6 Tips Memilih Asuransi Mobil Sesuai Kebutuhan

tips memilih asuransi mobil sesuai kebutuhan


lksotomotif.com - Saat ini banyak perusahaan keuangan yang menawarkan produk asuransi mobil. Oleh sebab itu, sebelum memilih asuransi mobil, alangkah baiknya harus selektif memilih sesuai kebutuhan. Prinsip teliti sebelum membeli perlu diterapkan sebelum memutuskan untuk membeli asuransi mobil  agar tak menyesal di kemudian hari.

Apalagi di tengah-tengah persaingan yang ketat saat ini,  hampir semua perusahaan keuangan  memiliki produk asuransi mobil yang berbeda - beda. Calon nasabah harus pintar - pintar  memilih yang mana yang layak diambil.

Sebelum memutuskan untuk memilih satu dari sekian produk asuransi mobil yang ditawarkan, alangkah baiknya untuk mengecek produk yang ditawarkan serta track record perushaan tersebut.

Berikut ini adalah 6 tips memilih asuransi mobil sesuai kebutuhan : 

Tips 1. Jenis Perlindungan Asuransi

Tentukan jenis perlindungan asuransi yang diinginkan. Ada beberapa jenis perlindungan asuransi mobil, salah satunya yaitu perlindungan secara menyeluruh (All Risk) yang  memberi proteksi  paling baik, namun demikian   Anda perlu memperhitungkan sisi ekonomisnya.

Lihat paket asuransi yang ditawarkan. Misalnya luas jaminan sampai seberapa banyak. Sebab, luas jaminan ini harus disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan calon nasabah.


Tips 2. Tidak Terpaku Oleh Biaya Premi

Calon nasabah jangan terpaku pada tarif premi murah. Sebab, dalam persaingan dewasa ini, banyak perusahaan asuransi yang banting harga, menawarkan tarif premi murah. Padahal belum tentu ada jaminan pelayanan.

Lihatlah  kredibilitas perusahaan tersebut, terutama dari segi pelayanan, penanganan klaim dan kemampuan keuangannya. Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa menanyakan kepada teman atau kerabat yang pernah menggunakan asuransi pada perusahaan tersebut.

Tips 3. Mencari Tahu Track Record Perusahaan

Banyak perusahaan asuransi yang kredibel dan bonafid, walau tanpa dukungan perusahaan re-asuransi. Namun tak ada salahnya mencari tahu track record perusahaan re-asuransi (bila ada). Sebab, banyak perusahaan asuransi mengklaim mereka adalah yang terbaik. Padahal kondisi keuangannya sudah sangat buruk.

Lihat pula jaringan dari perusahaan asuransi yang bersangkutan. Misalnya berapa banyak punya kantor cabang, sehingga begitu ada klaim tidak menunggu lama. Ini berguna saat Anda berencana  memperbaiki kendaraan atau melaporkan kendaraan yang hilang.



Tips 4. Menawarkan Keuntungan Tambahan

Tidak ada salahnya Anda untuk menanyakan apakah perusahaan asuransi tersebut  memberi benefit tambahan. Misalnya  seperti pelayanan klaim 24 jam, derek gratis, mobil pengganti, jaminan proses klaim 24 jam, jasa montir, mobil ambulans dan lain sebagainya. Dan  yang tidak  kalah pentingnya adalah kemudahan untuk melakukan perubahan-perubahan serta kemudahan dalam bertanya.

Tips 5. Melihat Jaringan Bengkel Asuransi Tersebut

Perusahaan asuransi mobil yang bagus pasti mempunyai jaringan bengkel yang baik di setiap wilayah. Tidak ada salahnya  Anda melihat jaringan bengkel rekanan perusahaan itu. Berapa jumlahnya, dimana lokasinya dan bagaimana kualitas bengkel-bengkel tersebut. Ini memudahkan Anda untuk memperbaiki mobil yang rusak dalam waktu yang cepat.


Tips 6. Memahami Hak Dan Kewajiban Anda

Sebelum Anda memutuskan untuk memilih asuransi mobil, pahami betul apa saja hak dan kewajiban Anda. Apa yang boleh Anda lakukan dan apa yang tidak. Apakah ada pengecualian dalam kontrak polis dan  apa untung ruginya bagi Anda. Ini penting agar tidak terjadi kesalapahaman ketika Anda mengajukan claim.


Selain yang tersebut di atas, masih ada beberapa faktor yang seharusnya dipertimbangkan dalam proses memilih suatu perusahaan asuransi mobil  termasuk dalam memilih produk. Hal yang perlu diingat bahwa dalam memilih perusahaan asuransi swasta, maka yang harus dipertimbangkan secara umum adalah tiga faktor.

Pertama, kekuatan keuangan (security). Kedua, jasa (service). Dan ketiga, biaya atau beban. Kekuatan keuangan asuransi menyangkut kemampuan keuangan perusahaan tersebut untuk memenuhi janjinya jika keadaan membutuhkan. 

Hal ini penting untuk diketahui oleh calon nasabah, karena faktanya  tidak sedikit perusahaan asuransi yang terlihat sangat baik. Misalnya gedungnya bertingkat, kendaraan para petingginya  bagus-bagus. Tetapi ketika  terjadi klaim dari nasabah, perusahaan tersebut tidak mampu membayar.

0 Response to "6 Tips Memilih Asuransi Mobil Sesuai Kebutuhan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 1 ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 2 ( hapus sementara )

Iklan Bawah Artikel ( hapus sementara )