatas bahwa Wuling Confero ACT nya pernah mengalami hal yang sama, terkadang dinginnya hilang. Tepat pada total jarak tempuh 96 ribu. Jika Anda mengalami masalah seperti ini dalam perjalanan, maka bisa dengan mengganti sementara dengan relay foglamp ( lampu kota ). 

Seperti apa bentuk relay nya, berikut penampakannya pada kotak sekering.

ganti relay AC cara mengatasi AC wuling tidak dingin


Dari pengalaman pengguna diatas dapat disimpulkan bahwa kerusakan AC yang mendadak tidak dingin pada mobil Wuling bisa saja disebabkan oleh masalah sensor atau relay AC. Dengan demikian, kerusakan ini tidak begitu sulit diperbaiki dan tidak harus dibawa ke bengkel spesialis perbaikan AC. 

Mereka juga membuktikan bahwa untuk mengatasi  masalah diatas cara sangat mudah dan bisa diperbaiki sendiri. Dengan demikian, bagi Anda pemilik Wuling agar jangan terburu - buru membawa mobil Anda ke bengkel jika mengalami masalah diatas. 

0 Response to "Cara Mudah Mengatasi AC Mobil Wuling Mendadak Tidak Dingin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 1 ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 2 ( hapus sementara )

Iklan Bawah Artikel ( hapus sementara )