Penyebab AC Mobil Panas ( Kurang Dingin ) Pada Mobil Alfard, Vellfire Dan Fortuner

lksotomotif.com - Memiliki AC mobil yang panas atau kurang dingin adalah masalah kecil yang menyebalkan. Bagaimana tidak, AC yang seharusnya mengeluarkan udara dingin malah sama sekali tidak berfungsi dengan baik. Tentu hal ini sangat mengganggu kenyamanan para penumpang.

Seperti kita ketahui untuk nembahkan rasa kenyamanan pada kabin mobil, maka pabrikan memberikan sistem sirkulasi udara yang baik. Selain itu, suhu udara juga berpengaruh sehingga ditambahkanlah sistem pendingin udara ( AC ). Indonesia sebagai salah satu negara tropis memang sangat cocok menggunakan AC mobil yang bertipe cooling ( dingin ). 

Salah satu kerusakan kecil yang terjadi pada AC mobil adalah AC kurang dingin atau sama sekali tidak mengeluarkan udara sehingga kondisi kabin menjadi lebih panas. 

Pada mobil - mobil mewah seperti Vellfire, Alpard dan Fotuner yang mengalami AC panas atau kurang dingin ini menjadi masalah yang sering menimpa. Bagi para pemilik, jangan kwahatir karena kerusakan ini bisa jadi disebabkan oleh kerusakan yang kecil. Sehingga dalam penanganannya juga tidak memerlukan biaya perwatan atau penggantian. 

Ciri - ciri kerusakan kecil yang terjadi adalah hanya bebera AC dingin sedangkan sebagian lagi tidak. Misalkan AC bagian depan panas, sedangkan AC bagian belakang dingin. Berdasarkan pengalaman mekanik, mobil - mobil yang sudah usia 3 tahun keatas akan mengalami masalah seperti diatas. 

Berikut penyebab AC mobil Alpard, Vellfire dan Fortuner panas atau kurang dingin. 

1. Reset Motor Servo AC

Fungsi motor servo adalah menutup dan membuka saluran udara dingin yang akan dikeluarkan melalui blower AC. Jika motor servo mengalami gangguan  maka udara dingin tidak akan mengalir keluar melalui lubang AC. 

Reset motor servo adalah cara yang paling mudah dan murah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah sebagian AC mobil panas atau kurang dingin. Kerusakan ini disebabkan karena motor servo AC mobil Anda eror. 

Untuk mengatasi eror yang terjadi, cobalah lakukan reset motor servo AC  sendiri. Caranya yaitu lepaskan teriminal negatif baterai ( aki ). Tunggu lebih kurang 5 menit dan pasang kembali. Jika dengan cara ini AC mobil Anda menjadi dingin,  berarti memang motor servo memang mengalami eror. 

2. Ganti Motor Servo AC 

ganti motor servo AC


Jika dengan cara yang pertama ternyata gagal, maka ada indikasi bahwa motor servo AC mobil Anda rusak. Seperti pada keterangan mekanik, baha mobil - mobil yang sudah berusia diatas 3 tahun servo AC akan mengalami kerusakan. 

Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus mengganti dengan servo yang baru. Harga motor servo di bengkel resmi sekitar 440 ribu. 

biaya service AC di bengkel resmi

Adapun biaya total perbaikan dan perawatan AC mobil di bengkel resmi yaitu :
- Harg motor servo AC  : Rp.440.000
- Jasa pasang motor servo AC : Rp. 167.000
- Remaphing AC : Rp. 116.00
Total biaya perwatan AC mobil di bengkel resmi yaitu 327 ribu rupiah. 

Namun ada juga  beberapa pemilik yang mensiasati harga diatas dengan melakukan pemasang di bengkel tukang AC yang hanya sebesar 25 ribu an.

0 Response to "Penyebab AC Mobil Panas ( Kurang Dingin ) Pada Mobil Alfard, Vellfire Dan Fortuner"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel