Panduan Cara Memasang Sistem Tempat Duduk Bayi, Anak Dan Balita Di Mobil

panduan_aman_memasang_tempat_duduk_bayi_anak_balita_di_mobil


lksotomotif.com - Memilih mengajak buah hati saat berkendara adalah pilihan yang baik. Selain mengajaknya untuk berjalan - jalan, ini juga akan membuat buah hati mendapatkan suasana yang berbeda. Namun demikian ada satu hal yang perlu diperhatikan saat Anda mengajak mengajaknya dalam menempuh jarak yang jauh. 

Faktor kenyamanan dan keselamatan menjadi sangat penting yang harus diperhatikan, mengingat usia mereka yang masih sangat muda rentan akan mengalami sakit atau lelah. Sehingga Anda harus memikirkan faktor tersebut dengan mempersiapkan sebaik-baiknya. 

Salah satu solusi untuk mendapatkan kenyamanan dan keselamatan yang terbaik adalah menggunakan tempat duduk khusus untuk bayi ( baby car carrier ), anak dan balita. Jenis Kursi  ini tidak terdapat pada mobil, Anda harus membelinya secara terpisah. 

Sistem Tempat Duduk Bayi, Anak Dan Balita

Sistem tempat duduk anak untuk anak kecil atau bayi harus dipasang dengan benar pada tempat duduk menggunakan sabuk pengaman. Anda harus membaca dengan baik petunjuk yang disertakan oleh pembuat sistem tempat duduk anak.

Untuk menyediakan tempat duduk, gunakan tempat duduk anak mengikuti petunjuk mengenai umur dan ukuran anak sesuai dengan tempat duduk tersebut. Pasang sistem tempat duduk anak dengan benar mengikuti petunjuk yang disediakan pembuat sistem tempat duduk tersebut. Petunjuk secara umum juga akan kami jelaskan pada gambar dibawah  ini.

Sistem tempat duduk anak harus dipasang di tempat duduk belakang. Menurut data statistik, anak kecil lebih aman jika duduk dengan benar di tempat duduk belakang daripada di tempat duduk depan.

tempat duduk bayi

tempat duduk anak

tempat duduk balita

2. Cara Memasang Tempat Duduk Bayi, Anak Dan Balita Yang Benar Di Mobil 

a. Memasang Tempat Duduk Bayi

Memasang tempat duduk bayi  dengan aman pada tempat duduk tengah menggunakan sabuk pengaman. Tempat duduk bayi hanya digunakan menghadap ke belakang. 

pemasangan yang salah tempat duduk bayi
Jangan memasang sistem tempat duduk anak di tempat duduk tengah jika mengganggu mekanisme kunci tempat duduk depan. Hal ini dapat mengakibatkan cedera serius atau bahkan kematian terhadap anak kecil dan penumpang depan jika terjadi kecelakaan atau pengereman mendadak.

Jika posisi tempat duduk pengemudi tidak memberikan cukup ruang untuk pemasangan, pasang di sebelah kiri tempat duduk tengah.


memasang tempat duduk bayi yang benar pada mobil
Pasang sabuk pinggang dan bahu melalui atau disekitar tempat duduk bayi menurut instruksi dari pembuat tempat duduk tersebut dan masukkan ujung gesper pada buckle. Pastikan sabuk tidak melintir dan pastikan sabuk pinggang kencang. 

  • Setelah memasukkan gesper, pastikan gesper dan buckle terkunci dengan aman dan sabuk pinggang
  • dan bahu tidak melintir.
  • Jangan memasukkan uang logam, klip, dll. ke dalam buckle karena dapat membuat gesper dan buckle tidak terkunci dengan sempurna .
  • Jika sabuk pengaman tidak terpasang dengan benar, maka anak kecil Anda tidak terlindungi dari kemungkinan cedera. Hubungi bengkel resmi kendaraan Anda segera. Jangan menggunakan sistem tempat duduk anak kecil sebelum sabuk pengaman di perbaiki. 
Peringatan diatas berlaku untuk semua pemasang kursi bayi, anak dan balita. 
memasang gesper tempat duduk bayi dengan benar

Pasang klip pengunci yang ada di dekat tab dari sabuk bahu dengan memasukkan sabuk pinggang dan
bahu melalui lekukan klip pengunci.

Ketika memasang klip pengunci, baca petunjuk yang tersedia dari tempat duduk anak dengan seksama dan pastikan telah terpasang dengan benar dan aman.

memastikan tempat duduk bayi terpasang sempurna



b. Memasang Tempat Duduk Anak

Memasang tempat duduk anak kecil dengan aman pada tempat duduk tengah menggunakan sabuk pengaman. Tempat duduk anak kecil digunakan menghadap ke depan atau ke belakang tergantung umur dan ukuran anak kecil tersebut. 

Ketika memasang ikuti petunjuk dari pembuat mengenai batasan umur dan ukuran anak yang dapat
menggunakannya dan juga petunjuk pemasangannya.

memasang tempat duduk anak di mobil

Pasang sabuk pinggang dan bahu melalui atau disekitar tempat duduk bayi menurut instruksi dari pembuat tempat duduk tersebut dan masukkan ujung gesper pada buckle. Pastikan sabuk tidak melintir dan pastikan sabuk pinggang kencang. 

memastikan tempat duduk anak terpasang dengan sempurna

c. Memasang Tempat Duduk Balita

Memasang tempat duduk balita  dengan aman pada tempat duduk tengah menggunakan sabuk pengaman. Tempat duduk anak hanya digunakan menghadap ke depan. 

tempat duduk balita di mobil


Posisikan balita pada tempat duduk balita. Pasang sabuk pengaman melalui atau sekitar tempat duduk balita dan anak kecil sesuai dengan petunjuk pembuat. Pastikan gesper terpasang pada buckle dan sabuk tidak terpuntir.

Pastikan sabuk bahu terpasang dengan benar disekitar bahu anak dan sabuk pinggang serendah mungkin pada pinggang anak. Lihat "Sabuk pengaman tipe 3-point emergency lock retractor". 

Pastikan sabuk bahu terpasang melintang pada bahu balita. Sabuk harus dijaga agar jauh dari leher, tapi
tidak turun dari bahu. Mengabaikan hal ini dapat mengurangi kemampuan perlindungan sabuk pengaman dan menyebabkan cedera serius atau bahkan kematian ketika terjadi kecelakaan atau pengereman mendadak.

Sabuk pinggang yang terlalu tinggi dan kendor dapat mengakibatkan cedera serius karena terlepas dari
sabuk pengaman saat terjadi tabrakan atau kejadian berbahaya lainnya. Jaga sabuk pinggang serendah
mungkin pada pinggang anak kecil.

Untuk keselamatan anak kecil, jangan memposisikan sabuk bahu di bawah lengan anak.

0 Response to "Panduan Cara Memasang Sistem Tempat Duduk Bayi, Anak Dan Balita Di Mobil "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel