Apa Itu Uji Kompetensi ( UK ) Di SMK, Mau Tau ? Baca Artikel Ini

Dear adik-adik semua, dunia SMK adalah dunia yang penuh dengan kegiatan praktek dan praktek. Mungkin agak sedikit berbeda dengan muatan belajar di SMA yang lebih dominan teorinya. Apakah itu salah ? Tidak. Banyak orang yang mengatakan bahwa jika kamu ingin lanjut ke jenjang kuliah, maka memilih SMA adalah yang terbaik. Memang benar sih kalau dilihat dari fakta yang sekarang.

Berbeda dengan SMK, agak jarang memang anak-anak SMK yang sengaja melanjut ke jenjang perkuliahan jika kita bandingkan aple to aple dengan SMA ya. Karena memang pada motto SMK bahwa lulusan SMK siap kerja. Bekerja adalah tujuan utama bagi lulusan-lulusan SMK yang memang sejak duduk di bangku SMK, mereka sudah ditempah untuk memiliki hard skill sesuai dengan kejuruan yang mereka pilih.

Maka jangan heran, jika lulusan-lulusan SMK lebih banyak yang mendapatkan kerja selepas tamat sekolah dibanding anak SMA. Namun memang ada beberapa data pahit bahwa ternyata di tahun 2017, tamatan SMK lebih banyak yang menganggur dibanding tamatan SMA. Di tahun sebelum dan sesudahnya juga sudah berubah kok. Jadi jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan selepas tamat sekolah, maka memilih SMK adalah karpet merah bagi kamu.

Siswa sedang mengerjakan Engine Tune Up Mesin EFI

Namun  pada artikel ini saya tidak akan membahas perbandingan antara SMA dengan SMA. Seperti pada judul diatas " Apa Itu Uji Kompetensi ( UK ) di SMK ".

Jadi anak - anak SMK yang sudah menginjak di kelas XII ( 3 ) sebelum mengakhiri masa belajarnya harus melalui serangkaian ujian normal seperti UAS, UNBK dan UK. Nah UAS dan UNBK sama seperti SMA. Namun yang membedakannya adalah UK ( Ujian Kompetensi ) dimana siswa harus melalui serangkaian praktek.

Karena UK ( uji Kompetensi ) masuk dalam kategori ujian Nasional maka jika ini gagal, siswa dinyatakan tidak lulus sekolah. So, harus bener-bener mengerjakan item yang diujikan sesuai dengan petunjuk yang ada.

Terkhusus di bidang otomotif, siswa harus melaksanakan beberapa item praktek per paket. Biasanya paket yang ada dalam peraturan pemerintah ada 4 item. Misalkan contoh, Service Mobil, Service, AC, Service Rem dan Pembongkaran Mesin. Jadi setiap siswa harus melaksanakan semua item diatas dengan baik dan benar.

Adapun penguji akan didatangkan dari para ahli yang datang dari industri. Oleh sebab itu, siswa harus bekerja dengan Standart Operasional Prosedur ( SOP ) sesuai dengan keinginan industri. Nah, dari sinilah pihak industri akan menilai seberapa besar kemampuan setiap siswa.


Siswa Sedang mengerjakan Pemeriksaan Kondisi Rem Piringan

Siswa sedang memeriksa komponen mesin
Siswa sedang memeriksa komponen mesin

Terkusus bagi adik-adik yang tinggal di wilayah Deli Serdang, Memilih SMK Mandiri adalah adalah pilihan terbaik. Mengapa ? SMK Mandiri telah banyak bekerja sama dengan industri - industri terkait dengan bidang kejuruan yang sama. Selain itu, program kurikulum industri yang diadopsi akan membawamu lebih banyak praktek di dunia industri.

Proses belajar mengajarnya pada setiap bulan ada tamu industri yang akan memberikan semacam kuliah umum tentang perkembangan teknologi di industri atau hal - hal lain yang sangat bermanfaat bagi siswa. Tenaga pengajarnya juga sangat kredibel di bidangnya dan ada juga beberap pensiunan industri yang mengajar disini.

Prestasinya gimana ? baru - baru ini SMK Mandiri menjadi juara 1 Nasional SMK Skill Contes Daihatsu 2019. Prestasi yang lainnya masih banyak lagi, seperti juara 3 Nasional Fuso Mitsubishi dan lain - lain. Untuk infomasi lebih lanjut bisa langsung kunjungi web SMK Mandiri.

0 Response to "Apa Itu Uji Kompetensi ( UK ) Di SMK, Mau Tau ? Baca Artikel Ini"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel