Ini Rahasia Mengapa Teknologi Mobil Listrik Tesla Sulit Untuk Di Curi Oleh Kompetitornya

rahasia mengapa teknoloi tesla sulit untuk ditiru


lksotomotif.com - Berbicara jiplak menjiplak sepertinya bukan perkara yang sulit untuk sebuah perusahaan otomotif kelas dunia.  Buktinya saat ini banyak sekali kita temukan teknologi dan bentuk kendaraan yang rata - rata hampir mirip, padahal mereka berbeda pabrikan.

Ini sangat wajar karena memang keterbatasan manusia dalam mengeksplorasi untuk selalu menciptakan sesuatu yang berbeda dari yang lainnya. Bukan hanya berbeda, namun juga harus memiliki nilai jual. Jadi jangan heran jika jiplak menjiplak teknologi dan bentuk mobil antar pabrikan  adalah hal lumrah yang sudah tidak dapat ditutupi.

Penulis sendiri pernah melihat  hal ini ketika beberapa kali berkunjung ke ATPM pabrikan mobil Jepang. Tidak sengaja menemukan bahwa di dalam area tersebut mereka membeli mobil dari merek rival nya dan membedah semua yang ada didalam mobil tersebut. Pembedahan tersebut pun bukan dilakukan oleh orang lokal, melainkan langsung dari Jepang. Penulis berkeyakinan itu dilakukan oleh tim  RnD.

Bukan hanya sekali, dilain tempat penulis juga pernah melihat di ATPM berbeda sedang dilakukan pengujian mobil merek berbeda dengan yang mereka produksi. Penulis berkesimpulan bahwa mereka sedang melakukan compare ( perbandingan ) dengan produk mereka sendiri.

Artinya, sangat mudah bagi produsen - produsen otomotif untuk menjiblak setiap jengkal dari produk rivalnya yang baru merilis produk baru.

Namun sepertinya itu tidak terlalu berguna untuk meniru  mentah - mentah teknologi yang ada pada mobil listrik Tesla. Pada beberapa artikel berbahas inggris penulis dan forum tanya jawab menemukan banyak informasi bahwa ternyata perusahaan - perusahaan otomotif dunia memilih untuk berhenti menjiblak  teknologi pada mobil listrik Tesla.

Salah satu alasannya adalah bahwa setelah melakukan pembongkaran, mereka menemukan banyak teknologi elektronik yang terpasang,  namun mereka sendiri belum pernah membuat atau mempelajarinya.

Lantas apa rahasianya mengapa teknologi mobil listrik Tesla sangat sulit untuk di curi ? 


Untuk meniru bagian luar kendaraan seperti bentuk bodi, bentuk lampu dan grill adalah perkara mudah. Anggaplah perusahaan - perusahaan kompetitor Tesla dapat membuat bagian - bagian ini dengan bentuk yang hampir mirip.

Namun pekerjaan yang paling utama adalah mencontoh  teknologi pada pemindah tenaga ( power train ). Power train menjadi jantung utama Tesla yang dipenuhi dengan misteri teknologi elektronik terkini. Ini menjadi dapur paling rahasia yang tidak dapat ditiru oleh siapapun.

teknologi power train Tesla yang sulit di curi


Banyak orang mengatakan bahwa Tesla adalah open source dan siapa pun dapat mencontoh teknologinya.  Atau bahwa segala sesuatunya mudah ditiru jika cukup sumber daya yang digunakan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan bahwa paten bukanlah 'dapur rahasia'.  Yang mana sebenarnya Tesla memegang prinsip seperti yang  Coca Cola lakukan untuk merahasiakan resepnya. Tesla mengemas widget tertentu dan akan dipatenkan jika itu baru dan unik.

Kebanyakan perusahaan - perusahaan otomotif dunia mengandalkan pabrikan outsourcing untuk mengembangkan perangkat pada mobil yang akan mereka buat. Perusahaan otomotif umumnya melakukan outsourcing elektronik ke pemasok seperti Magna, Delphi (sebelum bagian dari GM), Visteon (sebelum bagian dari Ford), Denso (sebelum bagian dari Toyota), dan lain - lain.

Sedangkan Tesla telah mengembangkan perangkat elektronik  ini di pabriknya sendiri tanpa ada campur tangan perusahaan lain. Inilah dapur rahasia yang Tesla lakukan, sehingga  sangat sulit untuk dicuri oleh pabrikan - pabrikan otomotif lainnya.

Bahkan dalam sebuah artikelnya, asia.nikkei.com menuliskan jika insiyur - insyur Toyota telah tetinggal sejauh 6 Tahun dalam hal pengembangan mobil listrik.

Bisakah mereka menyusul? Tentu, tetapi apakah Anda akan membeli komputer yang telah berusia 6 tahun, sedangkan komputer yang baru jauh lebih baik kwalitasnya dan harganya juga sama.

0 Response to "Ini Rahasia Mengapa Teknologi Mobil Listrik Tesla Sulit Untuk Di Curi Oleh Kompetitornya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel