Apa Itu Horse Power ( HP ) Pada Mesin ? Orang Otomotif Wajib Tahu !

Sebagai seorang mekanik tentunya kita akan sering mendengar horse power, secara gamblangnya kita beranggapan bahwa itu adalah jumlah tenaga yang dikeluarkan oleh mesin. Ya memang benar, di Indonesia Horse Power lebih sering disebut sebagai tenaga kuda.

Apakah anda mengetahui lebih mendalam tentang Horse Power Pada mesin ?

Pada artikel ini kami akan berbagi pengetahuan tentang Horse Power, ini sangat penting bagi anda yang tertarik dengan dunia mesin kendaraan. Karena sebagai orang awam, tekadang tidak dapat membedakan antara Horse power dengan torsi. Padahal keduanya adalah berbeda, walaupun dalam pemakiannya mereka selalu disandingkan.

Sejarah Horse Power 

Kata Horsepower (tenaga kuda) itu dipopulerkan oleh  seorang insinyur bernama James Watt. Watt hidup pada  tahun 1736 hingga  1819. Ia sangat  terkenal melalui kiprahnya memperbaiki performansi mesin uap dan akhirnya dapat menciptakan mesin uap yang lebih efisien dibandingkan meisn uap  ciptaan New Come yang tidak efisien.

Awal ceritanya ketika  James Watt yang saat itu  sedang bekerja dalam pengangkatan batubara, ia  menggunakan kuda-kuda pony disebuah tambang batubara. Karena memang bakat ilmuannya yang sangat tinggi, ia menghitung tenaga yang dikeluarkan oleh kuda - kuda pony tersebut dalam mengangkat batu bara.  Dia menemukan bahwa, rata-rata, kuda pony tambang dapat melakukan pekerjaan 22000 foot-pounds (kaki-pounds) dalam satu menit. Dia kemudian menambahi beban 50% lagi hingga pengukurannya berhenti pada titik 33000 foot-pounds per menit.



Sebagaimana pendapat James Watt bahwa kuda dapat melakukan pekerjaan 33000 foot-pounds dalam waktu 1 menit. Jika disederhanakan maka 1 Horse power dapat menarik beban 330 pounds batubara pada kedalaman 100 feet ( kaki ) dalam waktu 1 menit. ( 330 x 100 = 33000).

Dibalik itu sebenarnya James Watt memiliki misi utama yaitu membandingkan mesin buatannya yang dapat menggantikan tenaga kuda. Jadi gampangnya “ini lho mesin bikinanku, bisa menggantikan 10 kuda”. Hal ini tentunya akan sangat berimbas pada lakunya penjulan mesin buatannya.

Rumus Horse Power 

Dari pengamatannya James Watt pun melakukan percobaan selanjutnya yang menghasilkan kesimpulan bahwa seekor kuda dapat memutar roda gilingan 144 kali dalam satu jam (atau 2,4 kali per menit). Roda itu mempunyai jari-jari (radius) 12 meter, sehingga kuda menempuh 2.4 × 2π × 12 kaki dalam satu menit. Watt menilai bahwa kuda bisa menarik dengan kekuatan 180 pound. Hitungannya seperti dibawah ini .

Ini dibulatkan menjadi  33.000 foot- pound/menit. Jadi 1 Tenaga Kuda = 33.000 foot.pound/menit. Hasilnya sama seperti pada percobaan yang pertama ( kuda pony  pengangkut batu bara ).

Dari hasil yang didapat kita bisa mengubahnya dengan asumsi bahwa hasilnya 33000. Tetapi mungkin kita  tidak  bisa membayangkan jikalau  kita membebani kuda dengan 33000 pounds batubara untuk diangkat dari kedalaman 1 foot (kaki) dalam 1 menit. Kuda tidak akan mampu menarik beban sebesar itu. ( 33000 pound  x 1 feet = 33000  pounds-feet)

Kita juga tidak akan bisa membayangkan  kuda hanya kita bebani 1 pounds batubara dan harus berlari dengan kecepatan 33000 kaki per menit karena kuda gak mungkin bisa lari secepat itu. ( 1 pounds x 33000 feet = 3300 pounds-feet ).

Tetapi  dengan beberapa rangkaian meknisme katrol kita dapat membuat sistem yang bisa mengangkut berapapun bebannya dengan kecepatan yang sesuai kemampuan kuda. Maka digunkanlah transmisi pada mobil sebagai gear ratio yang akan menyesuaikan kecepatan kendaraan.


Cara Mengukur Horse Power Pada Mesin

Jika kita ingin mengetahui Horsepower (HP) dari sebuah mesin, kita harus  memasangkan dynamometer  ( Dyno Test ) pada mesin tersebut. Dynamometer akan memberikan beban pada mesin tersebut dan mengukur jumlah Tenaga yang dapat diproduksi oleh mesin tersebut .




Cara kerja pengukurannya yaitu :
Kita nyalakan mesin dan biarkan mesin mencapai putaran RPM tertentu,  misalkan 7000 rpm. Lalu kita beri beban bertahap hingga kecepatan putaran berubah dan kita catat sampai beban berapa mesin dapat bertahan pada kecepatan putar 7000 rpm.

Selanjutnya kita beri beban mesin agar kecepatan putar turun pada 6500 rpm. Pada kecepatan putar ini, kita tambah beban secara bertahap dan kita catat sampai dititik beban berapa mesin dapat bertahan pada kecepatan putar 6500 rpm. Dan seterusnya.. dan seterusnya.



0 Response to "Apa Itu Horse Power ( HP ) Pada Mesin ? Orang Otomotif Wajib Tahu !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel