Mengenal Ban ECO ( Ramah Lingkungan ) Dan Keuntungannya

apa itu ban ECO


Di era modern saat ini, kendaraan - kendaraan telah berkembang pesat dan berinovasi dalam setiap pembuatan komponen - komponennya yang ramah lingkungan ( tidak mencemari bumi ). Salah satu komponen pada mobil yang dibuat dengan bahan ramah lingkungan adalah ban. Ban ramah lingkungan sering disebut Ban Eco ( Eco Tyre).

Ban Eco mengandung lebih dari 200 bahan dan lebih dari 20 jenis bahan karet yang masing - masing mempunyai karakteristik yang diinginkan.

Ban ramah lingkungan ini juga menggunakan jenis khusus dari karet yang ada dibagian tapak ban.  Tapak ban memiliki kandungan silica ( kaca ) yang lebih dominan. Karena sifat kaca yang licin, ban eco dapat meluncur lebih jauh. Jadi misalkan  satu ban biasa dan satu ban eco digelindingkan bersamaan, maka ban eco tyre dipastikan berhenti di titik yang lebih jauh dibanding ban biasa.

Dengan demikian maka mesin tidak harus mengeluarkan tenaga yang besar untuk memutarkan roda. Sehingga mesin lebih irit bahan bakar.

Tahanan gelinding ( rolling resitansi ) pada ban sangat berpengaruh terhadap efisiensi konsumsi bahan bakar bahkan nilai bisa mencapai 30%. Dan ini setara dengan hampir seperempat dari emisi CO-2 yang dikeluarkan oleh mesin. Dengan meminimalisir ini, maka Ada bisa mengurangi emisi gas buang berbahaya sebanyak 300 Kg selama setahun.

Sudah banyak bukti ilmiah tentang keuntungan menggunakan ban ini. Penelitian dari University Of Munich berpendapat bahwa mobil keluarga yang menempuh jarak 350 ribu Km selama setahun dapat menghemat biaya bahan bakar sekitar £ 200 ( 3 juta rupiah).

Walaupun ban eco lebih licin dibanding ban biasa bukan berarti berbahaya saat dipakai pada lintasan basah. Ban eco sudah teruji dan dibuat dengan teknologi tinggi.

Dibandingkan dengan ban biasa, ban eco  dapat mengurangi jarak pengereman  hingga 20 meter pada kecepatan 85 Km / jam.

Menggunakan ban eco bukan hanya keamanan saja yang kita peroleh, namun lebih dari itu. Kelestarian alam juga akan terjaga dan jika semua kendaraan yang ada didunia menggunakan ban ini, pemakaian bahan bakar akan lebih hemat 20 miliar liter setiap tahunnya dan mengurangi emisi CO2 sebesar 50 juta ton.

Untuk mengenali ban eco, sebagian perusahaan memberikan embel - embel eco pada merk produksi ban nya. Namun ada juga yang tidak memberikan embel - embel eco, dalam hal ini kita bisa melihat dari informasi teknis tahanan gelinding yang ada pada label kertas ban tersebut.

0 Response to "Mengenal Ban ECO ( Ramah Lingkungan ) Dan Keuntungannya"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel