Fungsi Dan Cara Kerja Oil Pressure Sensor ( Sensor Tekanan Oli ) Serta Gejala Kerusakannya

fungsi dan cara kerja oil pressure sensor pada mobil


Oil Pressure Sensor - Oli pressure sensor  ( sensor tekanan oli ) adalah komponen elektronik yang termasuk dalam kategori sensor pada mesin. Walaupun tidak termasuk dalam kategori komponen utama pada mesin, namun sensor ini mempunyai fungsi yang sangat vital bahkan lebih penting dibanding dengan sensor - sensor yang masuk dalam kategori engine magement.

A. Fungsi Oil Pressure Sensor ( Sensor Tekanan Oli )

Oil pressure sensor ( sensor oli ) adalah komponen sensor berfungsi mendeteksi kuantitas ( volume ) oli pada mesin. Komponen ini  terletak  pada bagian blok silinder yang biasanya terpasang pada bagian samping.

Seperti kita ketahui oli merupakan cairan pelumas pada mesin yang mempunyai fungsi sangat vital. Selain kualitas oli yang baik, kuantitas ( volume ) oli pada mesin juga tetap harus terjaga. Oli yang berkurang akan mengakibatkan sistem pelumas pada mesin bermasalah dan ini akan berdampak pada setiap gerakan komponen - komponen didalam mesin.

Jika komponen - komponen pada mesin tidak mendapatkan pelumasan yang sesuai maka setiap gesekan yang terjadi akan menimbulkan panas yang berlebih dan panas ini akan mengakibatkan material tersebut memuai. Ciri awal mesin akan manti mendadak jika oli bermasalah dan yang paling parah komponen pada mesin akan gosong ( terbakar ). Ini sangat berbahaya dan sangat merugikan karena memerlukan biaya yang besar untuk perbaikan.

B. Cara Kerja Lampu Oil Pressure Sensor ( Sensor Tekanan Oli ) 

Sebagai pengguna tentunya Anda wajib tahu bagaimana ciri - ciri oil pressure sensor bekerja dengan baik. Anda tidak harus memikirkan bagaimana cara kerja komponen tersebut, namun cukup perhatikan saja oil lamp ( lampu oli ) yang ada pada instrumen cluster mobil Anda. 

Oil Pressure Sensor Bekerja Dengan normal 

  • Pada saat kunci kontak ON, mesin mati lampu oli harus hidup ( menyala )
  • Pada saat kunci kontak ON, mesin berputar lampu oli harus mati ( jika meredup, ini pun harus segera dilakukan pemeriksaan )

Oil Pressure Sensor Bekerja Tidak Normal

  • Pada saat kunci kontak ON, mesin mati lampu oli tidak menyala
  • Pada saat kunci kontak ON, mesin berputar lampu oli juga tidak menyala
  • Pada saat kunci kontak ON, mesin mati lampu menyala dan pada saat kunci kontak ON mesin berputar lampu tetap menyala.
Ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang pemilik mobil baru yang belum mengetahui cara kerja lampu sensor oli. Ini sangat mudah dan kami yakin Anda bisa memahaminya dengan baik. 

C. Jenis - Jenis Dan Cara Kerja Oil Pressure Sensor ( Sensor Tekanan Oli )

1. Jenis Oil pressure sensor ( sensor oli ) terbagi menjadi 2 ( dua )  yaitu : 

  1. Oil Pressure Sensor Jenis  Mekanik 
  2. Oil Pressure Sensor Jenis   Elektronik ( Digital )
jenis - jenis oil pressure sensor ( sensor tekanan oli )

Oil pressure jenis mekanis digunakan pada mobil - mobil lama atau mesin - mesin umum berkapasitas besar. Sedangkan pada mobil - mobil keluaran terbaru, Anda sudah tidak akan menemukannya lagi melainkan sudah digantikan hanya dengan simbol oli berwarna merah pada cluster instrumen di dasbord mobil Anda. 

2. Cara Kerja Oil pressure sensor ( sensor oli )


  • Cara Kerja Oil Pressure Jenis Mekanik

cara kerja sensor oli jenis mekanis
Tekanan oli yang masuk kedalam sensor melalui main oil galery akan menggeraknna changing resistansi yang berada didalam sensor. Tahanan yang terjadi pada changing resistance ini berubah - ubah sesuai dengan tekanan oli. 

Nilai tahanan pada changing resistance ini selanjutnya dikirim ke oil pressure gauge yang bisa dilihat oleh pengemudi untuk mengetahui kuantitas ( volume ) oli pada mesin. Jika tekanannya sesuai dengan standart maka volume oli baik. Sedangkan bila tekanannya lebih kecil berarti oli sudah mulai berkurang dan harus segera diambil tindakan. 

  • Cara Kerja Oil Pressure Jenis Elektronik ( Digital )
cara kerja sensor oli jenis digital

Pada jenis digital, volume oli tidak ditunjukkan dengan jarum analog melainkan hanya dengan hidupnya lampu indikator oli pada cluster instrumen mobil. Jadi pada jenis ini, sensor tidak memiliki resitansi yang dapat berubah - ubah, hanya bersifat seperti saklar On dan Off. 

Pada saat mesin mati, maka tidak ada tekanan oli pada ruang apply oil pressure sehingga contac point masih dalam kondisi bersatu ( pada konsisi normal ). Menempelnya contac point tersebut akan menyebabkan lampu indikator oli menyala. 

Sedangkan pada saat mesin hidup, terjadi tekanan oli pada Apply Oil Presure yang akan mendorong Diafragma. Dorongan ini akan menyebabkan contac point terpisah ( putus ) yang mengakibatkan lampu indikator oli mati. Dan ketika mesin dimatikan, contac point akan kembali menyatu akibat dari dorongan pegas ( spring ) yang ada diatasnya. 

C. Gejala Kerusakan Oil Pressure Sensor ( Sensor Oli )

Volume oli yang berkurang pada mesin Anda akan berdampak pada kerusakan mesin yang berat. Oleh karena itu mengetahui gejala kerusakan sensor ini menjadi hal penting yang wajib diketahui oleh pemilik kendaraan. 

Berikut ini adalah gejala - gejala kerusakan oil pressure sensor : 

1. Lampu Indikator Oli  Terus Menyala

Lampu oli akan memberikan informasi kepada pengemudi tentang kondisi volume oli pada mesin. Jika pada saat mesin hidup lampu oli tetap menyala, sedangkan ketika Anda periksa volume oli ternyata masih dalam batas yang baik berarti terjadi kerusakan pada lampu indikator oli. 

Untuk memperoleh hasil pengukuran oli yang benar yang Anda lakukan, kami sarankan Anda untuk membaca artikel kami sebelumnya Cara Benar Memeriksa Kualitas Dan Kuantitas Oli Mesin

2. Lampu Indikator Oli Terus Berkedip 

Dalam beberapa kasus, lampu tekanan oli terus menerus berkedip saat mesin hidup. Ini sangat mengkhawatirkan bagi pengemudi karena mengindikasikan level oli lebih rendah dari level standar. Dari pada Anda stres karena harus terus menerus memerika level oli, maka kami anjurkan segeralah ganti sensor dengan yang baru. 

3. Pengukur Tekanan Oli Nol ( Untuk Jenis Mekanis )

Sebagian besar mobil yang lebih tua memiliki pengukur mekanik yang sebenarnya yang membuat pengemudi membaca tekanan oli. Jika pengukur ini membaca nol bahkan ketika level oli ada pada level yang sudah sesuai, maka sensor tekanan oli mungkin bermasalah. 

0 Response to "Fungsi Dan Cara Kerja Oil Pressure Sensor ( Sensor Tekanan Oli ) Serta Gejala Kerusakannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel