Sejarahnya Kidney Grill ( Gril Ginjal ) Yang Menjadi Ciri Khas BMW

Baru - baru ini BMW memperkenalkan Coupe mewah BMW Series - 4. Namun yang jadi perbincangan hangat mengenai  mobil ini adalah ukuran gril yang begitu besar. Hampir semua media - media otomotif tanah air tak luput untuk membahas keanehan dari bentuknya yang dirasa out of the box.

Setelah berselancar di beberapa media otomotif luar negeri, kami pun mendapatkanberita menarik terkait ini,  tenyata memang BMW seri 4 sengaja dibuat unik oleh kepala desainer  BMW Domagoj Dukec.

Dia menyebutkan desain yang baru ini adalah "vertical kidney", dan desain inilah yang menurut dia memiliki karakter paling cocok untuk mobil coupe seri 4 ini. Selain itu, dia   bahkan menyebutkan bahwa "desain mobil itu bukan hanya bagus atau jelek saja, tetapi harus memiliki karakter yang berani. pasar sudah jenuh, dan konsumen butuh produk yang berbeda". Bentuknya seperti apa sih ? lihat gambar dibawah.

Sejarahnya Kidney Grill ( Gril Ginjal ) Yang Menjadi Ciri Khas BMW


Seperti judul yang diatas bahwa pada artikel ini kami tidak akan membahas keanehan dari kidney grilles, karena sudah banyak opini yang bertebaran di media - media otomotif ternama. Kali ini kami akan membahas bagaimana sejarahnya BMW membuat grile pada mobilnya yang berukuran besar.

Dikutip via BMWblog, Pertama  lihatlah semua mobil sebelum perang. Semuanya memiliki kisi-kisi tinggi besar yang membentang di seluruh ujung depan. Memang, mereka sebanding dengan desain ujung depan lainnya yang disesuaikan dengan bentuk mobil, namun tetap saja itu lebih menonjol danm grile nya  masih terlihat  sangat besar.


Untuk mengetahui hal tersebut kita harus kembali ke Bruchsal, sebuah kota kecil yang berada di Jerman selatan, sekitar 300 km barat Munich. Cerita ini berawal tentang  sejarah gril khas BMW  kidney grill.  Namun berdasarkan cerita yang berkembang, sejarah gril kidney tampaknya dimulai di Bruchsal pada tahun 1930 ketika dua bersaudara Rudolf dan Fritz Ihle memulai bisnis ‘pembuatan’ mobil mereka.

Model bisnis yang mereka jalankan adalah sederhana, dimana mereka mendapatkan mobil donor yang datang dari beragam merek mulai dari Ford, Fiat, DKW, Steyr dan Dixi. Namun, dari semua merek yang ada, Dixi lah yang menarik untuk kisah ini.

Pada 1933, Rudolf dan Fritz Ihle memanfaatkan kesempatan untuk membuat  badan roadster terbuka untuk menggantikan badan Dixi standar. Mereka melepas bodi asli, meregangkan bingkai, menambahkan knalpot khusus dan kemudian bodywork baja atau aluminium baru. Roadster yang dihasilkan pun memiliki berat  lebih ringan dan membuat peningkatan daya 20%. Salah satu fitur yang paling khas dari mobil tersebut dikenal sebagai Ihle Sport Typ 600 adalah gril kidney  alias gril ginjal.

BMW Ihle 600 Roadste 1929
BMW Ihle 600 Roadste 1929


Meskipun diproduksi pada 1929, namun penampilan pertama desain ginjal baru diperkenalkan pertama kali pada tahun 1934, pada model BMW 303, mobil pertama yang dirancang dan dibangun oleh BMW diperkenalkan pertama kali kepada publik pada Berlin Motor Show 1933.

BMW 303 menjadi mobil pertama dengan desain kidney gril
BMW 3030


Namun tampaknya tidak ada seorang pun yang 100% yakin dengan sejarah ini. BMW pun tidak pernah menyebutkan asal-usul desain gril kidney dalam sejarah perusahaannya. Namun menekankan bahwa BMW 303 adalah mobil pertama yang menampilkan ‘gril ginjal’.


Kemudian, di sisi lain dari  itu, ada beberapa BMW dengan kidney grlilles besar yang secara horizontal. Seperti  misalnya BMW Z8 dan 507. Kedua mobil tersebut memiliki kisi-kisi lebar yang mana keduanya dianggap sebagai BMW terbaik sepanjang masa.

BMW 508

Oh iya, bagi yang masih bungung membedakan vertical kidney grille dengan horizontal kidney grill lihat desain dibawah ini.



Ihle bersaudara meninggalkan bisnis otomotif pada 1940-an. Namun bisnis mereka masih berkembang hingga saat ini dan masih berbasis di kota Bruchsal. Mungkin  hari ini mereka sudah tidak memproduksi mobil, tetapi gril rancangan mereka teklah menjadi  bagian dari setiap BMW.

0 Response to "Sejarahnya Kidney Grill ( Gril Ginjal ) Yang Menjadi Ciri Khas BMW"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 1 ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 2 ( hapus sementara )

Iklan Bawah Artikel ( hapus sementara )