Cara Mendongkrak Mobil Avanza Xenia Yang Benar Sesuai SOP

lksotmotif.com - Mendongkrak adalah pekerjaan yang dilakukan untuk menaikkan mobil. Mobil akan didongkrak bila terjadi masalah seperti ban bocor atau ada pengerjaan pada bagian bawah ( kolong ) mobil. Walau terkesan sederhana, mendongkrak tidak boleh dilakukan sembarangan. 

Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan dongkrak pada mobil adalah utamakan keselamatan. Setiap mobil sudah memiliki panduan bagaimana cara mendongkrak yang baik dan benar yang sudah diberikan informasi oleh pabrikan. 

Pada artikel ini, hanya khusus membahas cara mendongkrak mobil Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang memang sudah ditentukan oleh pabrikan. Hal ini bertujuan memudahkan para pemilik Avnza Xenia untuk melalkukan dongkrak pada mobil miliknya. Selain itu, ini juga mengutamakan  faktor keselamatan bagi pengguna dan faktor keselamatan untuk mobil itu sendiri.

Ketika mengangkat kendaraan Anda dengan dongkrak, posisikan dongkrak dengan benar. Penempatan yang tidak benar dapat merusak kendaraan Anda atau mengakibatkan cedera.


A. Mendongkrak Bagian Depan Mobil Avanza Xenia


mendongkrak bagian depan avanza xenia

Dorong dongkrak tepat pada bagian bawah mesin dan pastikan penopang dongkrak sudah tepat dibawah frame ( rangka ) yang paling kuat. Hal ini harus diperhatikan dengan hati - hati, karena bagian tersebut ada beberapa komponen yang mudah rusak seperti power steering dan panci oli yang bisa saja rusak jika digunakan sebagai penopang.

B. Mendongkrak Bagian Belakang Mobil Avanza Xenia

mendongkrak bagian belakang avanza xenia

Pada bagian belakang lebih mudah untuk melakukan pengangkatan. Letakkan penopang dongkrak tepat pada bagian tengah diffrensial ( gardang ). Setelah dipastikan sudah tepat, pumpa dongkrak secara perlahan - lahan hingga penopang dongrak terasa tepat ditengah - tengah diffrensial. 

C. Ketika Mengangkat Kendaraan Anda


Pastikan untuk memperhatikan tentang hal-hal berikut ini untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kematian atau cedera serius.

dongkrak lantai



1. Angkat kendaraan menggunakan dongkrak lantai seperti yang ditunjukkan dalam gambar.

2. Ketika menggunakan dongkrak lantai, ikuti petunjuk pemakaian yang disediakan bersama dongkrak.

3. Jangan gunakan dongkrak yang telah disuplai dengan kendaraan Anda.

4. Jangan meletakkan anggota tubuh Anda manapun di bawah kendaraan saat kendaraan hanya ditumpu dengan dongkrak lantai.

5. Selalu gunakan dongkrak lantai dan/atau automotive jack stand pada permukaan yang datar dan kuat.

6. Jangan menghidupkan mesin selama kendaraan ditumpu dengan dongkrak lantai.

7. Hentikan kendaraan di tempat yang rata, tarik tuas rem parkir dan posisikan tuas pemilih ke P (kendaraan dengan transmisi otomatis) atau R (kendaraan dengan transmisi manual).

8. Pastikan untuk mengatur dongkrak lantai dengan benar pada titik pendongkrakan. Mengangkat kendaraan dengan dongkrak lantai pada posisi yang salah akan merusak kendaraan dan mungkin kendaraan dapat terlepas dari dongkrak lantai.

9. Jangan mendongkrak kendaraan saat seseorang berada di dalamnya.

10. Ketika mengangkat kendaraan, jangan meletakkan sesuatu di atas atau di bawah dongkrak lantai.

0 Response to "Cara Mendongkrak Mobil Avanza Xenia Yang Benar Sesuai SOP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 1 ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 2 ( hapus sementara )

Iklan Bawah Artikel ( hapus sementara )