Pemeriksaan Crankshaft Position Sensor ( CKPS ) Mesin Toyota Avanza

lksotomotif.com - Sensor cranskshaft position sensor ( CKPS ) pada mesin EFI  adalah  komponen yang memiliki fungsi penting akan kinerja mesin. Bahkan pada mesin Toyota Avanza generasi awal, jika sensor ini rusak mesin akan mati. 

Dan pada mesin Avanza yang terbaru, ketika sensor ini rusak mesin tidak mati namun idle mesin menjadi lebih kasar dan sulit untuk mencapai kinerja pada RPM tinggi. Ini karena ECU hanya mengandalkan data fail safe, bukan data sebenarnya ( actual ) dari sensor crankshaft. 

Secara umum sensor ini bekerja untuk menentukan pengapian pada busi dan mendeteksi putaran poros engkol ( crankshaft ) yang nantinya dikonversi menjadi RPM ( Round Per Minutes ) yang bisa dilihat oleh pengemudi pada cluster instrumen.

Cara kerja sensor CKPS  mengandalkan induksi elektromagnetic, ini hampir sama dengan cara kerja sensor camshaft. Secara bentuk pun, sensor ini hampir mirip dengan sensor camshaft sehingga Anda harus benar - benar mengetahui perbedaan dari keduanya. 

Bagi yang masih awam, untuk menentukan perbedaan sensor crankshaft dengan sensor camshaft pada mesin Avanza caranya mudah. Letak kedua sensor ini pada mesin Toyota Avanza berseberangan, sensor camshaft terletak dibelakang mesin dan sensor crankshaft terletak didepan mesin. ( lihat gambar dibawah ini )

sensor - sensor pada mesin avanza


Namun sebenarnya cara paling mudah untuk menentukan perbedaan kedua sensor ini pada semua mesin EFI caranya yaitu letaknya yang pasti berdekatan dengan komponen tersebut, maksudnya sensor camshaft pasti berbedakatan dengan camshaft dan sensor crankshaft pasti berdekatan dengan crankshaft.

Pemeriksaan Sensor Crankshaft Position Sensor ( CKPS ) Mesin Toyota Avanza

Cranskhaft position sensor ( CKPS ) pada mesin Toyota Avanza memiliki 2 ( dua terminal ). Terminal inilah yang bisa kita gunakan untuk mengetahui kerusakan pada sensor tersebut dengan cara mengukurnya. Dilihat dari kode susunan angkanya, bentuk soketnya adalah soket jantan.


terminal pada sensor toyota avanza


HUBUNGAN   TESTERKONDISI   SPESIFIKASI
1 ( + ) -    2 ( - )1.850   sampai 2.450 Ohm Pada suhu 20 derajat   celcius

Dengan menggunakan AVO meter, ukurlah kedua terminal tersebut dan lihatlah hasilnya. Jika hasil pengukurannya tidak sesuai dengan nilai pada tabel diatas maka gantilah sensor crankshaft dengan yang baru. 

Cara diatas adalah cara paling mudah untuk dilakukan oleh semua mekanik karena hanya mengandalkan alat ukur avo meter. Namun jika di bengkel Anda mempunyai alat scanner, ini juga bisa digunakan untuk meyakinkan kerusakan yang terjadi. 

0 Response to "Pemeriksaan Crankshaft Position Sensor ( CKPS ) Mesin Toyota Avanza"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 1 ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 2 ( hapus sementara )

Iklan Bawah Artikel ( hapus sementara )