Apa Itu Defogger Pada Mobil ? Jenis - Jenis Dan Cara Kerjanya

Defogger pada kaca mobil
Defogger pada kaca mobil

Mungkin sebagian dari para pemilik mobil masih asing dengan defogger, walaupun sebenarnya mereka sering melihatnya tanpa mengetahui pada fungsi komponen tersebut pada mobil. Memang sih agak jarang komponen ini berfungsi dibanding dengan komponen - komponen kelistrikan mobil pada umumnya.

Defogger adalah sebuah komponen yang berfungsi sebagai penghangat kaca pada mobil. Ada sebagian kaca saja yang dilengkapi dengan defogger namun ada juga semua bagian kaca yang dilengkapi dengan penghangat ini. Mengapa kaca harus dihangatkan ? ketika mobil berkendara pada musim hujan maka akan terjadi perbedaan suhu antara kondisi luar dengan dalam kabin kendaraan.

Efeknya tentu saja pada kaca akan terselimuti uap(Embun) dan ini sangat mengganggu jarak pandang ( Visibilitas ) pengemudi atau penumpang didalamnya,  sehingga hal ini akan sangat membahayakan.

Berbeda lagi dengan kondisi di wilayah negara yang mempunyai musim salju, tentu saja jika kaca tidak dilengkapi dengan teknologi ini akan menimbulkan butiran-butiran es pada setiap kaca. Bukan hanya mengganggu tapi sangat membahayakan.

Diwilayah negara bersalju, defogger juga dikenal dengan nama lain seperti "Defroster" atau "Demister". Sedangkan kita masyarakat indonesia lebih familier dengan nama Defogger karena fungsinya hanya pada musim huja saja.

Berdasarkan cara kerjanya, defogger terbagi menjadi 2 jenis yaitu :
1. Primari
2. Scondary

Cara Kerja Defogger Jenis Primary

Diagram cara kerja defogger jenis primary
Diagram cara kerja defogger jenis primary

Aliran udara bersih yang masuk ke AC akan dikeluarkan menjadi udara dingin sesuai pengontrolan suhu oleh pengemudi. Udara dingin yang keluar dari AC sebagian akan diarahkan untuk melewati heater, dimana pada heater itu sendiri sudah dialiri oleh air panas yang berasal dari sistem pendingin mobil. Udara dingin yang berasal dari AC setelah melewati heater maka suhunya akan berubah menjadi hangat. Suhu hangat inilah yang selanjutnya dikeluarkan melalui ventilasi-ventilasi kecil pada bagian bawah sisi kaca. Udara hangat inilah yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kondensasi pada kaca.

Defogger jenis primary ini digunakan pada mobil - mobil yang sudah menggunakan sistem pendingin AC. Umumnya jenis ini digunakan hanya untuk menghangatkan kaca pada bagian depan.


Cara kerja Defogger Jenis Scondary

Diagram cara kerja defogger jenis scondary
Diagram cara kerja defogger jenis scondary
Berbeda dengan defooger jenis primary, pada jenis scondary penghangat kaca yang digunakan adalah aliran arus yang sangat kecil. Kaca akan dilapisi oleh serat - serat kabel kecil yang melintang. Cara kerjanya, arus yang berasal dari sumber diteruskan ke saklar defogger, posisi saklar ON akan mengalirkan arus ke element pemas yang menempel pada kaca. Jenis defogger scondary ini bisanya digunakan untuk kaca pada bagian belakang mobil.

0 Response to "Apa Itu Defogger Pada Mobil ? Jenis - Jenis Dan Cara Kerjanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel