26 Fakta Mengenai Charles Goodyear, Pencipta Pertama Ban Vulkanisir


mengenal charles goodyear


Charles Goodyear adalah seorang ahli kimia dan insinyur manufaktur otodidak dari Amerika yang mengembangkan karet vulkanisir,  ia telah menerima nomor paten 3633 dari Kantor Paten Amerika Serikat pada 15 Juni 1844.

Sebelum menemukan vulkanisir karet, Charles Goodyears adalah seorang pedagang yang mengalami kerugian besar hingga terlilit hutang. Penemuannya itu merupakan hasil dari  kerja keras yang sebenarnya tidak tidak ia sengaja. Ketika Charles Goodyear sedang membersihkan tangannya dari sisa bubuk berlerang, secara  tidak sengaja  bubuk tersebut jatuh dan mengenai cairan karet panas pada tungku panas.

Setelah ia lihat ternyata kedua bahan tersebut bereaksi menjadi seperti kulit yang elastis. Inilah yang menjadi cikal bakal penemuan ban vulkanisir oleh Charles Goodyear.

Dibalik semua itu, ternyata Charles Goodyear mempunyai 26 fakta unik dan menarik yang patut kita ketahui. Apa saja itu ? simak dibawah ini.

1. Goodyear menciptakan sesuatu menciptakan proses kimia untuk membuat dan memproduksi karet yang lentur, tahan air, dan dapat dibentuk. Namun ternyata bangsa  Mesoamerika menggunakan karet stabil yang lebih primitif yang digunakan untuk  bola dan benda lain pada awal 1600 SM.

2. Penemuan Goodyear tentang proses vulkanisasi dilakukan setelah lima tahun mencari karet yang lebih stabil dan menemukan efektivitas pemanasan setelah Thomas Hancock.

3. Penemuannya mengawali dekade pembuatan karet yang sukses di Lower Naugatuck Valley di Connecticut, karena karet diadopsi untuk berbagai aplikasi, termasuk alas kaki dan ban.

4. Goodyear Tire and Rubber Company diambil dari namanya.

5. Goodyear lahir di New Haven, Connecticut pada tahun 1800.

6. Ayahnya adalah penemu dan produsen perangkat keras.

7. Dia bekerja di pabrik kancing ayahnya dan mendidik dirinya sendiri di rumah.

8. Pada tahun 1816, Charles Goodyear magang di sebuah perusahaan penjualan  perangkat keras di Philadelphia.

9. Setelah kembali ke rumah pada tahun 1821, ia membentuk kemitraan bisnis dengan ayahnya, yang berlangsung sampai 1830, namun bisnisnya bangkrut dan ditutup.

10. Terlepas dari kenyataan bahwa ia hidup dalam kemiskinan yang ekstrim  dan beberapa kali harus masuk penjara karena tidak membayar hutang, Goodyear bertahan tanpa henti dengan penelitiannya dan menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk penelitian ini.

11. Ketika dia berada di penjara, dia meminta istrinya untuk membawakannya setumpuk karet mentah dan rolling pin dan memulai serangkaian percobaan pertamanya pada tahun 1834.

12. Begitu dia keluar dari penjara, dia mencoba menambahkan bubuk magnesium ke dalam campuran karet agar tidak lengket.

13. Pada 3 Agustus 1824, dia menikahi Clarissa Beecher.

14. Pada 1826, ia memindahkan keluarganya ke Philadelphia, tempat ia membuka toko perangkat keras.

15. Dia melakukan sebagian besar pekerjaannya di toko perangkat kerasnya. Ternyata alat pertanian produksinya  berkwalitas, dibanding alat - alat pertanian yang impor dari Inggris. Ia pun sukses sebagai pebisnis.

16. Antara 1829 dan 1830, kesehatannya mulai  menurun karena mengalami sakit pada bagian lambungnya. Pada saat yang sama juga, beberapa usahanya malah mengalami kegagalan dan membuatnya malu.

17. Sepatu adalah barang pertama yang dibuat Goodyear. Istri dan anak-anaknya membantunya pada proses  vulkanisasi karet.

18. Ketika ia membuat sepatu pertamanya dari karet, senyawanya yang digunakan termasuk jelaga, karet India dan magnesia.

19. Goodyear meninggal pada 1 Juli 1860, ketika pergi untuk  menjenguk  putrinya yang sedang sakit parah. Setelah tiba di New York, dGoodyear  diberitahu bahwa putrinya  sudah meninggal. Dia pingsan dan dibawa ke Fifth Avenue Hotel di New York City, dan ia pun juga meninggal pada usia 59.

20. Dia dimakamkan di New Haven di Grove Street Cemetery.

21. Pada tahun 1898, hampir empat dekade setelah kematiannya, The Goodyear Tire and Rubber Company didirikan dan dinamai  Goodyear oleh Frank Seiberling.

sejarah berdirinya perusahaan ban goodyear


22. Pada tanggal 8 Februari 1976, ia termasuk di antara enam orang yang dipilih untuk diinduksi ke dalam National Inventor Hall of Fame.

23. Di Woburn, Massachusetts, ada nama sebuah sekolah dasar yang diambil dari namanmya.

sekolah goodyear di amerika


24. Pemerintah Prancis menjadikannya Chevalier de la Legion d'Honneur ( tanda penghargaan tertinggi ) pada tahun 1855.

25. The ACS Rubber Division  memberikan medali yang dinamai untuk menghormati Goodyear, Medali Charles Goodyear. Medali tersebut menghormati para penemu utama, inovator, dan pengembang yang kontribusinya menghasilkan perubahan signifikan pada sifat industri karet.

26. Goodyear welt, adalah teknik pembuatan sepatu, diambil dari nama penemunya yaitu putra Charles, Charles Goodyear Jr.

Itulah 26 fakta menarik tentang Charles Goodyear selama hidupnya. Jika dipikir-pikir sepertinya ia orang miskin yang pekerja keras dan pantang menyerah. Walaupun diakhir hanyatnya ada yang mengatakan bahwa ia masih meninggalkan hutang besar.

0 Response to "26 Fakta Mengenai Charles Goodyear, Pencipta Pertama Ban Vulkanisir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel