Apakah Mobil Warna Hitam Lebih Panas Dari Mobil Warna Putih Pada Cuaca Panas ?



Apakah mobilbewarna hitam lebih panas daripada mobil bewarna terang pada cuaca panas ? nah, anda akan merasakan tentang hal ini jika anda pernah memiliki mobil bewarna hitam. Bagaimana rasanya ketika anda membuka pintu mobil setelah diparkir dibawah terik matahari ? itu sangat panas.

Apakah memang benar, kendaraan bewarna hitam jauh lebih panas daripada mobil warna lain ? atau jangan - jangan hanya mitos ? Apakah benar sesuai dengan hukum sains ? mari kita bahas pada artikel dibawah ini.

Mengapa Mobil Hitam Lebih Panas ? Ini Alasan Ilmiahnya

Jika anda memarkir mobil dibawah sinar matahari langusng, itu akan memanas lebih cepat dan mempertahankan panasnya lebih lama dari pada mobil yang diparkirkan didalam garasi atau dibawah pohon. Masalahnya adalah jika anda menyimpan dua kendaraan satu hitam dan satu putih dibawah sinar matahari. Yang pertama akan jauh lebih panas dan membutuhkan lebih banyak waktu untuk pendinginnya.

Mengapa ?

Berdasarkan penelitian Lab Environmental Energy Technologies Division menemukan bahwa dalam studi yang dilakukan pada tahun 2011 mendapatkan hasil bahwa mobil bewarna terang memantulkan hampir 60% sinar matahari dibanding dengan yang bewarna gelap. Ini menyimpulkan bahwa kendaraan warna hitam lebih banyak menyerap sinar matahari diabnding dengan mobil warna warna lain yang lebih terang.

Para peneliti menggunakan mobil honda civic warna silver dengan warna hitam sebagai bahan penelitiannya. Mereka menemukan bahwa mobil dengan warna terang dapat memperbaiki efisiensi pemakaian bahan bakar sekitar 2 % dan penurunan kadar emisi berbahaya sebesar 2% juga.

Perbandingan Temperatur Mobil Hitam VS Mobil Putih


Apakah mobil hitam lebih panas daripada mobil bewarna terang ? iya benar. Seberapa lebih panas yang terjadi pada mobil hitam ? ya itu tergantung dari kondisi cuaca.


Percobaan yang pernah dilakukan oleh Mythbuster dapat menjadi contoh yang baik ketika mereka melakukan percobaan membandingkan suhu mobil warna hitam dengan warna putih dan meletakkan thermometer pada bagian kabin dikedua kendaraan percobaan tersebut. Selang beberapa waktu tertentu, suhu pada mobil warna putih mencapai 50 Dejarat Celcius, sedangkan warna hitam 10 derajat lebih dari itu.

Divisi Teknologi Energy Lingkungan Barkeley Lab juga pernah melakukan percobaan yang sama pada cuaca panas di Sacramento, California. Mereka meninggalkan mobil dibawah sinar matahari selama satu jam dan kemudian mengukur suhu pada kedua mobil tersebut, dan hasilnya mobil warna hitam lebih panas 10 derajat dibanding warna putih.

Selian itu, Autoradar juga melakukan tes pada musim panas di Georgia. Setelah beberapa jam, suhu didalam kabin mobil warna hitam 17 Derajat lebih tinggi dibanding warna putih. Juga membutuhkan waktu lebih lama untuk mendinginkan ruang kabin seletelah dihidupkan AC.

Apakah mobil warna hitam lebih panas ? dari banyak hasil eksperimen tersebut bahwa itu benar demikian. Perbedaan suhu tidak perlu dikhwatirkan, karena AC akan membantu mendinginkan suhu kabin mobil. Tetapi, bisa jadi kenyamanan anda sedikit terganggu jika anda tinggal didaerah yang mempunyai suhu lebih panas. Namun memilih mobil dengan warna lebih terang dapat menghemat konsumsi bahan bakar dan kandungan gas berbahaya yang lebih sedikit.

Jika anda mempunyai mobil bewarna hitam, untuk mengurangi suhu yang berlebih ada beberapa tips yang harus anda lakukan,

1. Menggunakan jendela yang gelap
2. Memasang kerai ( pelindung ) kaca depan saat parkir diterik matahari
3. Selalu parkir digarasi atau dibawah naungan.

0 Response to "Apakah Mobil Warna Hitam Lebih Panas Dari Mobil Warna Putih Pada Cuaca Panas ?"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel