Penyebab Terjadinya Malfungsi Pada SRS Airbag ( Kantung Udara ) Mobil


Hal - Hal Yang Jarang Diketahui Tentang SRS Airbag ( Kantung Udara ) Pada Mobil

lksotomotif.com - Airbag atau kantung udara adalah alat keselamatan yang bekerja melindungi penumpang dari benturan saat mobil mengalami kecelakaan. SRS airbag akan mengembang secara otomatis dalam waktu yang sangat singkat saat mobil mengalami benturan ( kecelakaan ).

Bekerjanya airbag ditentukan juga oleh komponen - komponen keselamatan yang lainnya. Mereka saling berkaitan, sehingga dalam pengendaraan pengemudi harus menggunakan alat keselatan yang dianjurkan oleh pabtikan.

Langkah  - Langkah Pencegahan SRS Airbag ( Kantung Udara ) Pada Mobil

Perhatikan langkah pencegahan berikut berkaitan dengan SRS airbag. Salah melakukan dapat menyebabkan kematian atau cedera serius.

- Pengemudi dan semua penumpang dalam kendaraan harus mengenakan sabuk keselamatan dengan benar.

- SRS airbag adalah peralatan tambahan yang digunakan bersama dengan sabuk keselamatan.

- SRS airbag pengemudi menggembung dengan kekuatan tertentu yang telah diperhitungkan, dan dapat menyebabkan kematian atau cedera serius, terutama jika pengemudi terlalu dekat dengan airbag. 

Karena zona resiko untuk airbag pengemudi yang pertama adalah 50 - 75 mm dari penggembungan, maka posisikan diri Anda sendiri 250 mm dari airbag pengemudi Anda akan memberikan Anda jarak keselamatan yang pasti. Jarak ini diukur dari pusat roda kemudi ke tulang rusuk Anda. Jika Anda duduk kurang dari 250 mm saat ini.

Anda dapat mengubah posisi pengendaraan dengan beberapa cara:

• Geser tempat duduk Anda ke belakang sejauh Anda masih dapat menjangkau.

• Rebahkan sedikit sandaran tempat duduk. Meskipun kendaraan dirancang beragam, beberapa pengemudi dapat mencapai jarak 250 mm, meskipun dengan tempat duduk pengemudi dimajukan sepenuhnya, sederhananya dengan menyadarkan sedikit sandaran tempat duduk. 

Jika merebahkan sandaran tempat duduk Anda membuat sulit melihat jalan, naikkan diri Anda menggunakan bantal yang keras dan tidak licin, atau naikkan tempat duduk jika kendaraanAnda memiliki fitur tersebut.

Tempat duduk hendaknya disetel sebagaimana direkomendasikan di atas, sepanjang masih dapat menjaga kontrol dari pedal kaki, roda kemudi, dan pandangan Anda terhadap kontrol panel instrumen.

SRS airbag penumpang depan juga menggembung dengan kekuatan tertentu yang telah diperhitungkan, dan dapat mengakibatkan kematian atau cedera serius terutama jika penumpang depan terlalu dekat dengan airbag. Tempat duduk penumpang depan hendaknya sejauh mungkin dari airbag dengan menyetel sandaran, sehingga penumpang depan dapat duduk dengan tegak.

Pengembungan airbag dapat menyebabkan cedera serius atau bahkan kematian pada bayi atau anak yang duduk dan/atau tertahan secara tidak benar. Bayi atau anak-anak yang masih terlalu kecil untuk memakai sabuk keselamatan hendaknya diamankan menggunakan sistem perlindungan anak.

Hal - Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Tidak Menimbulkan Cedera Serius Saat Airbag Mengembang

penyebab airbag malfugsi

- Jangan duduk di ujung tempat duduk atau menunduk ke dashboard.

- Jangan membiarkan anak-anak berdiri di depan unit SRS airbag penumpang depan atau duduk di lutut penumpang depan.

- Jangan menjalankan kendaraan ketika pengemudi atau penumpang memiliki benda yang menyandar pada lututnya.

- Jangan menempelkan apapun ke atau menyandarkan sesuatu pada area seperti dashboard, atau pada roda kemudi. Benda tersebut dapat menjadi proyektil ketika SRS airbag pengemudi dan penumpang depan menggembung.

- Jangan memukul atau memberikan gaya dengan tingkat yang signifikan ke area komponen-komponen SRS airbag. Melakukannya dapat menyebabkan SRS airbag malfungsi.

- Jangan menyentuh apapun dari bagian-bagian komponen segera setelah SRS airbag telah digembungkan (meletup) karena komponen tersebut mungkin panas.

- Jika pernafasan menjadi sulit setelah SRS airbag menggembung, buka pintu atau jendela untuk memungkinkan udara segar masuk, atau tinggalkan kendaraan jika aman untuk melakukannya. Cucilah residu apapun sesegera mungkin untuk mencegah iritasi kulit.

- Bila area dimana SRS airbag disimpan, seperti pada roda kemudi, ternyata rusak atau retak, part tersebut perlu diganti di bengkel langganan Anda.

Jangan Asal Melakukan Modifikasi Yang Mengganggu Kinerja Aibag

Modifikasi dan pembuangan ( mengurangi/melepas )  komponen sistem SRS airbag tidak direkomendasikan. Hal ini dapat menyebabkan SRS airbag dapat malfungsi atau menggembung (mengembang) secara tak terduga, yang mengakibatkan kematian atau cedera serius. 

Hal - hal yang mengakibatkan airbag terjadi malfungsi

- Memasang, melepas, membongkar dan memperbaiki SRS airbag.

- Memperbaiki, modifikasi, melepas atau mengganti roda kemudi, panel instrumen atau dashboard.

- Perbaikan atau modifikasi fender depan atau bumper depan

- Pemasangan grille guard (bull bars, kangaroo bar, dll.), snow plow atau winches

- Modifikasi pada sistem suspensi kendaraan

- Pemasangan perangkat elektronik seperti radio dua arah (RF-transmitter) dan CD player

- Memodifikasi kendaraan Anda untuk seseorang dengan kemampuan fisik yang kurang

0 Response to "Penyebab Terjadinya Malfungsi Pada SRS Airbag ( Kantung Udara ) Mobil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel