Jenis - Jenis Kunci Momen Dan Cara Menggunakannya

Kekencangan baut yang baik adalah kekencangan yang sesuai dengan anjuran pabrikan pada setiap kendaraan. Ini karena setiap komponen mobil mempunyai kekencangan baut atau mur yang berbeda - beda. Oleh karenanya saat melakukan pengencangan wajib menggunakan buku panduan perbaikan.

Alat yang digunakan untuk mengencangkan baut/mur adalah kunci momen ( Torque Wrench ). Ini adalah salah satu kunci wajib yang harus dimiliki oleh setiap mekanik mobil. Seberapa pentingkah kunci momen bagi mekanik ? walaupun pengencangan bisa dilakukan hanya dengan kunci lain dan mengandalkan perasaan, namun kunci momen adalah alat penting yang wajib digunakan diakhir pengencangan.

Pengencangan yang salah akan berakibat fatal pada komponen tersebut, misal ketika pengencangannya agak sedikit kendor, maka yang terjadi adalah bisa saja komponen tersebut lepas akibat goncangan atau getaran yang diterima. Sebaliknya, jika pengencangan yang berlebih akan mengakibatkan baut/mur menjadi melemah dan daya tahan akan semakin berkurang. Kesalahan fatal yang langsung terjadi jika terjadi pengencangan yang belebih adalah baut menjadi putus.

Oleh karenya kita harus menggunakan kunci momen untuk pengencangan akhir. Bukan hanya itu, kita juga harus tahu bagaimana cara penggunaan kunci momen yang baik dan benar. Hal yang harus kalian pahami bahwa kunci momen mempunyai jenis yang berbeda - beda yang mana setiap jenis nya mempunyai cara penggunaan yang berbeda-beda.

Berikut jenis - jenis kunci momen ( torque wrench ) :

A. Torque Wrench Jenis Flate

Kunci momen jenis flate
Kunci momen jenis flate

Ini adalah jenis kunci momen yang cara pengencangannya mengandalkan kekuatan lenturan pada batang besinya. Lenturan inilah yang nantinya akan menunjukkan kekuatan yang disesuaikan dengan momen spesifikasi.

B. Torque Wrench Jenis Preset

Kunci momen jenis preset
Kunci momen jenis preset

Berbeda dengan jenis flat, kunci momen jenis preset adalah yang paling banyak digunakan. Ini karena mekanisme penggunaannya yang mudah yang mana sebelum digunakan, kita harus menyetel kekuatan yang sesuai pada vernier scale. Jika kekuatan pengencangan sudah tercapai, maka kunci akan mengeluarkan bunyi "klik" yang menandakan pengencangan sudah sesuai. 

C. Torque Wrench Jenis Adjustable

Kunci momen jenis adjustable

Kunci momen jenis adjustable hampir mirip dengan kunci momen jenis preset, perbedaannya hanya pada bagian rahangnya. Jika pada kunci momen jenis lain, rahangnya menggunakan jenis kunci sock yang dapat diganti-ganti. Sedangkan pada jenis adjustable, bagian rahangnya menggunakan kunci inggris ( adjustable wrench ) yang dapat diubah-ubah sesuai dengan ukuran baut/mur.


Cara Penggunaan Kunci Momen

Jenis kunci momen yang perlu penangan khusus dalam pemakainnya adalah jenis flate. Karena pada jenis flate, jika pengencangan sudah sesuai tidak akan mengeluarkan bunyi. Oleh karena itu hal ini harus diperhatikan dengan khusus oleh para mekanik. Selain itu, cara memegangnya juga tidak boleh salah, karena jika salah maka hasil pengencangan bisa tidak sesuai.

Cara menggunakan kunci momen jenis flate
Cara menggunakan kunci momen jenis flate

Seperti yang telihat pada gambar diatas bahwa penggunaan kunci momen jenis flate saat digunakan untuk pengencangan harus memperhatikan hal - hal berikut ini :

  1. Pastikan pointer pada posisi nol dan  tidak  ada    kontak  dengan scale plate.
  2. Ketika memberikan gaya pada torque wrench,  pastikan gayanya central pada pingrip.
  3. Ayunan torsi di indikasikan oleh posisi pointer pada scala.

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai jenis - jenis kunci momen dan cara menggunakannya. 

0 Response to "Jenis - Jenis Kunci Momen Dan Cara Menggunakannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel