Apa Itu Jenis Kendaraan SUV ( Sport Utility Vehicle ) ?

Beragam jenis bentuk kendaraan yang ada saat ini. Hal yang paling menonjol untuk mengetahui jenis dari sebuah kendaraan adalah dengan mengenali bentuk bodinya. Bentuk - bentuk bodi pada kendaraan memiliki jenis - jenis yang berbeda, seperti MPV ( Multi Puspose Vehicel ), SUV ( Sport Utility Vehicle ) dan lain - lain. Pada artikel  ini kita akan coba mengenal lebih dekat apa itu SUV ?

SUV adalah singkatan dari Sport Utility Vehicle, dimana jenis kendaraan ini juga lebih dikenal dengan kendaraan dengan  mobilitas di pinggiran kota. Dimana ada sebuah kenyamanan yang ditawarkan untuk jenis mobil penumpang dengan ruang cabin yang cukup lapang.

Secara teknik, Sport Utility Vehicle selalu identik dengan kendaraan All Whell Drive ( AWL ) atau Four Whell Drive ( 4WD ). Ini adalah kesalahan umum, dimana sebenarnya juga mobil dengan type penggerak 4x2 juga termasuk dalam bagian tersebut.

Adapun kharakteristik dari jenis kendaraan Sport Utility Vehicle adalah sebagai berikut :

1. Mesin berkapasitas tinggi
2. Kebanyakan Penggerak Semua Roda
3. Ground Clearance ( jarak dari tanah ke lantai kendarandaran )yang tinggi
4. Bentuknya yang agak lebih Boxy ( kotak )
5. Posisi duduk penumpang yang lebih tinggi

Dari segi rangka, SUV menggunakan jenis rangka Ladder Frame ( berbentuk tangga ). Ini dipilih karena jenis rangka ini lebih kuat untuk melibas segala jenis medan yang dilalui. Oleh karenanya, mobil ini digunakan untuk Off Road. Namun karena clearancenya yang lebih tinggi, efek kestabilannya agak sedikit kurang baik.

Mobil SUV digolongkan dalam beberapa type yaitu :

  • Low SUV
  • Medium SUV
  • Hight SUV


Jika kita menilik dari sejarahnya, maka Jeep adalah salah satu merek tertua di dunia yang memproduksi Sports Utility Vehicle. Versi Jeep, Willys-Overland sangat populer di masa Perang Dunia II. Jeep menjadi sangat populer sehingga kebanyakan orang menyebut segala jenis SUV  sebagai Jeep. Dengan demikian, Jeep menjadi sinonim untuk Sports Utility Vehicle di seluruh dunia. Demikian pula, merek SUV Amerika 'Hummer' juga menjadi sangat populer setelah Angkatan Darat AS memesan kendaraan.

0 Response to "Apa Itu Jenis Kendaraan SUV ( Sport Utility Vehicle ) ? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel