Cara Memeriksa Dan Mengisi Oli Transmisi Dan Oli Gardan ( Difrensial )

Sistem pelumasan yang ada pada mobil bukan hanya pada mesin melainkan juga pada komponen - komponen lain yang bergerak. Selain mesin, 2 ( dua ) komponen pada mobil  yang memerlukan pelumasan yaitu transmisi dan gardan ( difrensial ).

Transmisi adalah komponen yang bergerak menerima putaran dari mesin yang berfungsi merubah putaran / tenaga sesuai dengan keinginan pengemudi yang dioperasikan dengan memindahkan tuas transmisi.

Sedangkan gardan / difrensial adalah komponen terakhir yang menerima putaran dari transmisi yang selanjutnya akan diteruskan ke roda agar berputar sebagai penggerak. Pada gardan terdapat mekanisme final gear sebagai pembanding putaran dari mesin ke roda. Selain itu, dengan adanya difrensial putaran roda kanan dan kiri dapat berbeda sesuai dengan kondisi kendaraan.

Karena fungsinya yang berat maka kedua komponen ( transmisi dan gardan ) memerlukan pelumasan agar tetap bekerja secara optimal. Begitu juga dengan jenis oli yang digunakan juga memiliki perbedaan dengan oli mesin.

Cara Memeriksa Oli Transmisi dan Oli Gardan


Pemeriksaan oli transmisi dan oli gardan dapat  dilakukan  melalui baut pengontrol. Letak baut tersebut selalu di bawah garis sumbu poros (t). Volume/isi oli dikatakan cukup bila permukaannya masih dapat dicapai dengan jari.

cara memeriksa oli transmisi dan oli gardan

Cara pemeriksaannya pun cukup mudah yaitu kendorkan baut pengontrol dan masukkan jari Anda. Jika jari mencapai oli, maka level oli pada kondisi baik. Sedangkan bila oli tidak terjangkau oleh jari kemungkinan oli sudah berkurang dan perlu ditambah atau diganti. Umumnya penggantian oli transmisi dan oli gardan pada interval 40.000 Km. Sedangkan pada transmisi automatic diganti per 80.000 Km.

Selain pemeriksaan level oli, jangan lupa juga untuk diperiksa kebocoran pada seal - seal. Karena ini yang sering terjadi pada transmisi dan gardan. Kebocoran seal yang dibiarkan akan menyebabkan oli menjadi cepat berkurang dan ini sangat berbahaya.


Cara Mengisi Oli Transmisi Dan Oli Gardan

Persyaratan  saat mengisi oli  transmisi dan oli gardan yaitu  kendaraan harus berada pada posisi datar (tidak miring). Oli dapat diisikan dengan menggunakan bantuan alat pompa tangan . Untuk oli transmisi gunakan oli SAE 90, sedangkan untuk oli gardan diperlukan oli roda gigi dengan spesifikasi GL 5 atau 6. 

cara mengisi oli transmisi dan oli gardan

Pada transmisi otomatis, tinggi permukaan oli diukur melalui batang pengontrol oli. Pengukuran harus dilakukan ketika mesin hidup  pada temperatur kerja  dan tuas transmisi di posisi P.

cara mengecek oli transmisi automatic

  • Kontrol : F = maksimum, L = minimum
  • Tinggi permukaan berubah sesuai temperatur oli transmisi . Dalam keadaan dingin , kadang-kadang permukaan oli tidak mencapai batang pengukur.
  • Penambahan oli dilakukan melalui pipa batang pengontrol.
  • Gunakan corong untuk mengisi oli . Hati-hati kotoran tidak boleh masuk (misal : benang-benang lap) karena bisa mengganggu kerja transmisi.
  • Gunakan hanya oli khusus ATF.


0 Response to "Cara Memeriksa Dan Mengisi Oli Transmisi Dan Oli Gardan ( Difrensial )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 1 ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 2 ( hapus sementara )

Iklan Bawah Artikel ( hapus sementara )