Waktu Yang Tepat Mengganti Timing Belt Mobil Toyota Dan Dampaknya Jika Tidak Segera Diganti

Timing belt adalah sabuk yang menghubungkan putaran pada poros engkol ( crankshaft ) dan poros nok ( camshaft ). Pada mesin terdapat 3 jenis mekanisme penggerak katup yaitu timing gear, timing belt dan timing chain.

Namun saat ini mesin - mesin modern lebih banyak menggunakan timing jenis belt ( timing belt ./ sabuk ). Salah satu pemilihan jenis timing belt sabuk adalah karena tidak memerlukan pelumasan serta tdak mengeluarkan suara yang kasar. Ini sangat berbeda dengan timing chain ( jenis rantai ) dan timing gear.

Waktu Penggantian Timing Belt 

Pada mobil - mobil Toyota terbaru penggantian timing belt dilakukan per interval jarak tempuh 150.00 Km. Mudahnya untuk mengetahui timing belt sudah harus diganti adalah hidupnya lampu notifikasi timing belt pada cluster insterumen.

waktu yang tepat mengganti timing belt toyota innova dan fortuner
Sumber : Fb. Ariefani

Dikutip dari keterangan Geoffrey Luis dari PT. Marga Jaya Nusagenta Bekasi, lampu indikator timing belt bewarna kuning menandakan peringatan untuk berhati - hati dan segera lakukan pengecekan di bengkel dan disarankan untuk mengganti timing belt dengan yang baru.

Sedangkan pada tingkat selanjutnya, lampu timing belt berubah menjadi warna merah yang menandakan harus segera dilakukan penggantian timing belt

Pada ECU mobil Toyota Fortuner dan Innova diesel, pabrikan telah menset lampu timing belt menyala per interval 150.000 Km dan disarankan untuk dilakukan pergantian dalam waktu dekat.

Timing belt Toyota Innova dan Fortuner pada ujicobanya bisa sampai digunakan pada interval jarak 200.000 Km ( lebih 5.000 Km ). Namun karena setiap beban kendaraan berbeda - beda maka Toyota menetapkan angka 15.000 Km sebagai patokan amannya.

Jadi, jika ini terjadi pada saat Anda melakukan perjalanan panjang dan belum mendapatkan bengkel maka banyak para pakar menyarankan bisa digunakan dengan kondisi santai dan tidak digeber RPM tinggi.

Jika memungkinkan untuk diganti di bengkel biasa itu juga baik, dan riset lampu timing belt bisa selanjutnya dilakukan di bengkel resmi atau melakukan reset timing belt sendiri.

Baca juga : Cara Rest Manual Lampu Timing Belt Toyota Innova dan Fortuner Secara Sendiri.


Dampak Jika Timing Belt Tidak Segera Diganti

bahaya jika tidak mengganti timing belt

Seperti yang terlihat pada gambar diatas bahwa timing belt adalah sabuk yang menghubungkan crankshaft ( poros engkol ) dengan camshaft ( poros nok ). Dengan adanya timing belt maka putaran poros engkol dan poros nok menjadi sinkron yang mana ini akan menjadikan katup dan piston bekerja sesuai dengan keinginan mesin. 

Jika timing belt putus maka kerja katup dan piston menjadi tidak sinkron dan ini sangat berbahaya karena bisa terjadi tabrakan. Jika demikian maka proses perbaikannya memakan waktu yang lama dan membutuhkan biaya yang banyak. 


Harga timing belt Toyota yang original bersikar 500.000 dan ini tidak termasuk biaya pemasangan. 

0 Response to "Waktu Yang Tepat Mengganti Timing Belt Mobil Toyota Dan Dampaknya Jika Tidak Segera Diganti"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 1 ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 2 ( hapus sementara )

Iklan Bawah Artikel ( hapus sementara )