Mengenal Tenaga Kuda ( Horse Power ), Satuan Tenaga Pada Kendaraan

james watt horse power

lksotomotif.com - Tenaga kuda ( horse power ) /  HP adalah satuan yang dipopulerkan oleh seorang insinyur yang bernama asli James Watt. Ia hidup pada tahun 1736 hingga 1819 dan terkenal akan keahliannya memperbaiki mesin uap. 

Suatu hari James Watt bekerja dipertambangan batu bara yang mengandalkan kuda-kuda pony untuk membantunya dalam mengangkat batu bara dari kedalaman. Karena memang dia adalah seorang insinyur, akhirnya ia pun tertarik untuk menghitung tenaga yang dikeluarkan oleh kuda-kuda tersebut untuk menarik hasil tambang. 

Dari hasil perhitungannya, rata-rata kuda poni dalam melakukan perkejaan 22.000 foot-pound dalam 1 menit. Kemudian ia pun menambahkan beban 50% lagi hingga pengukurannya berhenti pada titik paling maksimum 33.000 foot-pounds per menit. Dan inilah yang menjadi cikal bakal satuan yang digunakan untuk mengukur tenaga mesin. 

Sesuai dengan hasil perhitungan James Watt bahwa 1 kuda dapat melakukan pekerjaan 33.000 foot-pounds per menit. Dengan tenaga 1 Horsepower dapat menarik 330 pounds batubara dari kedalaman 100 feet ( 330 pound x 100 feet = 33.000 ) per menit. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa mengganti angka tersebut selama hasil akhirnya adalah 33.000 feet-pounds.

Pertanyaannya adalah apakah mungkin kuda dapat menarik  beban 33.000 pound batubara pada kedalaman 1 foot ( kaki ) dalam 1 menit ? tentu saja kuda tidak akan mungkin menarik beban sebesar itu. Selain itu juga mustahil membahayakan hanya membebani kuda 1 pounds dan harus berlari dengan kecepatan 33.000 kaki per menit. 

Nah untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan beberapa rangkaian katrol tertentu untuk memudahkan kuda melakukan pekerjaan tersebut dengan kecepatan dan kemampuan kuda.


a. 1 Horsepower sama dengan 746 watts. Jadi jika kita mengambil 1-horsepower kuda dan meletakknya pada sebuah treatmill, ia dapat memutar generator yang dapat menghasilkan 746 watts listrik.

b. 1 Horsepower (selama 1 jam) sama dengan 2545 BTU (British Thermal Unit). Jadi, jika kita ambil 746 watt untuk menyalakan penghangat listrik dalam 1 jam, ia dapat memproduksi 2545 BTU. BTU sendiri adalah jumlah energi yang dibutuhkan untuk menaikkan temperatur 1 derajat F dari 1 pound air.

c. 1 BTU sama dengan 1055 joule atau 252 gram-kalori atau 0,252 food kalori. Dengan kata lain, 1 kuda memproduksi 1 horsepower yang dapat membakar 641 Kalori dalam 1 jam dengan syarat efisiensi-nya adalah 100%.

Cara Mengukur Horse Power

Jika kita ingin mengetahui Horsepower ( HP ) tenaga mesin maka yang harus dilakukan adalah dengan mengukurnya. Alat untuk mengukur tenaga mesin adalah dynamo meter. Dinamometer bekerja dengan memberikan beban pada mesin tersebut dan mengukur jumlah tenaga yang bisa diproduksi oleh mesin tersebut dan berbanding terbalik dengan beban yang diberikan.

Cara mengukurnya yaitu nyalakan mesin dan biarkan mesin hingga berputar pada kecepatan tertentu, misalkan 7500 RPM. lalu kita beri beban bertahap hingga kecepatan putaran berubah dan kita catat sampai beban berapa mesin dapat bertahan pada kecepatan 7500 RPM. Selanjutnya kita beri beban kembali hingga putaran mesin turun pada kecepatan 6500 RPM. Pada tahap selanjutnya ditambah beban secara bertahap dan cacat hingga beban berapa mesin dapat bertahan.

Jadi sesungguhnya, Dynamometer mengukur besar torsi. Sedangkan untuk mendapatkan nilai HP, kita cukup mengalikannya dengan rpm/5252.

Kalo kita masukkan ke graph, maka kita bisa dapat kurva seperti dibawah:

mengukur torsi


Dari grapik diatas, dapat disimpulkan  bahwa semua mesin memiliki puncak Horsepower yaitu nilai rpm dimana power berada pada titik maksimum.

Hal lain yang dapat dilihat dari graphik adalah mengetahui letak dimana mesin memiliki power tertinggi. Jadi ketika kita ingin mendapatkan aselerasi yang cepat, maka kita akan menjaga agar mesin selalu dekat pada titik maksimum HP seperti yang terlihat pada graph.

0 Response to "Mengenal Tenaga Kuda ( Horse Power ), Satuan Tenaga Pada Kendaraan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 1 ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 2 ( hapus sementara )

Iklan Bawah Artikel ( hapus sementara )