Mercedes Benz W31 Type G4, Mobil Tunggangan Hilter Pada Perang Dunia II


mobil yang digunakan hilter pada perang dunia kedua


Pada perang dunia II ( dua ), Adolf Hilter menjadi tokoh utama Jerman Nazi yang  terkenal karena kediktatorannya. Rasanya tidak akan lengkap jika tidak membicarakan perdang dunia kedua jika tidak membahas sisi lain Adolf Hilter.

Pada perang dunia kedua, pabrikan - pabrikan otomotif Jerman sudah mengalami pertumbuhan. Seperti BMW dan Mercedes Benz. Tentu saja, pabrikan - pabrikan ini secara tidak langsung menjadi Andalan bagi Hilter dalam membuat mobil yang digunakan untuk berperang ataupun fungsi lain.

Salah satu mobil khusus yang dipakai oleh Hilter pada masa itu adalah Mercedes Benz Type G4. Dalam setiap parade, mobil ini seakan tidak bisa dipisahkan oleh para petinggi - petinggi Nazi.

Mercedes Benz model W31 Typ G4 awal  menggunakan mesin bensin 8 silinder yang dapat menghasilkan tenaga 100 PS, namun itu dirasa kurang kuat sehingga diganti dengan mesin dengan 8 silinder juga namun ada kenaikan tenaga menjadi 115 PS.

Soal kecepatan, kedua mesin ini dapat berlari hanya 67 Km/jam, salah satu penyebabnya adalah karena ini mobil dengan penggerak 6x6. Yang mana terdapat dua poros axle pada bagian belakang yang ditumpu oleh pegas daun dan axle shaft depan dengan type pegas yang sama.

W31 memiliki 5 percepatan gigi, 4 untuk kecepatan maju dan 1 untuk mundur. Yang mana dalam penyaluran tenaga mesin ke roda dapat dipilih dua mode yaitu 6x4 ( hanya 4 roda belakang yang berputar ) dan 6x6 ( semua roda berputar ). Mobil ini telah dilengkapi dengan rem model hidrolik dengan bantuan motor servo. Bentuknya yang kotak memanjang memberikan bentuk interior yang  mampu menampung tujuh orang penumpang.

mercedes benz w31 type G4, mobil tunggangan hilter pada perang dunia kedua


Mobil ini memiliki beragam warna dengan kombinasinya, namun dari semua warna yang paling menonjol adalah warna abu - abu pada bagian bodi dan hitam pada bagian fender yang menjadi ciri khas kendaraan yang digunakan oleh Adolf Hilter dan stafnya.

mercedes benz pada perang dunia ke dua


Namun pada akhir perang dunia kedua, semua warna kombinasinya telah dirubah menjadi warna matte abu - abu dan hitam. Sementara yang digunakan untuk mobil komando militer, mobil di cat dengan pola kamuflase.

W31 model tertentu digunakan untuk melayani pejabat tinggi Nazi dimana pada mobilnya dilengkapi dengan lampu sorot yang menghadap kebelakang. Ini dirancang untuk mengitai mobil - mobil mencurigakan yang ada dibelakang.

Merscedes Benz merancang mobil ini pada tahun 1934 yang mana pada type sebelumnya yaitu W31 Type G1 yang digunakan oleh pasukan pengawal dan pejabat tinggi Nazi lainnya. Sedangkan type G4 adalah yang terkenal,  ini  karena digunakan oleh tokoh-tokoh penting di lingkaran Nazi, termasuk Adolf Hitler dan Erwin Rommel.

W31 juga dikenal telah digunakan sebagai mobil  staf pribadi dan mobil komando Rommel selama di Afrika Utara, serta jenderal  terkenal lainnya seperti Joachim Peiper. Antara 1934 dan 1939 lima puluh tujuh W31 Typ G4 diproduksi. Namun sayang, mobil ini dibatalkan untuk diproduksi masal karena dinilai biaya produksinya lumayan cukup mahal.

0 Response to "Mercedes Benz W31 Type G4, Mobil Tunggangan Hilter Pada Perang Dunia II"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel