Pengikat Ball Joint, Pemilik Isuzu Panther Wajib Tahu

Ball joint pada mobil berfungsi sebagai penumpuh knuckle as roda depan. Pada setiap bagian, terdapat dua ball joint yaitu upper ( bagian atas ) dan lower ( bagian bawah ). Selain kuat, ball joint juga bersifat pleksibel. Ball joint yang baik akan mempertankan sumbu as roda depan ketika dalam posisi berbelok.

Ball joint yang mengalami kerusakan akan menimbulkan masalah seperti bunyi nyit-nyit  ketika berbelok dan roda kemudi menjadi tidak stabil. Selain itu, kerusakan ball joint juga bisa ditandai dengan keausan bagian ban yang tidak merata.
fungi ball joint pada mobil


Adapun ciri - ciri kerusakan ball joint yaitu :


  1. Ban aus tidak merata, terutama pada sisi bagian dalam
  2. timbulnya suara nyit-nyit atau glodak-glodak tepat pada bagian roda depan 
  3. karet ball joint koyak / robek


Ketika kerusakan ball joint tidak diperbaiki dalam waktu lama, maka ini akan menimbulkan kerusakan yang berat bahkan mobil juga tidak bisa jalan. Terkusus pada mobil Isuzu Panther, ball joint yang mengalami kerusakan berat ( lower ball joint copot ) mengakibatkan mobil akan jatuh ( ambrol ).

mobil isuzu panther yang mengalami ball joint rusak



ball joint putus


Jika Anda mengalami hal seperti diatas, ini sangat menjengkelkan dan merepotkan. Selain harus menyiapkan biaya yang banyak, Anda juga harus memanggil mekanik langganan atau membawa ke bengkel terdekat.

Kerusakan ball joint sepertinya sudah menjadi kerusakan yang umum terjadi. Kami rasa ini wajar karena secara fungsi Izusu panther adalah mobil dengan segmen pasar multi fungsi untuk mengangkut orang dan barang. Sehingga terkadang para pemilik kurang memperhatikan hal ini.

Karena dinilai menjadi salah satu kelemahan, para pemilik menyiasati membuat alat penahan ball joint yang berfungsi mengikat ball joint. Fungsi sederhana alat ini adalah mencegah mobil ambruk ketika ball joint putus.

fungsi pengikat ball joint

Ada dua jenis pengikat ball joint yang dapat digunakan, yaitu :

  1. Type baut panjang
  2. Type rantai
jenis pengikat ball joint



Proses pemasangannya pun sangat mudah. Kami yakin para pemilik pasti bisa memasangnya sendiri. Anda tidak perlu khawatir bahwa komponen ini sama sekali tidak mengganggu pergerakan knuckle saat berbelok.

Dari penuturan beberapa pemilik yang menggunakan pengikat ini, bahwa mereka sama sekali tidak terganggu saat mobil dibelokkan.

cara memasang pengikat ball joint

ball joint type baut panjang

Apakah pengikat ini dapat memperpanjang umur pemakaian ball joint ? sampai saat ini belum ada penuturan dari beberapa orang yang menggunakan. Namun, ini sangat membantu Anda ketika ball joint putus mobil tidak akan langsung deprok ( jatuh ). 

Dari beberapa penjual, harga yang ditawarkan untuk satu set pengikat ball joint kanan dan kiri yaitu Rp.300.000. Namun jika Anda bisa membuatnya sendiri, pasti akan lebih murah. 

0 Response to "Pengikat Ball Joint, Pemilik Isuzu Panther Wajib Tahu "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 1 ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 2 ( hapus sementara )

Iklan Bawah Artikel ( hapus sementara )