Jenis - Jenis Kampas Rem ( Bake Pad ) Yang Digunakan Pada Mobil Pada Umumnya

lksotomotif.com - Bayangkan pada suatu hari Anda sedang berkenda dijalan yang lurus dan minim hambatan. Saat Anda hendak berbelok, Anda menginjak rem naum mobil terasa tidak melambat. Untuk menghindari masalah ini, Anda perlu sedikit memahami secara mendalam tentang jenis - jenis bantalan rem ( brak pad ) yang digunakan pada kendaraan Anda dan memiliki pengetahuan dasar sebelum mmebawa mobil Anda kebengkel. 

Tidak peduli berapa besar dan baik kinerja mesin mobil Anda jika saat pengereman terjadi mobil tidak mengalami perubahan kecepatan. Situasi ini tentu sangat membahayakan dan hal yang lebih buruk bisa terjadi kaan saja. 

Brakepad adalah kampas rem yang digunakan untuk rem jenis tromol. Sedangkan brake shoes adalah kampas rem yang digunakan untuk rem bertipe tromol. 

Mari simak artikel ini untuk mengetahui informasi lebih bermanfaat mengenai jenis-jenis brakepad ( kampas rem )

jenis - jenis brakepad mobil


Kapan Brakepad  Mobil Anda Perlu Diganti ?

Sistem rem Anda akan memberikan tanda peringatan sebelum rusak. Bunyi gesekan besi menunjukkan kondisi bantalan rem yang sudah aus dan ada  kemungkinan terjadi kerusakan pada piringan rem.  Sebaliknya, jika menimbulkan suara memekik; Anda perlu mengganti logam lunak yang bergesekan dengan piringan rem.

Tanda-tanda mengkhawatirkan lainnya mungkin termasuk rem yang menimbulkan suara atau getaran; atau mobil terseret ke satu sisi setelah menginjak pedal rem; dan pedal rem terasa lebih empuk saat ditekan. 

jenis - jenis brakepad pada mobil


Jenis - Jenis Brake Pad Rem Pada Mobil 

Umumnya, kendaraan biasa memiliki empat jenis brakepad, yaitu :

1. Semi Metalik

Dengan daya tahan jangka panjang dan kemampuan perpindahan panas yang sangat baik, semi-logam adalah jenis brake pada rem yang paling umum digunakan secara luas di berbagai kendaraan. Itu terbuat dari kawat baja atau wol, grafit atau tembaga, dan pengubah gesekan.

Bantalan rem seperti itu mengandung hampir 30%-65% logam. Ini menciptakan lebih banyak suara ( bising ), membuat rotor lebih cepat aus, dan berkinerja buruk pada suhu rendah.

2. Organik Non-Asbes

Serat, resin suhu tinggi, dan bahan pengisi digunakan dalam pembuatan bantalan rem jenis ini. Jika dibandingkan dengan jenis semi-logam, jenis ini lebih lembut dan menghasilkan lebih sedikit kebisingan; namun lebih cepat rusak dan menimbulkan lebih banyak debu. Brakepada rem jenis ini terkadang terdaftar sebagai brakepad organik atau NAO.

3. NAO Logam Rendah

Kampas rem ini terbuat dari bahan organik dengan campuran logam 10%-30% seperti baja atau tembaga. Meskipun menimbulkan lebih banyak kebisingan dan debu rem, kemampuan pengereman dan perpindahan panasnya sangat baik.

4. Keramik

Anda dapat menemukan sejumlah kecil logam pada jenis brakepad rem ini, namun sebagian besar terbuat dari serat keramik, bahan pengikat, dan bahan pengisi nonferrous.

Brakepad rem ini menghasilkan lebih sedikit kebisingan, aus secara perlahan dibandingkan dengan jenis brake pad rem lainnya, dan menghasilkan lebih sedikit debu. Satu-satunya kelemahannya adalah harganya lebih mahal dibandingkan bantalan rem lainnya.

brake pad jenis keramik

Cara Memilih Jenis Kampas Rem Terbaik untuk Kendaraan Anda

Dengan banyaknya pilihan yang menunjukkan sedikit variasi dalam harga dan kemasan, hal ini menjadi mudah untuk memilih, namun disatu sisi ini  menjadi bingung. Namun, Anda perlu membuat keputusan tergantung pada kendaraan Anda dan jenis jalan yang Anda lalui.

Misalnya, truk atau van ukuran penuh mungkin memerlukan bantalan rem yang mengandung logam dalam jumlah besar untuk mendapatkan tenaga ekstra saat mengerem dan mengurangi keausan rem.

Sebaliknya, bantalan rem organik sangat cocok untuk kelancaran pengoperasian mobil kompak.Untuk pekerjaan penarik, Anda harus meneliti dengan cermat daya henti, kebisingan, debu rem dari setiap produk untuk menemukan brakepad rem terbaik untuk penarik.

Selain itu, perbaikan kampas rem yang murah atau standar tidak akan menjamin keselamatan jika kendaraan Anda sering membawa muatan atau penumpang dalam batas maksimal; atau Anda mengendarainya di daerah pegunungan. Dalam kasus tersebut, Anda memerlukan bantalan rem yang ditingkatkan atau berfungsi dengan baik.

NoJenis Brake padFitur Utama
1Semi metalicDigunakan   secara luas di kendaraan yang berbeda
     – Terbuat dari kawat baja atau wol, grafit atau tembaga, dan pengubah   gesekan
     
     – Daya tahan jangka panjang dan kemampuan perpindahan panas yang sangat   baik
     
     – Lebih banyak suara bising, rotor lebih cepat aus, dan berkinerja buruk   pada suhu rendah
2Non-Asbestos Organic–   Terbuat dari serat, resin suhu tinggi, dan bahan pengisi
     – Lebih lembut dan menghasilkan lebih sedikit noise dibandingkan Semi –   Metalik
     
     – Lebih cepat rusak dan menimbulkan lebih banyak debu
3Low Metalic NAO–   Terbuat dari bahan organik dengan 10%-30% logam
     – Kemampuan pengereman dan perpindahan panas yang sangat baik
4Keramik–   Terbuat dari serat keramik, bahan pengikat, bahan pengisi nonferrous
     – Lebih sedikit kebisingan, aus secara perlahan, dan menghasilkan lebih   sedikit debu
     
     – Mahal dibandingkan kampas rem lainnya

0 Response to "Jenis - Jenis Kampas Rem ( Bake Pad ) Yang Digunakan Pada Mobil Pada Umumnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel