Hal - Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Melepas Dan Memasang Clock Spring Air Bag

cara melepas dan memasang clock spring air bag


Air bag adalah komponen pelindung bagi pengemudi dan penumpang yang bekerja melindungi dengan cara mengembangkan kantung. Meletusnya air bag begitu sangat cepat sekitar 200 mili detik. Sangat luar biasa cepatnya proses kerja air bag.

Dengan demikian air bag harus selalu terjamin baik sistem rangkaiannya. Jika sewaktu - waktu harus dilepas karena ada perbaikan maka proses pemasangannya pun harus benar - benar diperhatikan dengan baik. Saran kami gunakanlah buku petunjuk perbaikan yang ada.

Salah satu air bag yang sering mengalami pembokaran adalah pada bagian roda kemudi. Ini bisa saja terjadi jika dalam pemeriksaan komputer terjadi eror atau komponen lain seperti tombol klakson yang tidak menyala karena komponen ini satu lokasi dengan air bag. Atau bisa juga saat melepas roda kemudi, maka air bagnya juga harus dibuka.

fungsi clock spring air bag


Salah satu komponen yang harus diperhatikan saat pemasangan adalah komponen clock spring. Clock spring berfungsi  untuk membentuk koneksi antara unit kontrol Air Bag dan driver module di dalam roda kemudi (steering wheel).    Clock spring dapat memberikan jaminan koneksi elektrikal untuk semua posisi putaran roda kemudi. Sebelum memasang atau melepas clock spring, roda depan kendaraan harus dipastikan pada kondisi  lurus ke depan, dan posisi clock spring jangan sampai terlipat ketika sudah dilepas untuk menghindari agar tidak terjadi kerusakan pada clock spring.  Karena lipatan yang terjadi pada kabelnya akan membuat kabel menjadi putus.

Apabila akan mengganti Clock Spring baru, pastikan keakuratan posisinya terhadap tape atau clip. Ini bertujuan untuk menghindari agar  tidak ikut    berputar di dalam coil spring, untuk itu lepas dahulu sebelum memasangnya. Jika tetap tidak bisa bekerja meskipun pemasangannya benar, kemungkinan Clock Spring ada yang terputus pada saat mobil jalan.  Jika hendak membongkar Clock Spring, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantanya yaitu :

  1. Pastikan kedua roda depan lurus ke depan, 
  2. Putar clock spring dalam satu arah dengan siklus putaran 5.5 sampai7.5.
  3. Kemudian putar sekitar 3 sampai 3.5 dengan arah kebalikannya, 
  4. Luruskan tanda segitiga pada permukaan Clock Spring
  5. Selanjutknya pasang dengan hati-hati.
Ini adalah anjuran umum untuk pelepasan dan pemasangan clock spring. Untuk memastikan bagaimana proses pemasangan yang sesuai, maka kami menganjurkan untuk melihat buku perbaikan sesuai dengan mobil yang diperbaiki.

0 Response to "Hal - Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Melepas Dan Memasang Clock Spring Air Bag"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel