Apa Itu Teknologi Variable Valve Timing Intelegent ( VVT-I )? Dan Manfaatnya Bagi Mesin

VVT-I pada Mobil Toyota
VVT-I pada Mobil Toyota
Memiliki mobil dengan efisiensi penggunaan bahan bakar yang optimal adalah harapan sebagian besar pemilik mobil. Karena dengan mobil yang irit maka secara otomoatis anggaran untuk membeli bahan bakar bisa dipangkas dan lebih hemat.

Beragam cara para pabrikan menyematkan teknologi pada kendaraan yang dibuatnya agar penggunaan bahan bakar bisa lebih efisien. Salah satu teknologi yang berfungsi akan efisiensi bahan bakar adalah VVT-I ( Variable Valve Timing Intelegent ). VVT-I sendiri merupakan nama produk dari Toyota, adapun pabrikan - pabrikan lain seperti Honda, Suzuki, Hyundai dan lain - lain memiliki nama yang berbeda walaupun teknologinya sama.

Jika dilihat dari sejarahnya, bahwa Toyota telah mengembangkan teknologi ini sejak tahun 1991 yang menggantikan teknologi VVT ( Variable Valve Timing ) dan dgiantikan dengan teknologi VVT-I pada tahun 1996.

Terhusus pada artikel ini kita akan membahas mengenai apa itu teknologi VVT-I dan apa dampaknya bagi mesin. VVT-I adalah sebuah sistem yang mampu mengatur waktu kerja katup untuk mencapai kondisi terbaik dari mulai saat mesin idle hingga pada putaran tinggi ( dari RPM rendah sampai RPM Tinggi ).

Adapun manfaat dari digunakannya teknologi VVT-I pada mesin adalah :
1. Menghemat bahan bakar
2. Menghasilkan tenaga yang besar
3. Emisi racun gas buang yang bisa diminimalisir

Mekanisme katup pada mesin yang dilengkapi dengan VVT-I memiliki variasi pembukaan dan penutupan katup yag diatur menggunakan tekanan hidrolik oli yang disesuaikan dengan beban dan kecepatan putaran mesin.

Diagram Kerja VVT-i
Diagram Kerja VVT-i


Diawal - awal pengembangannya, katup yang dapat diatur hanya katup masuk. Saat itu bernama single VVT-I karena kerjanya hanya pada sebagian katup saja. Namun saat ini, VVT-I telah tertanam untuk mengatur katup masuk dan katup buang ( Double VVT-I ).

Jenis penggerak katup yang digunakan adalah DOHC ( Double Overhead Chamshaft ) dimana terdapat 2 buah poros cam yang terpasang pada atas kepala silinder yang menggunakan penggerak timing chain ( rantai ).  Dengan teknologi ini juga tidak membutuhkan proses penyetelan katup. Walaupun demikian, ini juga harus perlu di cek pada jarak tempuh tertentu.

0 Response to "Apa Itu Teknologi Variable Valve Timing Intelegent ( VVT-I )? Dan Manfaatnya Bagi Mesin"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel