10 Teknologi Otomotif Yang Bakal Populer Di Tahun 2020

Saat ini teknologi otomotif telah berkembang dengan sangat cepat, efeknya banyak kendaraan saat ini telah diberikan banyak fitur yang menawarkan kemudahan dalam berkendara. Dahulu mungkin fitur - fitur ini hanya ada pada kendaraan mewah dengan harga yang mahal. Namun saat ini berkat skala ekonomis, teknologi yang pernah dianggap mahal pada zaman dulu, kini sudah tersedia pada beragam jenis mobil kompak.

Beikut ini adalah 10 teknologi otomotif yang bakal populer di 2020, berikut ulasannya.

1. Apple CarPlay dan Android Auto


teknologi apple car and anroid


Meskipun pabrikan telah memberikan fitur beragam hiburan pada layar display mobil buatan mereka, namun sepertinya ini kurang menarik. Pemilik lebih menyukai fungsi yang akrab dan sering mereka gunakan seperti smartphone berbasis aple dan android. Atau menggunakan aplikasi ponsel cerdas yang memang tidak tersedia pada sistem mobil yang  mereka beli.


2. Blind Spot Warning


teknologi blind spot


Seperti namanya, sistem peringatan blind-spot memperingatkan pengemudi atas  kendaraan-kendaraan lain yang berada pada area  blind spot mereka. Sensor memantau area di sepanjang sisi belakang mobil, dan ketika kendaraan di jalur yang berdekatan terdeteksi, lampu peringatan menyala. Tanda ini biasanya diletakkan di kaca spion samping pada  sisi yang sesuai.

Jika pengemudi mengabaikan peringatan dan sinyal untuk pindah ke jalur itu, sebagian besar sistem kemudian akan menyalakan peringatan dan mungkin juga membunyikan peringatan. Beberapa sistem yang lebih canggih  juga memberikan fungsi pengereman otomatis jika pengemudi mengabaikan peringatan itu. Ini semua dilakukan untuk keselamatan berkendara.

3.Lane-Keeping Assist


teknologi lane trafic assist

Fungsi ini membantu pengemudi untuk tetap dijalur yang aman. Teknologi ini akan membaca garis jalur pada jalan untuk membantu pengemudi tetap dijalur tersebut, fungsi ini mirip seperti mobil semi-otonom. Kamera akan membaca jalur putih garis dan terkadang juga akan mengikuti mobil yang didepan. Ketika sistem mampu menetapkan batas jalur, indikator di kluster instrumen akan berubah menjadi hijau, menandakan bahwa sistem siap membantu tugas kemudi.


Meskipun lane-keep assist dapat menangani tugas kemudi dengan sendirinya, sistem dirancang untuk digunakan dengan input pengemudi, dan jika tangan pengemudi tidak terdeteksi pada setir, mereka akan memancarkan peringatan untuk meletakkan tangan Anda pada setir. .

4. Keyless entry and access, Pushbutton start

teknologi keyless entry

Teknologi ini dirancang untuk memudahkan pengemudi dalam membuka kunci, menstater, mematikan dan mengunci mobil tanpa harus kerepotan mematikan secara manual.

Sistem ini bekerja dengan mendeteksi fob di saku atau tas Anda, dan membuka pintu ketika Anda menarik pegangan atau menyentuh tombol pada gagang. Di dalam mobil,  tombol stater akan hidup secara otomatis jika mendeteksi fob telah berada didekatnya.


5.Connected Mobile Apps


teknologi Connected Mobile Apps

Aplikasi seluler yang terhubung memungkinkan pemilik mengakses berbagai informasi kendaraan dan kemampuan untuk melakukan sejumlah fungsi terkait kendaraan melalui smartphone mereka. Spesifikasinya bervariasi berdasarkan merek dan model, tetapi informasi dapat mencakup: tingkat bahan bakar dan  rentang pengisian baterai (pada mobil Electirc Vehicle), lokasi kendaraan yang diparkir, apakah mobil terkunci atau tidak terkunci, dan apakah ada jendela atau sunroof yang terbuka.


6. Rear Cross-Traffic Alert


teknologi Rear Cross-Traffic Alert


Teknologi ini berungsi untuk mendeteksi kendaraan dari arah belakang yang mendekat. Fungsi ini akan bekerja ketika kendaraan berjalan mundur saat akan keluar dari parkiran. Radar yang terpasang pada bagian belakang kanan dan kiri akan mendeteksi gerak mobil lain yang mendekat.

Ketika ini terdeteksi maka, mobil akan mengeluarkan suara bip atau lampu indikator segitiga merah yang akan memperingatkan pengemudi akan mobil lain yang ada dibelakang. Jika kursi pengemudi dilengkapi dengan teknologi ini, maka kursi akan bergetar menggantikan suara bip.



7.Automatic Emergency Braking


teknoligi Automatic Emergency Braking


Pengereman darurat otomatis yang dikombinasikan dengan peringatan tabrakan ke depan  adalah salah satu kemajuan keselamatan paling penting dalam beberapa tahun terakhir dan terbukti mengurangi tabrakan dari belakang. Ini sangat berguna dalam lalu lintas yang padat merayap, dimana kurangnya perhatian sejenak dapat menemukan pengemudi melihat ke atas untuk melihat lalu lintas berhenti di depan.

Sistem ini memindai jalan di depan, dan jika kecepatan penutupan kendaraan yang melambat atau berhenti di depan menunjukkan bahaya tabrakan, pertama-tama akan terdengar peringatan — lampu kilat kadang disertai dengan nada waspada — dan jika pengemudi tidak bereaksi , baik dengan pengereman atau kemudi, sistem akan secara otomatis akan melakukan pengereman  Aplikasi rem otomatis ini dapat menghindari atau setidaknya mengurangi kekuatan tabrakan.

8. Adaptive Cruise Control with Traffic Assist

 teknologi Adaptive Cruise Control with Traffic Assist

Dengan adanya cruise control maka kecepatan mobil dapat diseting dengan kecepatan konstan yang mana pengemudi tidak perlu menginjak pedal gas. Ini akan sangat membantu pengemudi mengurangi kelelahan karena terus menerus menekan dan melepas pedal gas. Namun teknologi ini akan bekerja jika kendaraan sudah berjalan diatas kecepatan 40 Km/jam atau lebih. Dan jika pengemudi menginjak rem, maka fungsi cruise control akan dibatalkan secara otomatis.

Versi lanjutan dari cruise control adaptif  dengan bantuan trafic assist ini akan bekerja laykanya cruise control nanum ini mempunyai kelebihan. Jika kendaraan berhenti beberapa saat 1 atau dua menit, maka cruise control akan bisa bekerja kembali tanpa satingan pengemudi, namun jika kendaraan berhenti lama maka pengemudi hanya butuh sedikit sentuhan pada pedal gas untuk menaikkan kecepatan. Ini sangat berguna pada jalan - jalan yang padat.


9. Kamera 360 derajat


teknologi Kamera 360 derajat


Kamera cadangan saat ini diamanatkan di semua mobil baru, tetapi kendaraan besar dan yang memiliki visibilitas yang dikompromikan benar-benar mendapat manfaat dari kamera 360 derajat yang lebih kuat. Dengan fungsi ini, serangkaian kamera di sekitar mobil mengirim info ke komputer pusat, yang dapat menyatukan tampilan top-down di sekitar mobil yang dapat ditampilkan dalam tampilan layar terbagi bersama dengan tampilan kamera belakang, sangat membantu kemampuan manuver di tempat yang sempit


10.Teen Driver Technology 


teknologi Teen Driver Technology


Sebenarnya fungsi ini berguna bagi para pengemudi pemula yang belum mempunyai kemampuan mumpuni dalam berkendara. Dengan teknologi maka kecepatan kendaraan akan bisa dibatasi kecepatannya. Selain itu, beberapa sistem akan memberikan informasi terkait keselamatan dalam berkendara. Ini berfungsi untuk mencegah prilaku berkendara yang buruk yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Setelah mobil ini digunakan, maka pemilik dapat memperoleh lamporan sejarah tentang prilaku pegemudiannya, termasuk jarak tempuh, kecepatan maksimum, pengendalian pegas akselerasi dan lain - lain.

0 Response to "10 Teknologi Otomotif Yang Bakal Populer Di Tahun 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel