Cara Mengencangkan Dan Mengendorkan Baut Kepala Silinder Mesin Mobil Yang Benar

Kepala silinder adalah komponen mesin yang termasuk dalam kategori tidak bergerak. Kepala silinder ( cylinder head ) adalah komponen yang menutup lubang silinder juga sebagai tempat menempelnya mekanisme katup.

Bentuk kepala silinder yang panjang, mengakibatkan dibutuhkannya beberap baut pengencang. Ini bertujuan agar kepala silinder tidak mengalami masalah seperti kebalingan yang sering terjadi.

Jumlah baut pengencang kepala silinder rata - rata berjumlah 8 - 10 buah namun terkadang lebih dari itu tergantung besar mesinnya. Dengan demikian, maka untuk proses pengencangannya tidak boleh sembarangan.

Mengapa ? karena kesalahan dalam proses pengencangan mengakibatkan kepala silinder tidak rata, yang mana ini akan berdampak terhadap kinerja mesin. Jadi sudah seharusnya bagi Anda calon mekanik untuk mengetahui dengan benar cara mengencangkan dan melepas baut kepala silinder mesin mobil.


A. Cara Mengencangkan Baut Kepala Silinder Mesin Mobil

Untuk memperlancar dan mempermudah proses pengencangan kepala silinder, maka dibutuhkan beberapa komponen pendukung yaitu :

1. Peralatan 

Peralatan yang dipergunakan untuk mendukung proses pengencangan  yang benar  dan harus dipersiapkan sebelumnya adalah 

2. Bahan

Bahan - bahan  yang diperlukan untuk mendukung proses pengencangan kepala silinder yaitu : 

  • Paking silinder yang baru
  • Grease
  • Kain Lap

3. Langkah Kerja

  • Besihkan permukaan blok silinder dengan kain bersih dan pastikan tidak ada bekas kotoran paking yang menempel ataupun kotoran lain
  • Pasang packing silinder head dengan benar, pastikan ini jangan sampai terbalik. Jika masih ragu, lihatlah buku manual perbaikan
  • Letakkan kepala silinder tepat berada diatas paking yang sudah dipasang sebelumnya
  • Lumasi semua baut dengan oli secukupnya
  • Putar semua baut pengencang dengan menggunakan tangan hingga semuanya benar - benar mudah masuk kedalam lubang baut ( jika masih ada yang sulit/keras, pastikan baut tidak miring )
  • Kencangkan baut dengan kunci sock sesuai dengan ukuran dan ikuti proses pengencangan seperi pada gambar dibawah ini. ( Proses pengencangan dimulai dari baut bagian dalam kearah baut bagian luar ).
cara mengencangkan baut kepala silinder

  • Setelah dikencangkan menggunakan kunci sock, selanjutnya kencangkan dengan kunci momen dengan kekuatan yang sudah ditentukan pada buku manual. Untuk proses pengencangan menggunakan kunci momen juga harus sesuai dengan proses gambar diatas.

cara mengencangkan baut mekanisme katup rocker arm

  • Selanjutnya adalah proses pengencangan mekanisme katup ( rocker arm ). Proses pengencangan bautnya pun juga sama seperti mengencangkan baut kepala silinder. Contoh seperti pada gambar diatas. 

B. Cara Mengendorkan Baut Kepala Silinder Mesin Mobil

Nah untuk mengendorkan baut kepala silinder juga tidak boleh sembarangan. Seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa kesalahan dalam pengencangan dan pengendoran dapat mengakibatkan kerusakan pada kepala silinder itu sendiri. 

Oleh sebab itu, pengetahuan ini harus diketahui dengan baik dan benar. Proses pengendoran baut kepala silinder juga cukup mudah, caranya yaitu keterbalikan dari proses pengencangan.( Proses pengendoran dimulai dari baut luar kearah baut bagian dalam ).  

0 Response to "Cara Mengencangkan Dan Mengendorkan Baut Kepala Silinder Mesin Mobil Yang Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel