Bagaimana Cara Mengetahui Tekanan Udara Ban Mobil Yang Tepat ?

cara menentukan tekanan udara ban yang tepat


Apakah Anda merasa bingung untuk menggunakan tekanan udara ban yang tepat pada kendaraan Anda ? tidak usah khawatir, karena ini memang pertanyaan umum yang sering membingungkan bagi sebagian pemilik mobil.

Pada artikel ini kami akan berbagi pengetahuan tentang menentukan tekanan udara ban yang sesuai dengan kondisi saat berkendara. Seperti kita ketahui, mobil yang diisi oleh sedikit orang dengan banyak orang mempunyai tekanan yang berbeda.

Bukan hanya itu, terkadang pemilik mobil juga dengan sengaja membeli velg aftermaket untuk mempercantikan penampilan mobilnya. Dan tentu saja ini juga berpengaruh terhadap panduan tekanan ban standar bawaan pabrik.

Untuk kondisi roda yang tidak ada perubahan ( masih dalam kondisi seperti bawaan ), mengetahui tekanan udara pada ban sangatlah mudah. Ada beberapa informasi terkait ini yang bisa pemilik mobil lihat. Seperti pada buku panduan, atau stiker tekanan udara yang ditempel pada bagian pintu dan juga terkadang ditmukan pada tempat penyimpanan ban cadangan.

Anda mungkin melihat stiker label tersebut namun sama sekali tidak mengerti maksudnya, tidak perlu khawatir. Karena pada artikel ini kami akan membantu menjelaskannya pada Anda.

membaca label tekanan ban yang benar


Anda mungkin melihat label itu dan sama sekali tidak mengerti apa-apa, tetapi jangan khawatir saya akan menjelaskan semuanya kepada Anda. Hal pertama yang harus Anda periksa adalah ukuran ban yang Anda miliki. Karena pada kebanyakan label, ada banyak ukuran ban yang berbeda. Anda akan menemukan sesuatu seperti 195/65 - 16,  itu ukuran ban Anda

Apa maksud dari Cold Tyre Inflation Pressure pada ban ? 

Itu adalah tentang tekanan ban pada saat kondisi dingin. Jadi itu adalah panduan utama tekanan ban ketika ban dalam kondisi dingin. Mengapa itu penting ? sebab memeriksa tekanan ban pada kondisi ban dingin dengan ban kondisi panas mempunyai hasil yang berbeda.


  • Ban dingin - Tekanan Lebih Rendah
  • Ban panas - Tekanan lebih tinggi

Ada beberapa faktor perbedaan tekanan seperti ukuran ban dan lain - lain. Namun pada umunya perbedaan tekanan pada kondisi dingin dengan panas yaitu 0,4 bar ( 6 Psi ).

Apakah Saya Bisa Memeriksa Tekanan Ban Sendiri ? 

Anda bisa memeriksa tekanan udara pada ban mobil Anda di rumah. Karena ini adalah cara yang mudah dan kami yakin semua orang bisa melakukan ini. Alat yang dibutuhkan juga tidak terlalu sulit, hanya mengandalkan Tyre Pressure Gauge ( alat pengukur tekanan ban ).

tyre pressure gauge mengukur tekanan ban yang mudah

Ini juga dianjurkan oleh para ahli agar Anda dapat memeriksa tekanan ban secara berkala untuk memastikan bahwa saat Anda mengemudi ban mobil tidak dalam tekanan rendah.

Untuk mengisi tekanan udara pada ban, Anda harus menggunakan udara bertekanan. Anda dapat membawa mobil ke tukang tambal ban, bengkel atau pom pengisian bahan bakar.

Label Tekanan Ban di Mobil Saya Memiliki Nilai yang Berbeda - Beda tergantung Berapa Banyak Penumpang dan Bebannya

Ya, ini memang betul adanya pada label tekanan ban di mobil. Tekanan udara pada ban mobil harus disesuaikan dengan jumlah penumpang atau beban yang diangkut. Secara garis besar, berikut panduannya.


  • Beban  berat  - Tekanan Tinggi
  • Beban rendah - Tekanan lebih rendah

Mana Yang Lebih Baik ? Sedikit Diatas Tekanan Yang Disarankan Atau Dibuat Lebih Rendah ?

Para ahli merekomendasikan bahwa mengemudi dengan tekanan udara sedikit lebih tinggi dari yang disarankan adalah lebih baik. Pada ban yang sudah tua, memang akan mengakibatkan bagian benang pada tengah ban menjadi cepat lebih aus.

Namun ini tidak terlalu berdampak terhadap ban dengan kwalitas baru dan tidak bermasalah untuk menaikkan tekanan 0,1 - 0,3 bar ( 1-4 Psi ) dari tekanan standar.

Bahkan mobil - mobil keluaran terbaru yang sudah dilengkapi dengan sensor tekanan ban ( Tyre Pressure Monitoring System ) dengan tekanan standar misalkan 2,5 bar ( 36 Psi ) dan Anda mengisi tekanan dengan tekanan tersebut, ternyata lampu indikator menyala yang memberikan informasi bahwa ban kekurangan tekanan.

Jadi secara umum, selalu tambahkan 0,1-0,2 (1-3 psi) lebih tinggi dari  tekanan dari pada label memberitahu yang ada di Mobil Anda.

Sayang Telah Mengganti Velg Standar Dan Ban Dengan Produk Aftermarket. Bagaimana Saya Menentukan Tekanan Ban Yang Tepat ? 

Jika Anda telah melakukan modifikasi dengan mengganti velg dan ban dengan produk aftermarket, Anda dapat bertanya kepada penjual mengenai tekanan ban yang sesuai. Namun demikian, jikapun itu tidak sesuai maka Anda bisa menggunakan pada label tekanan ban standar dan sedikit menaikkan tekanan.

Seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa tekanan udara sedikit diatas yang dianjurkan itu lebih baik dibanding ban dalam kondisi kekurangan tekanan udara.

  • Ukuran ban normal mobil berukuran kecil (sekitar 185/55 - 15) ~ 2,1 bar (30 psi
  • Ukuran ban normal Mobil berukuran sedang  (sekitar 195/55 - 16) ~ 2,5 bar (36 psi)
  • Ukuran ban normal mobil ukuran besar (sekitar 265/45 - 18) 2,9 bar (42 psi)

Secara umum, jika Anda memiliki pelek yang lebih besar dengan profil ban yang lebih rendah, Anda harus menggunakan tekanan yang lebih tinggi.

Ketika Anda memaksakan untuk mengendarai mobil dengan kondisi ban kekurangan tekanan, itu akan dapat merusak  ban bahkan velg nya. Selain itu, penggunaan bahan bakar juga menjadi lebih boros, karena mesin harus memutarkan ban yang semakin berat. Pengontrolan kendaraan juga semakin sulit untuk dikendalikan.

0 Response to "Bagaimana Cara Mengetahui Tekanan Udara Ban Mobil Yang Tepat ? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel