Apa Itu Wheelbase Dan Seberapa Pentingnya Pada Desain Kendaraan ?

Wheelbase pada mobil
Wheelbase pada mobil

Wheelbase
atau dalam artian bahasa indonesia adalah "jarak sumbu roda" yang mempunyai arti lebih detail yaitu jarak tengah diantara sumbu roda depan dengan sumbu roda belakang. Ini adalah salah satu dimensi penting yang terdapat pada setiap kendaraan yang memang sudah ditentukan oleh para pabrikan. Istilah whellbase bukan hanya digunakan untuk mobil saja, melainkan juga pada sepeda, sepeda motor, truck dan lain-lain.

Secara umum memang whellbase tidak menjadi patokan akan panjang keseluruhan kendaraan, namun semakin panjang whellbase semakin panjang pula kendaraan tersebut. Biasanya pabrikan akan memberikan data dimensi ini dalam satuan cm yang ada pada brosur-brosur spesifikasi kendaraan yang akan dijualnya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa dari jarak sumbu roda depan dengan roda belakang akan memberikan karakteristik dinamis pada kendaraan tersebut, yaitu cara pengendara dan handling yang lebih mudah. Bersamaan dengan wheellbase, ground clerance ( jarak tanah ke mobil ) juga mempengaruhi akan kenyamanan dalam mengendalikannya.

Jarak sumbu roda depan dengan sumbu roda belakang yang panjang dipercaya akan menimbulkan kenyamanan dalam berkendara dibanding dengan jarak sumbu roda yang pendek. Ini karena kendaraan seperti itu mempunyai tingkat kesetabilan yang tinggi dibanding dengan jenis kendaraan lain.

Selain itu, jarak whellbase yang lebih panjang memungkinkan pabrikan untuk dapat membuat ruang kabin kendaraan lebih lapang dan memberikan sentuhan beragam teknologi untuk kenyamanan setiap penumpang ( jarak kursi, lipatan kursi, bagasi belakang dll ). Ini akan sangat nyaman digunakan untuk kendaraan-kendaraan yang menmpuh perjalanan jauh.

Oleh sebab itu, industri lebih suka merancang kendaraan dengan basis roda yang lebih panjang demi kenyamanan setiap penumpang.sebaliknya  jarak whellbase yang lebih pendek, ini memiliki manuver yang lebih baik pada kecepatan tinggi.

Wheelbase mobil limosin lebih panjang
Wheelbase mobil limosin lebih panjang
Tingkat kenyamanan ini bisa kita lihat pada mobil-mobil mewah yang sering digunakan oleh para pejabat, seperti mobil limosin yang termasuk dalam kategori mobil ternyaman didunia. Dan ini juga diterapkan oleh pabrikan - pabrikan lain yang memang mengincar segmen kelas atas untuk mendapatkan tingkat kenyaman yang lebih tinggi.

Dengan demikian, mobil yang mempunyai whellbase yang lebih panjang akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut :

  • Kabin lebih luas
  • Lebih sedikit terjadi body roll
  • Tingkat stabilitas yang lebih tinggi 
  • Perjalanan akan lebih nyaman
Jadi jika anda menginginkan tingkat kenyaman dalam berkendara, maka memilih jenis mobil yang mempunyai wheelbase yang lebih panjang adalah pilihan yang tepat.

0 Response to "Apa Itu Wheelbase Dan Seberapa Pentingnya Pada Desain Kendaraan ? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel