Pemeriksaan Sensor Posisi Camshaft Toyota Avanza

lksotomotif.com - Mobil - mobil yang sudah mengadopsi teknologi electronic fuel injection ( EFI ) mengandalkan sensor - sensor yang tepasang di mesin yang berfungsi untuk mendeteksi komponen tertentu agar mesin dapat bekerja dengan baik. Salah satu mobil yang sudah menggunakan teknologi fuel injection yaitu Toyota Avanza. Salah satu sensor yang terdapat pada mesin EFI  yaitu sensor camshaft atau sering juga disebut Camshaft Positition Sensor ( CMP ).

Sensor camshaft adalah sensor yang mendeteksi posisi camshaft ( poros nok/bubungan ), dengan demikian maka posisi top kompresi pada setiap selinder akan terdeteksi. Dan perlu diingat bahwa sensor CMP berbeda dengan sensor crankshaft ( poros engkol ). 

Dalam bekerjanya, sensor CMP mengandalkan prinsip kerja induksi elektromagnetic. Secara umum, sensor ini terdiri dari dua komponen utama yaitu sensor yang diam yaitu sensor CMP itu sendiri dan sensor yang bergerak yang menempel pada poros nok.

Karena waktu pemakaian yang sudah lama mengakibatkan sensor ini sering mengalami kerusakan. Salah satu tanda kerusakan yang bisa dirasakan oleh pengemudi Toyota Avanza jika sensor CMP rusak yaitu mesin menjadi pincang dan sulit untuk mencapai kecepatan tinggi. Bahkan untuk mobil tertentu, mesin menjadi mati.

Untuk melakukan pemeriksaan sensor camshaft pada Toyota Avanza caranya sangat mudah. Pertama, kerusakan sensor secara umum akan mengakibatkan lampu check enggine menyala. Namun itu masih tidak bisa menjadi patokan utama karena bisa saja sensor yang lain yang rusak. 

Cara kedua yang bisa digunakan yaitu dengan bantuan scan tool, namun karna harnga alat ini yang mahal terkadang tidak semua bengkel memilikinya. 

Dan yang terakhir yaitu memeriksa tahanan langsung pada sensor camshaft itu sendiri. Cara ini realif sangat murah dan mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Dengan bermodalkan AVO meter, Anda sudah bisa mengetahui apakah sensor camshaft mobil Toyota Avanza tersebut bermasalah atau tidak. 

Pemeriksaan Sensor Posisi Camshaft Toyota Avanza

Pemeriksaan Sensor Posisi Camshaft Toyota Avanza

Dengan menggunakan AVO meter pada mode Ohm ( tahanan ), ukurlah tahanan sensor camshaft dengan menghubungkan di terminal 1 dan terminal 2. Karena mengukur tahanan, maka posisi terbalik tidak menjadi masalah. 

Hubungan   TesterKondisi   spesifikasi
1 (+) - 2 (-)1.850 sampai 2.450 Ω pada 20°C (68°F)

Spesifikasi tahanan standar yaitu 1.850 ohm sampai 2.450 ohm. Jika tahananya melebihi spesifikasi tersebut maka sensor camshaft rusak dan harus segera diganti baru. Tidak dianjurkan untuk dilakukan pembongkaran sensor dengan tujuan perbaikan, karena ini mengakibatkan sensor mengalami kerusakan kembali pada waktu yang tidak ditentukan. 

0 Response to "Pemeriksaan Sensor Posisi Camshaft Toyota Avanza"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel