Megacast Tesla Model Y Pertama Di Produksi Di Gigafactory Texas

megacast tesla model Y mulai diproduksi


lksotomotif.com - Tesla telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan mulai memproduksi megacast Model Y pertama di Gogafactory Texas. Tesla model Y akan diproduksi dengan teknologi  dengan paket struktur baterai yang baru. 

Paket Struktural Baterai Tesla Terbaru

Pada acara Battery Day tahun lalu, Tesla tidak hanya meluncurkan sel baterai terbaru 4680, tetapi juga arsitektur baterai baru yang dibangun di sekitar sel baru.

Ide ini terinspirasi oleh inovasi pada pesawat udara dalam membangun sayap pesawat sebagai tangki bahan bakar, yang mana seperti kita ketahui bahwa  tangki bahan bakar pada pesawat terletak pada bagian dalam sayap. 

ide penembangan struktur baterai Tesla terbaru

Seperti yang terlihat pada struktur tangki pesawat diatas, bahwa pada model lama ( A ) tagki terdiri dari struktur yang berbeda. Sedangkan pada model terbaru ( B ), struktur tangki sudah menyatu dengan rangka sayap pesawat.

Dari contoh tersebut, Tesla memutuskan untuk membuat paket baterai yang berfungsi juga sebagai struktur bodi, yang menghubungkan bagian bawah bodi mobil depan dan belakang.

Saat ini, Tesla membangun paket baterai dengan menggabungkan sel ke dalam modul, yang bila disatukan membentuk paket baterai. Paket baterai itu dipasang ke platform kendaraan.

tesla giga casting

Perbedaannya dengan konsep baru ini adalah Tesla tidak menggunakan modul dan malah membangun seluruh paket baterai sebagai platform struktural kendaraan, dengan sel baterai membantu memperkuat platform sebagai satu unit besar.

Dengan kemampuannya dalam bidang pengecoran raksasa, Tesla dapat membuat  rancangan yang dapat menghubungkan bagian bawah bodi belakang dan depan menjadi satu bagian yang besar ke paket struktural baterai ini. 

Kelebihan desain ini yaitu dapat mengurangi jumlah suku cadang yang dibutuhkan, berat total paket batrai. Sehingga pada kahirnya ini akan mengurangi berat kendaraan yang berdampak pada peningkatan efisiensi jarak tempuh kendaraan listrik ini. 

Dikutip via electrec.com, Tesla mengatakan bahwa pada awal tahun ini, mereka memperoleh gambar pertama dari paket baterai struktural baru Tesla yang dibuat dengan 4680 sel.

Tesla Megacasting

Sekarang Tesla telah mulai memproduksi bagian megacasting baru yang dipasang di setiap sisi paket struktural  baterai untuk membuat platform kendaraan menjadi 3 bagian sederhana yang baru ini.

Salah satu pakar casting,  Axel Turck membocorkan gambar bagian bawah bodi mobil megacast front-end pertama yang diproduksi oleh Tesla, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. 

pabrik Tesla mega casting

Pada gambar tersebut,  Anda dapat melihat para ahli casting dari Tesla yang mengenakan topi berlogo Tesla mengagumi casting baru yang sangat besar ini. Terlihat dari raut wajah dan ekpresi mereka ketika melihat inovasi ini. 

Casting memang sudah sangat lama digunakan pada Industri otomotif  untuk  melakukan pengecoran suku cadang mobil. Tetapi umumnya membatasi mereka membatasi ukuran gips, atau  umumnya hanya dibuat untuk bagian-bagian yang lebih kecil. 

Dalam beberapa tahun terakhir, Tesla telah mendorong batasan seberapa besar bagian pengecoran dapat menyederhanakan proses produksi. Turck menyebutkan bahwa megacast diproduksi di Texas dengan Indra Casting Machine .

Kami melaporkan awal tahun ini bahwa Tesla juga menerima pengiriman "gigapress" Idra di Gigafactory Texas, dan minggu lalu, mesin raksasa itu terlihat beroperasi untuk pertama kalinya dalam video drone.

Ahli tersebut juga menyebutkan bahwa bagian struktur casting  tersebut memiliki berat 130 kg (286 lbs).

Bagian tersebut akan digunakan dalam produksi Model Y di Gigafactory Texas, yang diharapkan akan dimulai pada akhir tahun ini.

0 Response to "Megacast Tesla Model Y Pertama Di Produksi Di Gigafactory Texas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel