Mengenal TNGA ( Toyota New Global Architecture ) Dan Kelebihannya

mengenal Toyota New Global Architecture

Toyota merupakan salah satu pabrikan mobil terbaik dan terbesar di dunia. Berasalah dari Jepang, mobil - mobil Toyota telah tersebar di seluruh penjuru dunia. Semua orang mengenal Toyota dan mereka merasa puas untuk menggunakan mobil merek ini.

Pengalaman dan inovasi yang yang terus - menerus tanpa henti, membuat Toyota menjadi Merek yang tidak bisa dipandang remeh oleh para kompetitornya. Bahkan mereka juga secara tidak langsung belajar banyak dengan Toyota.

Toyota telah lama dipandang sebagai standar terbaik, yang mana ini  tidak hanya untuk mobil mereka yang andal dan tahan lama, tetapi juga untuk sistem manufaktur mereka yang sangat efisien dan efektif.

Berkat sistem produksi mereka yang  inovatif, Toyota telah memberi banyak pengetahuan tentang  dunia konsep manufaktur seperti " Just In Time Inventory" ( persediaan tepat waktu)  dan " Continous Improvement" ( perbaikan berkelanjutan).

Dan yang paling teranyar dari sistem produksi Toyota adalah Toyota New Global Architecture (TNGA), yang mereka  gunakan untuk Toyota Camry 2018 yang serba baru dan Toyota sekali lagi merevolusi manufaktur otomotif.

A. Mengenal TNGA

Untuk  meningkatkan kinerja kendaraan dan daya tarik produk, Toyota menerapkan TNGA  yang merupakan pendekatan pengembangan terintegrasi dan inovatif untuk komponen powertrain ( pemindah tenaga ) dan platform kendaraan.

Pengembangan kendaraan juga dikelompokkan untuk mempromosikan pembagian suku cadang dan komponen powertrain yang strategis dengan tujuan mengurangi sumber daya yang dibutuhkan untuk pengembangan sebesar 20 persen atau lebih.

Selain itu, dengan bekerja lebih dekat dengan pemasok, Toyota mengurangi biaya pemindahan komponen dan menginvestasikan kembali sumber daya yang dihasilkan untuk mengembangkan teknologi canggih dan memperkuat daya tarik produk.

B. Komponen Powertrain Baru dan Platform Kendaraan untuk TNGA

Untuk meningkatkan kinerja mengemudi dan efisiensi bahan bakar dan  sembari memberikan kendaraan dengan bentuk  yang lebih menarik serta  penanganan yang lebih mudah, Toyota berfokus pada pengembangan  powertrain dan platform bersama-sama untuk menciptakan pusat gravitasi ( Central Grafity ) yang lebih rendah.



Selain itu Toyota juga membuat komponen yang lebih ringan dan lebih kompak serta menerapkan desain terpadu melalui modularisasi. Ini menghasilkan desain yang lebih menarik,  handling yang responsif, rasa berkendara berkualitas tinggi dan kinerja benturan yang menawarkan tingkat keamanan yang lebih baik. Mereka juga  memikirkan menambah kekuatan struktur kendaraan  dengan  meningkatkan kekakuan body kendaraan keseluruhan sebanyak 30 hingga 65 persen.

C. TNGA Dan Perbaikan Sistem Produksi Toyota

Untuk meningkatkan daya tarik produk, Toyota mengembangkan teknologi produksi yang akan membuatnya lebih mudah dari sebelumnya seperti  mengubah desain dan fitur baru menjadi kenyataan. 

Ini termasuk meningkatkan keserbagunaan pabrik dan fasilitas, mengurangi investasi yang diperlukan untuk menghasilkan model-model baru, meningkatkan daya saing pabrik dan perbaikan di bidang rekayasa produk.

D. Manfaat TNGA Bagi Konsumen

Sejauh ini manfaatnya bagi  bagi konsumen bahwa TNGA akan menghasilkan mobil berkualitas lebih tinggi yang lebih responsif dan sesuai dengan tuntutan para pembeli seiring dengan kemajuan teknologi di bidang otomotif. 

Selain itu, peningkatan fleksibilitas dan efisiensi TNGA   juga akan berkontribusi untuk menekan biaya produksi kendaraan Toyota. Namun mengapa mobil - mobil paltform TNGA saat ini cenderung mahal ? ini karena mereka menggunakan semua platform yang baru. Kemungkinan kedepan mobil - mobil berplatform TNGA akan jauh lebih murah. 

Manfaat lain dari TNGA adalah ini  tidak diragukan lagi akan menjadi contoh  pembuatan  mobil massal bagi  seluruh industri otomotif didunia, dan pastinya para pabrikan - pabrikan otomotif lain ( kompetitor )  kemungkinan akan mencoba mengadopsi kesuksesan Toyota dalam mengembangkan TNGA.

E. Kelebihan TNGA

1. Mengemudi Berkualitas


Melalui rancangan dari para insinyur Toyota, TNGA dikembangkan untuk memenuhi kualitas mengemudi semua orang.

Seperti momen akselerasi pertama saat mobil dalam keadaan diam, tubuh pengemudi akan merasakan pergerakan yang lembut. Minim hentakan sehingga akan terasa lebih nyaman meski dikendarai dalam keadaan macet.

Respon mobil juga akan sesuai dengan harapan pengemudi sehingga tetap menyenangkan melintasi medan apapun.


2. Lebih Nyaman


Keunggulan kedua dari TNGA adalah kenyamanan untuk pengemudi dan penumpang. Melalui platform TNGA, Toyota menghadirkan kenyamanan yang diharapkan membuat pengemudi tidak cepat bosan.


Visibilitas yang luas ditunjang dengan suara mesin yang menyenangkan bisa menyenangkan pengemudi dalam perjalanan.

Sementara untuk penumpang, platform TNGA ini akan memberikan interior yang luas sehingga nyaman untuk dalam perjalanan jauh.

3. Fitur Teruji


Platform TNGA juga membuat tampilan antar muka di interior semakain intuitif dan memudahkan saat pengoperasian.

Fitur-fitur pada TNGA juga lebih teruji dan memudahkan pengemudi saat mengoperasikan mobil. Teknologi pada fitur yang modern akan memperkaya pengalaman pengemudi dalam berkendara sehari-hari. Tentu fitur-fitur standar yang sudah banyak diaplikasikan para produk Toyota sebelumnya tetap ada.

4. Performa Mumpuni


Meski hanya sebuah platform, namun TNGA juga mempunyai efek positif pada performa kendaraan.

Performa yang mumpuni tersebut juga ramah lingkungan, sehingga diharapkan bisa membawa rasa bangga kepada pemiliknya.

Kualitas performa ini tidak lepas dari material yang digunakan pada platform TNGA saat dalam proses produksi.

Saat ini tiga mobil yang sudah menggunakan platform ini ialah Toyota C-HR, Prius generasi ke-4 dan Camry terbaru dengan kode bodi XV60.

Ketiga mobil tersebut mempunyai performa yang berkualitas baik dari sisi tenaga maupun konsumsi bahan bakar di kelasnya.

5. Lebih Aman

Keunggulan terakhir yang tidak kalah penting adalah keamanan pengemudi dan penumpang.

Dalam platform TNGA ini, tidak hanya kualitas terbaik tapi juga membuat pengemudi dan penumpang lebih aman.

Mobil dengan platform TNGA akan melindungi penumpang dengan fitur keselamatan terbaik yang telah teruji.

Perbedaan TNGA Dengan DNGA

Kemajuan Toyota yang semakian pesat, membuatnya menjadi perusahaan dengan nilai keuntungan yang besar. Ini mereka manfaatkan untuk membeli merek otomotif lain yang sedang failit. Salah satunya pabrikan yang mereka beli dan menjadi anak perusahaan toyota adalah Daihatsu. 

Ketika Toyota sukses dengan TNGA nya, maka mereka juga menerapkan ini pada anak perusahaannya Daihatsu dan mereka memberikan nama inovasi ini DNGA " Daihatsu New Global Architecture". 

Namun dari keduanya mempunyai perbedaan dalam pengaplikasiannya dalam membangun flatform. TNGA digunakan untuk mengembangkan mobil - mobil premium mereka seperti Prius, CH-R Hybrid dan Camry. 

hy fun daihatsu


Sedangkan DNGA digunakan oleh Daihatsu  untuk  pertama kalinya diterapkan  pada mobil produksi mereka Tanto di pasar Jepang. Mobil - mobil konsep Daihatsu seperti HY-Fun sudah menggunakan platform DNGA. Dan ini akan menjadi cikal - bakal teknologi yang akan dikembangkan oleh Daihatsu kedepannya. 

0 Response to "Mengenal TNGA ( Toyota New Global Architecture ) Dan Kelebihannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel